Kapan Debt Collector Kredivo Datang? Ini Jawabannya

Berita dan Informasi Praktis soal Ekonomi Bisnis
Konten dari Pengguna
15 Juli 2022 16:55
·
waktu baca 3 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Berita Bisnis tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Kredivo. Foto: Kredivo.
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Kredivo. Foto: Kredivo.
ADVERTISEMENT
Kredivo merupakan salah satu aplikasi yang melayani pinjaman dana secara online. Aplikasi ini terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Umumnya pengguna yang telat membayar tagihan akan didatangi debt collector.
ADVERTISEMENT
Lantas, kapan debt collector Kredivo datang? Untuk mengetahui kapan debt collector Kredivo datang, simak jawaban selengkapnya di bawah ini.

Sekilas tentang Kredivo

Kredivo umum digunakan masyarakat Indonesia untuk mendapatkan kredit secara online atau melakukan transaksi lain. Setelah membuat akun Kredivo dan melakukan verifikasi, kamu akan mendapat limit kredit tertentu.
Dikutip dari laman resmi Kredivo, limit kredit Kredivo pada fitur Paylater atau bayar dalam 30 hari hingga Rp3.5 juta. Sedangkan, limit untuk fitur cicilan bisa mencapai 30 juta. Adapun opsi pembayaran cicilannya bisa diangsur mulai dari 3 bulan, 6 bulan, dan 12 bulan.
Jika kamu melakukan transaksi, tagihan kredit akan jatuh tempo tepat 30 hari setelah transaksi dilakukan. Sementara itu, bila terlambat membayar, kamu akan dikenakan biaya keterlambatan dan bunga yang berlaku setiap kelipatan 30 hari dari tanggal transaksi.
ADVERTISEMENT

Kapan Debt Collector Kredivo Datang?

Ilustrasi kapan debt collector Kredivo datang. Foto: Pexels.com
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi kapan debt collector Kredivo datang. Foto: Pexels.com
Ketika nasabah telat membayar tagihan, maka Kredivo akan menonaktifkan akun tersebut dan nasabah tidak akan bisa menggunakannya lagi.
Selain akun Kredivo dinonaktifkan, catatan kredit nasabah yang menunggak di Kredivo juga menjadi buruk bahkan bisa masuk ke dalam daftar hitam. Dengan begitu, ia tidak bisa meminjam dana di bank atau lembaga keuangan lain.
Di bawah ini adalah proses menagih di Kredivo, mulai dari sebelum tanggal jatuh tempo hingga didatangi oleh debt collector. Dikutip dari laman Kredivo Agreement, pertanyaan mengenai kapan debt collector Kredivo datang, yaitu setelah 60 hari dari tanggal jatuh tempo. Secara lebih lengkap berikut rinciannya:
  • Pihak Kredivo mengirim pesan ke nasabah lewat SMS atau WA sebelum tanggal jatuh tempo untuk mengingatkan mereka agar melakukan pembayaran tepat waktu.
  • Apabila nasabah telat membayar lewat dari tanggal jatuh tempo, perusahaan mulai menagih lewat SMS dan email. Mereka juga akan menyampaikan cara pembayaran dan nominal denda keterlambatan agar nasabah segera membayar kewajibannya.
  • Jika tidak ada respons, pihak Kredivo akan menagih ke debitur lewat telepon dengan intensitas sering.
  • Kemudian, bila nasabah tetap tidak membayar kewajibannya, debt collector Kredivo akan mendatangi rumah atau kantor untuk menagih. Perusahaan pinjaman online diperbolehkan melakukan kerja sama dengan pihak ke-3, dalam hal ini debt collector dengan tetap mematuhi ketentuan dan kode etik Asosiasi dan Peraturan OJK.
  • Tim penagih di Kredivo juga akan menghubungi keluarga, saudara, atau teman ketika tagihan belum juga dibayarkan. Perlu diingat, Kredivo hanya akan menghubungi kontak darurat yang nasabah berikan di awal mengajukan pinjaman. Berdasarkan aturan OJK, semua kontak yang ada di HP nasabah tidak boleh diambil dan digunakan untuk kepentingan penagihan.
ADVERTISEMENT
Itu dia penjelasan mengenai kapan debt collector Kredivo datang. Untuk menghindari debt collector datang ke rumah, sebaiknya lakukan pembayaran tagihan tepat waktu.
(ZHR)
Kapan Debt Collector Kredivo datang?
chevron-down
Apa yang terjadi jika telat bayar Kredivo?
chevron-down
Berapa limit kredit di Kredivo?
chevron-down