Bisnis
·
4 Desember 2020 7:27

Jiwa Misqueen Meronta Lihat Kucing Peliharaan Termahal, Ada yang Seharga Alphard

Konten ini diproduksi oleh Berita Bisnis
Jiwa Misqueen Meronta Lihat Kucing Peliharaan Termahal, Ada yang Seharga Alphard (339135)
searchPerbesar
Kucing Siamese Foto: Instagram @siamesecatofinstagram
Pandemi COVID-19 yang memaksa masyarakat lebih banyak tinggal di rumah, memunculkan sejumlah hobi. Mulai bersepeda, bercocok tanam, memelihara ikan cupang, termasuk merawat kucing. Tren tersebut menimbulkan dampak ekonomi, berupa naiknya harga-harga segala hal yang terkait hobi itu.
ADVERTISEMENT
Demikian juga dengan hobi memelihara kucing, membuat hewan manja itu harganya jadi gila-gilaan. Apalagi, kucing ras sudah lama populer dan banyak dipelihara. Sedemikian mahalnya harga kucing ras, ada yang mencapai Rp 1,3 miliar seekor atau setara harga Toyota Alphard.
Berikut adalah jenis-jenis kucing termahal di dunia:

Kucing Bengal

Jiwa Misqueen Meronta Lihat Kucing Peliharaan Termahal, Ada yang Seharga Alphard (339136)
searchPerbesar
Kucing Bengal. Foto: animalpath.org
Dalam daftar 4 kucing termahal yang dikutip dari furzly.com, kucing Bengal adalah yang termurah. Tapi jangan terjebak dengan sebutan termurah, karena kucing ini di pasaran bisa ditawarkan antara 1.000 hingga 1.500 dolar AS atau bisa mencapai Rp 21,2 juta seekor.
Kucing ini berharga mahal, karena corak rambutnya yang dianggap mirip macan tutul. Kucing ras ini merupakan hasil persilangan baru, antara kucing Macan Tutul Afrika dan kucing domestik, yang dikembangbiakkan pada 1960-an.
ADVERTISEMENT

Kucing Persia

Jiwa Misqueen Meronta Lihat Kucing Peliharaan Termahal, Ada yang Seharga Alphard (339137)
searchPerbesar
Kucing Persia. Foto: altodowithcats.com
Jika Kamu menganggap kucing imut berambut lembut tebal ini sebagai kucing termahal di dunia, Kamu salah! Masih ada jenis kucing kucing lain yang harganya melampaui kucing Persia, di daftar kucing-kucing termahal dunia. Harga kucing Persia ada di kisaran 1.500 hingga 3.000 dolar AS atau dalam rupiah mencapai Rp 42,4 juta.
Kucing ini hasil breeding tahun 1600-an, sedemikian lama sehingga populasinya sudah cukup banyak di dunia. Pengembangnya adalah seorang penjelajah Italia, Pietro Della Valle. Kucing Persia dikenal sebagai kucing rumahan, karena rambutnya yang lembut dan tebal, sehingga harus dijaga kebersihannya.

Kucing Savanah

Jiwa Misqueen Meronta Lihat Kucing Peliharaan Termahal, Ada yang Seharga Alphard (339138)
searchPerbesar
Kucing Savanah. Foto: icatcare.org
Harga kucing ini berkisar antara 12.000-20.000 dolar AS atau kalau dirupiahkan bisa mencapai lebih dari Rp 282 juta! Yang membuat harga kucing Savanah mahal, adalah sifatnya yang seperti anjing. Yakni setia kepada anggota keluarga dekat, waspada terhadap orang asing, suka diperhatikan, dan bahkan dapat diajak berjalan-jalan.
ADVERTISEMENT
Kucing ini dikembangkan mulai 1980-an yang memiliki hubungan dengan serval, jenis kucing liar di Afrika. Usia harapan hidup kucing savanah bisa mencapai 12 tahun hingga 20 tahun.

Kucing Ashera

Jiwa Misqueen Meronta Lihat Kucing Peliharaan Termahal, Ada yang Seharga Alphard (339139)
searchPerbesar
Kucing Ashera. Foto: petsfeed.co
Dan inilah juara di daftar harga kucing-kucing termahal di dunia: Ashera. Harganya bisa mencapai 96.000 dolar AS atau setara Rp 1,35 miliar! Seharga Toyota Alphard kan? Kalau kamu bukan keluarga sultan dan bukan hobi alias enggak sayang-sayang amat dengan kucing ini, jangan memaksakan diri beli, meski harga termurahnya ada di kisaran 17.000 dolar AS atau sekitar Rp 240 juta.
Di antara jenis kucing ras termahal, Ashera memang hasil pengembangbiakan terbaru. Yang bikin harga kucing jenis ini gila-gilaan mahalnya adalah karena leluhur Ashera adalah Macan Tutul Asia, Serval Afrika, dan yang mengejutkan juga kucing rumahan biasa.
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white