Bisnis
·
23 November 2020 7:58

Barter Gila-gilaan Demi Hobi: Emas Batangan Ditukar Ikan Cupang

Konten ini diproduksi oleh Berita Bisnis
Barter Gila-gilaan Demi Hobi: Emas Batangan Ditukar Ikan Cupang (8129)
Seekor ikan cupang jenis halfmoon berenang di aquarium milik peternak Tiano Morello di Bogor, Jawa Barat. Foto: Aditya Pradana Putra/ANTARA FOTO
Tak ada istilah 'mahal' untuk sebuah hobi. Kalimat itu sangat tepat disematkan kepada seorang warga Kota Madiun, Jawa Timur, Arief Suma Romadhon, yang merupakan pehobi ikan cupang. Demi memenuhi obsesi memiliki ikan cupang incarannya, dia rela menukar emas batangan dengan 4 ekor ikan cupang.
ADVERTISEMENT
Seperti diketahui, di tengah masa pandemi hobi memelihara ikan cupang kembali mencuat. Animo masyarakat untuk kegiatan yang satu ini, tak kalah populer dengan hobi mengoleksi tanaman atau bersepeda.
Dikutip dari tayangan di channel Youtube, kenekatan Arief menukar emas batangan miliknya dengan ikan cupang, dilakukan karena dia tak memiliki uang tunai. Dia pun merelakan sekeping emas batangan seberat 1 gram, yang disepakati dengan penjual ikan cupang ditaksir pada harga Rp 1 juta.
Percakapan antara Arief dengan penjualan ikan cupang, sejak semula sudah dinyatakan transaksi akan dilakukan melalui pembayaran dengan emas batangan.
Barter Gila-gilaan Demi Hobi: Emas Batangan Ditukar Ikan Cupang (8130)
Ilustrasi Emas Antam Foto: Fanny Kusumawardhani/Kumparan
“Ya senang lah bisa kebeli ikan cupang yang obsesi sudah saya incar. Ini buat menambah koleksi dan saya kembangbiakkan untuk cetak mutasi warna,” kata Arif.
ADVERTISEMENT
Jika ikan cupang yang dibelinya beranak-pinak, tentu bisa dia jual lagi dan mendatangkan cuan. Perkara emas yang dilepas, tentu bisa dia beli lagi.
Transaksi itu dilakukan di sebuah kios penjual ikan cupang di Jl. Maskumambang, Kota Madiun. Sang penjual ikan cupang, Arnovian Pratikna, membenarkan adanya penjualan ikan cupang yang dibayar dengan emas batangan.
Arnov menjelaskan, jenis ikan cupang super gold yang dibeli Arief memang tergolong mahal. Selama ini, ujarnya, masih didatangkan melalui impor dari Thailand.
Menurutnya, bukan kali ini saja ada pembeli ikan cupang yang rela menukar barang berharga. Sebelum Arief yang menebus ikan cupang dengan emas batangan, Arnov mengaku pernah menerima pembayaran iPhone 6S dari seorang yang hobi ikan cupang.
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white