kumparan
Food & Travel17 Maret 2020 18:08

4 Kesalahan Saat Menyimpan Makanan di Kulkas

Konten kiriman user
kulkas.jpg
Mencari makanan di kulkas Foto: Shutterstock
Banyak orang masih melakukan kesalahan dalam menyimpan makanan di kulkas. Kebanyakan orang tidak memperhatikan wadah atau kemasan untuk menaruh makanan dan minuman di kulkas.
ADVERTISEMENT
Menyimpan makanan atau minuman di kulkas tak bisa sembarangan, lho. Karena jika salah, makanan dan minuman yang disimpan justru bukannya awet, tetapi malah basi dan menjadi tidak enak lagi.
Berikut beberapa kesalahan yang harus dihindari saat menyimpan makanan di kulkas:

Menyimpan Sisa Makanan Tanpa Ditutup

Ketika hendak menyimpan sisa makanan, pastikan untuk menyimpannya dengan penutup. Makanan yang disimpan tanpa penutup memang tetap awet, tetapi hal ini berisiko untuk berkembang biaknya bakteri dan membuat makanan tersebut jadi tidak bersih lagi.
Usahakan untuk menaruhnya di wadah dengan penutup untuk menyimpan bahan makanan yang basah seperti daging atau buah yang sudah dipotong-potong.

Mendiamkan Makanan Terlalu Lama

Tidak dianjurkan untuk membiarkan makanan yang sudah dikeluarkan dari kulkas dalam waktu yang lama. Jika suhu makanan sudah turun dan tidak beku, segeralah untuk mengolah makanan tersebut. Itu karena bakteri akan berkembang dengan cepat jika makanan sudah didiamkan selama dua jam.
ADVERTISEMENT

Ganti Wadah untuk Menyimpan Susu

kulkas.jpg
Ilustrasi susu di dalam botol Foto: Shutterstock
Jika ingin menyimpan susu untuk beberapa hari ke depan, disarankan untuk mengganti wadahnya ke dalam botol plastik atau kaca. Hal ini bertujuan untuk menghambat tumbuhnya bakteri yang bisa terjadi jika tetap menyimpannya dalam kemasan karton.

Posisikan Telur dengan Benar

Setelah dibersihkan, simpan telur di tempat yang disediakan di dalam kulkas. Posisikan ujung yang kecil di bagian bawah. Tujuannya agar telur tidak busuk karena kantung udara yang ada di bagian atas telur tak tertekan.
Nah, itu adalah beberapa kesalahan dalam menyimpan makanan di kulkas. Mulai sekarang, sebelum menyimpannya coba perhatikan lagi dengan benar agar makanan tetap awet dan bersih.
(KA)
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan