Entertainment
·
23 Februari 2021 9:39

5 Alat Musik Jawa Barat Selain Angklung dan Suling

Konten ini diproduksi oleh Berita Hari Ini
5 Alat Musik Jawa Barat Selain Angklung dan Suling (241136)
Alat musik Jawa Barat, Angklung Foto: instagram,com/budayabudayakita
Angklung dan suling merupakan dua alat musik Jawa Barat yang sudah dikenal di kalangan luas. Namun, selain angklung dan suling, masih ada banyak alat musik yang berasal Jawa Barat, lho.
ADVERTISEMENT
Suling sendiri dimainkan dengan cara ditiup dan terbuat dari kayu atau bambu. Sedangkan angklung dimainkan dengan cara menggoyangkan masing-masing bambu sehingga menciptakan sebuah nada.
Sebagai alat musik Jawa Barat, angklung sudah terdaftar dalam karya Agung Warisan Budaya Lisan dan Nonbendawi Manusia dari UNESCO sejak November 2010. Karena hal tersebut, tak heran jika angklung lebih dikenal dibandingkan alat musik Jawa Barat lainnya.
Lantas, apa saja alat musik Jawa Barat selain Angklung dan Suling?

Alat musik Jawa Barat, Rebab

5 Alat Musik Jawa Barat Selain Angklung dan Suling (241137)
Alat musik Jawa Barat, Rebab Foto: instagram.com/_romisyahrial_
Rebab merupakan alat musik asal Jawa Barat yang sudah cukup lama dimainkan, yaitu sekitar abad ke-8. Pada abad ke-8, alat musik Rebab mulai tersebar melalui jalur perdagangan Islam yang meliputi wilayah Afrika Utara, Timur Tengah, Eropa dan Timur Jauh.
ADVERTISEMENT
Alat musik tradisional yang dimainkan dengan cara digesek ini masuk ke Indonesia melalui jalur perdagangan bangsa Arab. Dengan bahan dasar tembaga dan memiliki tiga senar pada awalnya, alat musik ini perlahan mulai berganti bahan dasar menjadi kayu.

Alat musik Jawa Barat, Karinding

5 Alat Musik Jawa Barat Selain Angklung dan Suling (241138)
Alat musik Jawa Barat, Karinding Foto: instagram.com/folkartspaceid
Karinding merupakan alat musik Jawa Barat yang unik. Itu karena cara memainkan alat ini dengan disentil oleh ujung telunjuk sambil ditempel di bibir.
Dengan hanya berbahan dasar pelepah aren atau bambu, alat ini bisa menciptakan suara yang unik. Alat musik Karinding juga ditulis dalam sebuah buku Sejarah Karinding Priangan yang membahas lengkap seputar sejarah alat musik Karinding yang ada di Tanah Sunda seperti Priangan dan Banten.

Tarawangsa

5 Alat Musik Jawa Barat Selain Angklung dan Suling (241139)
Alat musik Jawa Barat, Tarawangsa Foto: instagram.com/galleryhumanity_11
Berbeda dengan Rebab yang memiliki tiga buah dawai, Tarawangsa hanya memakai dua dawai. Tarawangsa merupakan alat musik Jawa Barat yang dimainkan dengan cara digesek dan dawai lainnya dipetik dengan jari telunjuk menggunakan tangan kiri untuk menghasilkan sebuah nada.
ADVERTISEMENT
Keberadaan alat musik ini tercatat dalam naskah kuno Sewaka Darma pada awal abad ke-18 sebagai nama alat musik. Karena bentuknya hampir sama dengan Rebab , Tarawangsa juga kerap disebut Rebab Jangkung (rebab tinggi).

Kecapi

5 Alat Musik Jawa Barat Selain Angklung dan Suling (241140)
Alat musik Jawa Barat, Kecapi Foto: Nederlands Fotomuseum/Charles Breijer
Selanjutnya adalah alat musik yang memiliki peran penting dalam tembang sunda, yakni Kecapi. Kecapi besar memiliki 18 atau 20 dawai. Sedangkan kecapi anak memiliki 15 dawai.

Jenglong

5 Alat Musik Jawa Barat Selain Angklung dan Suling (241141)
Alat musik Jawa Barat, Jenglong Foto: instagram.com/gamelan_up
Alat musik Jawa Barat ini dimainkan dengan cara dipukul dan dengan menggunakan alat yang ujungnya terbuat dari rajutan benang atau bahan wol. Terbuat dari bahan dasar perunggu, besi atau kuningan alat ini akan menghasilkan suara yang hampir sama dengan gong. Perbedaannya adalah bentuknya saja yang lebih kecil.
Jenglong juga memiliki peranan penting dalam iringan musik Jawa Barat. Alat ini berfungsi sebagai kerangka lagu yang memiliki pengaruh besar dalam pembuatan suara dasar.
ADVERTISEMENT

sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white