Food & Travel
·
17 April 2020 15:52

4 Kuliner Nusantara Asal Padang yang Bikin Ngiler

Konten ini diproduksi oleh Berita Hari Ini
4 Kuliner Nusantara Asal Padang yang Bikin Ngiler (97430)
Ilustrasi Rendang foto: dok.flickr/kalaimanickam
Masakan padang menjadi salah satu kuliner nusantara yang paling diminati. Masakan ini memang dikenal dengan cita rasa yang lezat. Wajar saja, santapan dari Sumatera Barat ini biasanya menggunakan aneka bumbu rempah sehingga rasanya khas dan kuat.
ADVERTISEMENT
Tak hanya unggul di Indonesia, kuliner nusantara ini juga digemari di luar negeri. Salah satunya adalah rendang yang pernah dinobatkan sebagai makanan terlezat di dunia pada 2011.
Tak hanya rendang, masih ada lagi bermacam santapan khas Padang yang menggugah selera. Apa saja? Simak ulasannya berikut.

Rendang

4 Kuliner Nusantara Asal Padang yang Bikin Ngiler (97431)
Ilustrasi Rendang. Foto: Thinkstock
Makanan khas Minangkabau ini dibuat dari daging sapi atau kerbau yang dibalut dengan beragam jenis bumbu rempah. Rasanya lezat dan sedikit pedas karena menggunakan cabai.
Unsur bumbu rempahnya membuat hidangan ini mampu bertahan 3-4 minggu dalam suhu ruangan. Bagi masyarakat Minang, rendang adalah martabat mereka.

Soto Padang

4 Kuliner Nusantara Asal Padang yang Bikin Ngiler (97432)
com-Ilustrasi Soto Padang (Foto:Thinkstock)
Soto Padang disajikan dengan menggunakan potongan daging goreng atau dendeng. Selain itu, hidangan ini juga memiliki ciri khas tersendiri, yakni perkedel dan kerupuk merah jambu untuk pelengkap. Sebagai pengganti nasi, soto padang biasanya disajikan dengan soun.
ADVERTISEMENT

Sate Padang

4 Kuliner Nusantara Asal Padang yang Bikin Ngiler (97433)
Sate padang danguang-danguang Foto: Safira Maharani/ kumparan
Hidangan ini dikenal dengan rasanya yang lezat, pedas dan gurih. Sate padang dibuat dari irisan daging atau lidah sapi yang disiram dengan kuah berwarna kekuningan. Hidangan ini juga disajikan dengan taburan bawang goreng dan potongan ketupat yang menambah kelezatannya.

Nasi Kapau

4 Kuliner Nusantara Asal Padang yang Bikin Ngiler (97434)
Penyajian Nasi Kapau
Meskipun mirip, nasi kapau memiliki ciri khas tersendiri dibanding nasi padang. Nasi kapau sejatinya terdiri dari menu yang lebih lengkap, seperti gulai gajebo, gulai tambusu, lauk pauk Kapau, nasi dan sambal. Hidangan ini juga sering disajikan dengan dendeng, balado daging, telur hingga ikan asin. (GTT)