Cara Mendaftar CPNS 2023 dan Persyaratannya

Berita dan Informasi Praktis soal Ekonomi Bisnis
Konten dari Pengguna
20 September 2023 8:22
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Bisnis tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi seleksi CPNS. Foto: Syifa Yulinnas/ANTARA FOTO
ADVERTISEMENT
Mulai hari ini, Rabu (20/09), masyarakat sudah bisa mendaftarkan diri dalam seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2023. Cara mendaftar CPNS 2023 dapat dilakukan melalui situs SSCASN BKN.
ADVERTISEMENT
Pendaftaran seleksi CPNS tahun ini bisa diikuti oleh seluruh lapisan masyarakat, mulai dari lulusan SMA, SMK, hingga Sarjana asalkan memenuhi seluruh persyaratan yang telah ditetapkan.
Adapun pelaksanaan seleksinya terdiri dari 3 tahapan, yakni seleksi administrasi, seleksi kompetensi dasar (SKD), dan seleksi kompetensi bidang (SKB). Berikut syarat dan cara mendaftar CPNS 2023.

Syarat Mendaftar CPNS 2023

Ilustrasi menyiapkan syarat mendaftar CPNS 2023. Foto: Unsplash
Berikut syarat mendaftar CPNS 2023 yang perlu disiapkan calon pelamar sebelum mendaftarkan diri, sebagaimana dikutip dari laman Sistem Informasi Pelayanan Publik Nasional (SIPPN) KemenPANRB.

Syarat Umum

ADVERTISEMENT

Syarat Dokumen

Sebagai catatan, beberapa kementerian maupun instansi pemerintahan biasanya juga menyertakan persyaratan khusus bagi pendaftar sesuai dengan posisi dan jabatan yang dituju.
Lampiran dokumen atau persyaratan khusus tersebut misalnya seperti sertifikat TOEFL yang dikeluarkan dua tahun terakhir, ataupun form yang disediakan oleh instansi terkait.

Cara Mendaftar CPNS 2023

Ilustrasi mendaftar CPNS 2023. Foto: Pexels
Pendaftaran seleksi CPNS 2023 bisa dilakukan secara online melalui situs sscasn.bkn.go.id. Adapun langkah-langkah yang bisa diikuti, antara lain sebagai berikut:
ADVERTISEMENT
(NDA)
editor-avatar-0