5 Cara Membakar Kalori yang Efektif Turunkan Berat Badan

Menyajikan informasi terkini, terbaru dan terupdate mulai dari politik, bisnis, selebriti, lifestyle dan masih banyak lagi.
Konten dari Pengguna
14 Februari 2023 15:01
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Hari Ini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi olahraga, salah satu cara membakar kalori. Foto: Pixel-Shot/Shutterstock
ADVERTISEMENT
Setiap makanan mengandung jumlah kalori yang berbeda-beda. Seseorang yang sedang diet biasanya melakukan defisit kalori dan melakukan aktivitas yang membakar kalori untuk turunkan berat badan.
ADVERTISEMENT
Mengutip Mayo Clinic, salah satu faktor yang menentukan jumlah kalori yang dibakar tubuh setiap hari adalah seberapa banyak tubuh bergerak. Semakin banyak aktivitas yang dilakukan, semakin banyak pula jumlah kalori yang dibakar.
Ada berbagai berbagai cara membakar kalori yang dapat dilakukan, mulai dari melakukan olahraga tertentu hingga memperbaiki pola hidup. Berikut penjelasannya seperti yang dirangkum dari WebMD.

Cara Membakar Kalori

Ilustrasi olahraga. Foto: Shutter Stock

1. Olahraga Ringan

Christopher Wharton, seorang personal trainer bersertifikat sekaligus peneliti di Rudd Center for Food Policy and Obesity di Yale University menjelaskan, semakin banyak waktu yang dihabiskan untuk berolahraga, semakin banyak kalori yang akan dibakar.
Sebab, saat berolahraga, tubuh akan membakar kalori untuk menghasilkan lebih banyak energi. Agar lebih efektif, Anda dapat melakukan latihan kebugaran jasmani seperti berjalan dan berlari setidaknya 15-30 menit setiap hari.
ADVERTISEMENT

2. Latihan Kekuatan Otot

Ilustrasi olahraga plank. Foto: Shutterstock
Cara membakar kalori yang juga efektif meningkatkan metabolisme adalah dengan latihan kekuatan. Latihan seperti aerobik, sit up, push up, plank, atau squat akan membangun massa otot sehingga jaringan otot dapat membakar lebih banyak kalori, bahkan saat tubuh sedang beristirahat.
Menurut Wharton, 10 pon otot akan membakar 50 kalori dalam sehari saat istirahat, sedangkan 10 pon lemak akan membakar 20 kalori. Karena itu, disarankan untuk menambahkan beberapa latihan kekuatan ke dalam rutinitas olahraga setidaknya beberapa kali dalam seminggu.

3. Minum Teh Hijau atau Teh Hitam yang Mengandung Kafein

Ilustrasi teh hijau. Foto: Shutterstock
Kafein adalah stimulan yang dapat meningkatkan jumlah kalori yang dibakar tubuh. Kafein juga bisa menyebabkan perubahan metabolisme dalam tubuh sehingga ada lebih banyak kalori yang terbakar.
ADVERTISEMENT
Penelitian menunjukkan, 250 miligram kafein yang dikonsumsi dengan makanan dapat meningkatkan kadar kalori yang dihabiskan untuk memetabolisme makanan sebesar 10%. Seiring waktu, jumlah tersebut bisa meningkat hingga 75 kalori per hari atau 2.100 kalori dalam waktu sebulan.
Bahan yang disarankan untuk dikonsumsi adalah teh hijau atau teh hitam. Zat yang terkandung dalam dua jenis teh tersebut disebut-sebut dapat membakar kalori tubuh lebih cepat.

4. Makan Sedikit tapi Sering

Ilustrasi makan setelah olahraga. Foto: antoniodiaz/Shutterstock
Setiap mengonsumsi makanan, meskipun dalam porsi yang sedikit, saluran pencernaan otomatis akan mulai mencerna makanan dan menyerap nutrisi. Dibutuhkan kalori untuk melakukan proses tersebut. Karena itu, semakin sering makanan masuk ke dalam tubuh, semakin banyak kalori yang dibakar.
Tidak banyak penelitian yang membuktikan hal tersebut. Namun, banyak ahli percaya bahwa dibandingkan makan satu atau dua kali sehari dalam porsi besar, makan sedikit tapi sering adalah cara makan yang lebih sehat.
ADVERTISEMENT

5. Minum 8 Gelas Air Putih Sehari

Ilustrasi Minum Air Putih. Foto: Shutter Stock
Menurut penelitian, minum 8 gelas atau sekitar 2 liter air putih setiap hari dapat membantu membakar hampir 100 kalori ekstra per harinya. Meski jumlah kalori yang dibakar tidak banyak, kebiasaan tersebut bisa membantu menurunkan berat badan jika dilakukan secara rutin.
(ADS)