Daftar Pinjol yang Punya DC Lapangan yang Datang Menagih

Berita dan Informasi Praktis soal Ekonomi Bisnis
Konten dari Pengguna
8 Juli 2022 14:31
·
waktu baca 4 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Berita Bisnis tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Debt Collector. Foto: kumparan
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Debt Collector. Foto: kumparan
ADVERTISEMENT
Ingin tahu daftar pinjol yang punya DC lapangan yang harus diwaspadai? Ini perlu kamu ketahui jika telah menunggak selama lebih dari dua bulan dari tanggal jatuh tempo dan nasabah sulit untuk dihubungi.
ADVERTISEMENT
DC pinjol akan terus meneror sampai nasabah melakukan pembayaran tagihannya. Dalam rentang waktu satu minggu, dua minggu, bahkan bisa berbulan-bulan. Maka dari itu kamu harus membayarkan tagihan tepat pada tanggalnya.
Biasanya pinjol akan melancarkan aksi terornya ketika mendekati masa tenggat. Durasinya tergantung seberapa lama kamu bisa melunasi cicilan tersebut sampai tenggat waktu yang telah di tentukan.

Daftar Pinjol yang Punya DC Lapangan

Tentunya saat penagihan, terdapat prosedur dan seorang Debt Collector sendiri memiliki etika penagihan sehingga kamu tidak perlu kabur jika didatangi DC. Sebaiknya agar permasalahan cepat selesai, kamu harus siap menghadapi petugas.
Sebenarnya, Debt Collector datang ke rumah untuk melakukan konfirmasi kenapa telat atau pembayaran tertunggak. Datang ke rumah nasabah adalah salah satu langkah yang mereka lakukan sebagai DC agar si peminjam yang macet pembayaran agar segera melunasi semua tagihannya.
ADVERTISEMENT
Biasanya hal tersebut dilakukan jika peminjam menunggak dalam jumlah banyak dan waktu yang sudah lama dan sesuai dengan prosedur penagihan. Berikut beberapa daftar pinjol yang punya DC lapangan yang harus diwaspadai jika telat atau menunggak cicilan.

1. Akulaku

Akulaku menawarkan limit pinjaman hingga Rp15 juta dan tenor pinjaman maksimal 15 bulan yang dapat dicairkan dalam hitungan menit saja. Tidak ada persyaratan dalam pengajuan kredit di Akulaku, cukup dengan mempunyai akun saja.
Dalam situs resminya, sebenarnya pihak Akulaku tidak menyebutkan soal DC dalam proses penagihan ke lapangan kepada nasabah yang menunggak cicilan. Akan tetapi di banyak kasus penagihan, ada beberapa petugas yang melakukan penagihan ke rumah.

2. Kredivo

Ilustrasi pinjol Kredivo. Foto: Dok. Kredivo
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi pinjol Kredivo. Foto: Dok. Kredivo
Apabila membutuhkan pinjaman uang mendesak, kamu bisa mengajukan pinjaman di Kredivo. Pencairan pinjaman dalam 5 menit saja. Dengan suku bunga yang ditawarkan 0% untuk tenor 30 hari dan 2,6% per tahun untuk yang memilih cicilan 3, 6, atau 12 bulan. Dan tenor pinjaman mulai dari 30 hari, 3 bulan, 6 bulan, hingga 15 bulan.
ADVERTISEMENT
Kredivo menggunakan Debt Collector dalam proses penagihan untuk nasabah yang gagal bayar jika sulit dihubungi melalui telepon apabila menunggak angsuran lebih dari dua bulan.

3. Kredit Pintar

Aplikasi pinjol Kredit Pintar menyediakan limit pinjaman hingga Rp20 juta. Tenor pinjaman ini dari 91 hari hingga satu tahun dengan bunga mulai dari 0,8 persen dan suku bunga tahunan maksimum 11 persen.
Biasanya DC lapangan akan datang apabila nasabah telah menunggak lebih dari 3 bulan sejak tanggal jatuh tempo. Seperti yang disampaikan dalam laman resminya, DC Kredit Pintar akan melakukan penagihan untuk nasabah yang gagal bayar setelah tidak bisa dihubungi via telepon.

4. Tunaiku

Tunaiku merupakan layanan pinjaman yang diselenggarakan oleh PT Bank Amar Indonesia, Tbk yang menawarkan pinjaman uang tunai dengan nominal hingga Rp20 juta dengan suku bunga 4 persen.
ADVERTISEMENT
Dalam situs resminya, menyebutkan jika nasabah tidak nyaman dengan cara penagihan pihak collection Tunaiku, kamu bisa segera menghubungi call center untuk ditindaklanjuti. Biasanya DC akan datang ke lapangan setelah 3 bulan menunggak.

5. Shopee Pinjam

Kamu dapat mengajukan pinjaman hingga mencapai batas limit yang diberikan hingga mencapai Rp9 juta. Proses pencairan cepat ke rekening bank dan suku bunga bulanan rendah yakni sebesar 1,95 persen dengan masa cicilan selama 12 bulan.
Seperti yang disampaikan pihak Shopee, akan dilaksanakannya penagihan lapangan apabila telat membayar pada tenggat waktu yang sudah ditentukan serta dikenakan biaya keterlambatan sebesar 5 persen per bulan dari seluruh total tagihan.
Ilustrasi Credit Score. Foto: Unsplash
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Credit Score. Foto: Unsplash

Tips Menghadapi DC Lapangan yang Datang ke Rumah

Jika kamu telanjur masuk dalam dunia pinjol ilegal yang suka menyebar data serta mempunyai petugas DC yang menagih ke lapangan, berikut tips yang perlu diperhatikan menghadapi pinjol yang punya Debt Collector lapangan yang datang ke rumah agar kamu tidak panik:
ADVERTISEMENT
  1. Pertama, periksalah surat tugas DC karena pinjol yang resmi di OJK pasti mempunyai surat tugas untuk melakukan penagihan. Pastikan bahwa Debt Collector datang sesuai dengan periode penagihan yang tertera pada surat tugas tersebut, jika DC datang diluar periode penagihan, kamu berhak menolak kedatangan petugas DC.
  2. Lakukan pemeriksaan pada identitas dari Penerbit Kartu Kredit yang dimiliki Debt Collector yang dilengkapi dengan foto asli.
  3. Penagihan oleh DC dilarang menggunakan kekerasan serta ancaman, kamu dapat melaporkan jika mengalami kekerasan karena melanggar hak asasi manusia.
  4. Pastikan penagihan dilakukan di antara jam 8 pagi hingga 8 malam.
Yuk, lunasi utang dan beban bunganya sesegera mungkin sesuai tenggat waktu yang diberikan. Jangan lari dari tanggung jawab dengan meminjam uang tanpa mengembalikan.
ADVERTISEMENT
Karena hal tersebut merupakan tindakan yang menyalahi aturan dan melanggar hukum serta kamu dapat masuk ke daftar hitam BI Checking sehingga menyusahkan dalam mengajukan pinjaman di aplikasi pinjaman online lainnya di kemudian hari.
Nah, itulah dia beberapa aplikasi yang mempunyai DC lapangan. Agar terhindar dari Debt Collector yang datang ke rumah, kamu wajib mewaspadai petugas yang datang merupakan petugas resmi yang diutus oleh pihak fintech tersebut. Semoga bermanfaat!
(SRS)