Bisnis
·
22 Juli 2021 5:58
·
waktu baca 1 menit

Cara Daftar OSS untuk Pelaku Usaha, Super Gampang

Konten ini diproduksi oleh Berita Bisnis
Cara Daftar OSS untuk Pelaku Usaha, Super Gampang (364055)
searchPerbesar
Suasanan pelayanan OSS di Kantor BKPM. Foto: Yudhistira Amran Saleh/kumparan
Bagi kamu seorang pelaku usaha, wajib untuk membuat perusahaan kamu legal untuk dijalankan. Untuk itu kamu, terlebih dahulu, wajib memiliki Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP). Nah, saat ini sudah tersedia cara daftar SIUP online, melalui sistem OSS.
ADVERTISEMENT
Cara ini terbilang lebih praktis ketimbang cara lama. Sistem pelayanan perizinan berusaha ini sudah berlaku secara efektif semenjak diluncurkannya sistem perizinan terpadu atau online single submission (OSS) pada 2018 lalu.
"Pemerintah sudah menjalankan online single submission(OSS) sebagai sistem yang mengintegrasikan seluruh pelayanan perizinan berusaha yang menjadi kewenangan Menteri/Pimpinan Lembaga, Gubernur, atau Bupati/Wali Kota yang dilakukan secara elektronik," pernyataan Joko Widodo pada 16 Agustus 2018 dilansir oss.go.id.
Bagi pelaku usaha yang belum memiliki SIUP, sekarang tidak perlu repot lagi. Pelaku usaha bisa melakukan pendaftaran SIUP secara online. Untuk cara dan persyaratannya sebagai berikut.

Persyaratan dan Cara Daftar OSS

Cara Daftar OSS untuk Pelaku Usaha, Super Gampang (364056)
searchPerbesar
Ilustrasi Daftar OSS. Foto: Pexels
Dikutip dari laman resmi Badan Koordinasi Penanaman Modal, kamu dapat mendaftarkan bisnis milikmu supaya mendapatkan bantuan dari pemerintah dengan mengikuti cara berikut ini.
ADVERTISEMENT
1. Login
Pertama, kamu harus membuat akun di https://oss.go.id. Klik Perizinan Berusaha lalu klik Perseorangan. Kemudian pilih:
  • Untuk usaha perseorangan mikro, klik Tombol Pendaftaran NIB (Nomor Induk Berusaha) Perseorangan Mikro
  • Untuk usaha perseorangan kecil, klik Tombol Pendaftaran NIB (Nomor Induk Berusaha) Perseorangan Kecil.
Panduan mengenai ukuran mikro dan kecil dapat dibaca di https://oss.go.id/portal/informasi/content/panduan_mikro_kecil.
2. Proses NIB dan Izin Usaha
  1. Lengkapi informasi yang masih kosong di formulir "Data Profil". Lalu klik "Simpan dan Lanjutkan".
  2. Klik tombol "Tambah Usaha", lengkapi data yang diperlukan di formulir Data Usaha. Klik "Simpan" kemudian klik "Selanjutnya". Jika kamu memiliki lebih dari 1 UMKM, kamu dapat mengklik "Tambah Usaha" dan mengisi semuanya, lalu klik "Selanjutnya".
  3. Jika memang dipersyaratkan, pemilik UMKM kecil bisa mengajukan permohonan Izin Lokasi dan Izin Lingkungan di formulir Komitmen Prasarana Usaha. Lalu klik "Selanjutnya".
  4. Setelah itu, kamu dapat melihat rangkuman data NIB dan Izin Usaha yang telah diisi. Kamu juga dapat melakukan draft preview dari NIB, Izin Usaha, Izin Lokasi, dan Izin Lingkungan di Draft NIB dan Izin Usaha. Selanjutnya, kamu harus menandai kotak disclaimer, lalu klik "Proses NIB".
  5. Kamu dapat melihat dokumen NIB, Izin Usaha, Izin Lokasi, dan Izin Lingkungan di Output NIB dan Izin Usaha. Kamu juga bisa mencetak Izin Usaha di dalam bentuk QR melalui "Preview Izin Usaha QR".
ADVERTISEMENT
3. Proses Izin Komersial/Operasional
  1. Jika kamu membutuhkan Izin Komersial/Operasional, silakan klik menu "Permohonan", "IUMK", lalu "Izin Komersial/Operasional".
  2. Pilih nomor NIB/Nama Kegiatan Usaha kemudian klik "Pilih NIB".
  3. Setelah itu, daftar kegiatan usaha kamu akan muncul, selanjutnya klik "Pilih Kegiatan Usaha".
  4. Kamu dapat memilih Izin Komersial/Operasional di tampilan formulir Izin Komersial/Operasional. Kemudian Anda harus melengkapi data-data yang diperlukan, lalu klik Lanjut dan Simpan.
  5. Di tampilan Draft Izin Komersial/Operasional, Anda dapat melihat draft dari Izin Komersial/Operasional dengan mengklik Preview Izin. Kemudian klik Lanjut dan Simpan.
  6. Terakhir, di tampilan Output Izin Komersial/Operasional, klik Preview Izin Komersial/Operasional yang telah diterbitkan OSS.
Demikianlah cara daftar UMKM online via oss.go.id tanpa biaya untuk mendapatkan bantuan UMKM. Tunggu apa lagi? Yuk, segera daftarkan bisnis milikmu.
ADVERTISEMENT
(AAG)