Cara Menghitung Bunga Deposito Bank Mandiri dan Langkah Mendaftarnya

Berita dan Informasi Praktis soal Ekonomi Bisnis
Konten dari Pengguna
19 April 2022 15:12
·
waktu baca 3 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Berita Bisnis tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Deposito Mata Uang. Foto: Pexels.
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Deposito Mata Uang. Foto: Pexels.
ADVERTISEMENT
Cara menghitung bunga deposito Bank Mandiri dapat kamu lakukan terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk mengambil deposito. Hal ini penting agar kamu mengetahui instrumen investasi yang kamu gunakan sesuai atau tidak dengan kemampuan dan kebutuhan.
ADVERTISEMENT
Deposito Bank Mandiri terdapat 2 jenis, yaitu Deposito Rupiah dan Deposito Valas. Simpanan berjangka yang ditawarkan Bank Mandiri terjamin aman dan memberikan keuntungan bagi penggunanya. Suku bunga yang menjanjikan baik itu pada mata uang Rupiah maupun pilihan valuta asing lainnya membuat Deposito Bank Mandiri cocok untuk kamu jadikan pilihan investasi.
Selain suku bunga yang menjanjikan, deposito memiliki risiko yang kecil. Investasi ini dapat kamu pilih apabila kamu tidak memiliki waktu untuk mengamati pasar seperti investasi saham. Berikut cara yang dapat kamu gunakan untuk menghitung bunga deposito sebelum mendaftarkan diri di Bank Mandiri.

Cara Menghitung Bunga Deposito Bank Mandiri

Ilustrasi Deposito Mandiri. Foto: Bank Mandiri.
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Deposito Mandiri. Foto: Bank Mandiri.
Sebelum mendaftarkan diri untuk mengambil Deposito Bank Mandiri, kamu dapat menghitung bunga deposito terlebih dahulu. Pastikan juga kamu sudah memasukkan pajak dalam perhitunganmu sehingga kamu dapat mengetahui hasil akhir bunga yang kamu dapatkan setiap bulannya. Dilansir dari Lifepal, berikut rumus yang dapat kamu gunakan untuk menghitung.
ADVERTISEMENT

Rumus Bunga Deposito = Bunga x Dana Pokok Deposito x 30 hari x 80% (pajak) / 365 (hari).

Untuk mengetahui suku bunga dari deposito yang kamu ambil, kamu dapat melihatnya pada laman resmi Bank Mandiri di alamat https://www.bankmandiri.co.id/suku-bunga-dana. Apabila kamu tertarik dengan keuntungan yang diberikan Deposito Bank Mandiri, kamu dapat mendaftarkan diri untuk memiliki deposito. Berikut cara yang dapat kamu lakukan untuk mendaftar deposito.

Cara Daftar Deposito

Jika ingin membuka deposito, Bank Mandiri menyediakan layanan pendaftaran tidak hanya di kantor cabang tetapi juga melalui Livin by Mandiri. Simak langkah berikut agar kamu dapat membuka deposito dari rumah saja.
  1. Pada halaman utama Livin by Mandiri, klik menu Deposito.
  2. Setelah itu kamu akan diminta memilih mata uang. Pilih mata uang rupiah apabila ingin membuka Deposito Rupiah dan pilih mata uang lainnya jika ingin membuka Deposito Valas. Lalu klik Buka Deposito Sekarang.
  3. Baca syarat dan ketentuan deposito lalu pilih tujuan Menabung.
  4. Langkah selanjutnya, atur penempatan deposito. Kamu diminta untuk mengatur nominal dan jangka waktu deposito sesuai dengan kebutuhanmu. Setelah itu klik Lanjutkan.
  5. Setelah itu periksa suku bunga deposito yang ditawarkan lalu pilih Metode perpanjangan untuk deposito yang diinginkan dan klik Lanjutkan.
  6. Langkah terakhir pastikan detail informasi pembukaan deposito sudah sesuai, mulai dari setoran awal hingga jangka waktu. Klik Buka Deposito dan masukkan Livin PIN kamu. Tunggu hingga notifikasi pembukaan deposito berhasil.
ADVERTISEMENT
Kamu dapat menghitung bunga deposito Bank Mandiri menggunakan cara di atas sebelum membuka deposito. Apabila kamu tidak sempat mengunjungi kantor cabang terdekat, kamu dapat menggunakan Livin by Mandiri untuk membuka deposito. Semoga bermanfaat!

(NDA)