4 Ide Kue Lebaran yang Mudah Dibuat Selain Nastar dan Kastengel

Berita Hari Ini
Menyajikan informasi terkini, terbaru, dan terupdate mulai dari politik, bisnis, selebriti, lifestyle, dan masih banyak lagi.
Konten dari Pengguna
29 April 2021 17:46 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Hari Ini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi kue lebaran. Foto: iStock
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi kue lebaran. Foto: iStock
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Sudah menjadi tradisi umat Muslim untuk membuat dan menyediakan berbagai kue kering saat Idul Fitri tiba. Kue lebaran ini yang akan menghiasi meja di rumah sebagai camilan saat sanak saudara maupun orang terdekat bersilaturahmi datang ke rumah pada momen Idul Fitri.
ADVERTISEMENT
Ada beberapa kue kering yang sangat identik dengan momen hari raya. Sebut saja nastar, kastengel, dan putri salju. Namun, saking seringnya dijumpai pada hari lebaran, tak sedikit orang yang merasa bosan dengan kue-kue tersebut.
Nah, bagi Anda yang ingin mencoba variasi kue lebaran selain nastar dan kastengel, berikut 4 ide kue lebaran yang mudah dibuat, dikutip dari buku Resep Aneka Kue Kering yang disusun Tim Cita Rasa.

1. Bola-Bola Cokelat

Ilustrasi bola-bola cokelat. Foto: iStock
Cokelat merupakan salah satu bahan makanan yang tak pernah mengecewakan. Setiap makanan dengan olahan cokelat hasilnya akan lezat. Nah, cokelat juga bisa menjadi ide kue lebaran Anda tahun ini dengan mengolahnya menjadi bola-bola cokelat.
Bahan yang digunakan sangat mudah didapat dan cara pembuatannya juga tak rumit. Anda hanya perlu membuat adonan dari biksuit yang telah dihancurkan dan dicampur dengan susu kental manis cokelat. Bentuk adonan menjadi lingkaran dan beri taburan meses di bagian luarnya.
ADVERTISEMENT
Anda bisa mengganti taburannya dengan apa saja, misalnya sprinkles, keju, dan sebagainya. Kue bola-bola cokelat ini pasti akan menjadi favorit anak-anak di hari raya nanti.
2. Cornflakes
Ilustrasi cornflakes. Foto: iStock
Selain bola-bola cokelat, Anda bisa mengubah cokelat menjadi kue lebaran lezat lainnya seperti aitu cornflakes. Cornflakes adalah sejenis sereal instan berbahan dasar jagung. Anda bisa menggabungkan cokelat dan cornflakes hingga menjadi kue lebaran yang renyah, manis, dan menarik.
Caranya cukup mudah, Anda hanya cukup mencampurkan cornflakes dengan cokelat yang telah dilelehkan. Setelah menempel satu sama lain, letakkan cornflakes yang sudah terbungkus cokelat itu ke dalam paper cup dan tambahkan bagian atasnya dengan taburan warna-warni untuk mempercantik tampilan. Biarkan dingin di dalam kulkas sebelum disajikan.
ADVERTISEMENT
3. Sus Kering Keju
Ilustrasi sus kering keju. Foto: Pinterest
Bagi pecinta keju, ide kue lebaran yang satu ini menjadi pilihan yang tepat. Jika biasanya sus kering berisi krim rasa vanilla atau cokelat, Anda dapat menggantinya dengan keju.
Bahan-bahan yang digunakan merupakan bahan yang sering ada di rumah, yaitu tepung, keju, telur, margarin, air, baking powder, dan garam. Namun, untuk kue lebaran yang satu ini, Anda membutuhkan mixer untuk mengaduk adonan dan oven untuk memanggangnya.
4. Kue Bawang
Ilustrasi kue bawang. Foto: iStock
Jika lebih menyukai makanan asin, Anda bisa mencoba membuat kue bawang. Bahan dasar utamanya adalah bawang merah, bawang putih, dan daun bawang. Campurkan bawang-bawangan tersebut ke dalam adonan tepung terigu, tepung tapioca, santan, dan telur.
Setelah tercampur rata, Anda dapat membentuknya sesuai selera, misalnya berbentuk stik, kotak, atau bulat menyerupai keripik. Langkah terakhir, goreng adonan hingga kuning kecokelatan.
ADVERTISEMENT
(ADS)