6 Ikan Terkecil di Dunia, Ada yang Hanya Berukuran 6,5 Milimeter

Menyajikan informasi terkini, terbaru dan terupdate mulai dari politik, bisnis, selebriti, lifestyle dan masih banyak lagi.
Konten dari Pengguna
25 November 2022 12:56
·
waktu baca 3 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Berita Hari Ini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi ikan terkecil di dunia. Foto: Pexels
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi ikan terkecil di dunia. Foto: Pexels
ADVERTISEMENT
Indonesia merupakan negeri terkenal dengan keanekaragaman hayati. Beragam hewan ikonik seperti orangutan, komodo, hingga harimau Sumatera hidup di sini. Selain itu, ada juga beberapa hewan dengan karakter unik, salah satunya spesies ikan terkecil di dunia.
ADVERTISEMENT
Mengutip buku Ekologi Ikan Perairan Tropis susunan Husain Latuconsina, spesies ikan terkecil yang ditemukan di Indonesia adalah Paedocypris progenetica yang hidup di perairan rawa gambut Jambi, Sumatera. Panjang maksimum ikan jantan adalah 9,8 mm, sedangkan ikan betina 10,3 mm. Spesies ini dianggap sebagai salah satu ikan terkecil di dunia.
Selain Paedocypris progenetica, terdapat pula ikan terkecil di dunia lainnya yang menarik untuk diketahui. Apa saja?

Ikan Terkecil di Dunia

Ilustrasi ikan terkecil di dunia. Foto: Pexels
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi ikan terkecil di dunia. Foto: Pexels
Berikut daftar ikan terkecil di dunia yang diulas dalam kanal Youtube Icalofish lewat video "8 Jenis Ikan Terkecil di Dunia".

1. Celestial Pearl Danio

Spesies ikan ini memiliki warna yang beragam, mulai dari bintik-bintik seperti mutiara putih di sisiknya, hingga warna merah pada siripnya. Ikan ini cukup populer untuk aquarium nano karena ukurannya yang sangat kecil.
ADVERTISEMENT
Celestial Pearl Danio yang lebih dikenal danio margaritatus ini berukuran hampir di bawah 1 inci atau sekitar 25 mm. Keindahannya terlihat dari warna biru tua di tubuhnya dengan bintik-bintik putih keemasan. Terkadang, ikan ini juga kerap dikenal sebagai Galaxy Rasbora.

2. Knipowitschia Goerneri

Knipowitschia Goerneri atau dikenal dengan Corfu Dwarf Goby merupakan ikan yang berukuran sekitar 22 mm atau di bawah 1 inci. Ikan ini berwarna putih atau cokelat dengan bintik-bintik cokelat di bagian atas tubuhnya. Selain itu, bentuk tubuh ikan goby tidak rata atau tidak simetris seperti ikan pada umumnya.
Ikan ini hanya pernah ditemukan di salah satu laguna di Yunani. Namun ketika dilakukan survei pada tahun 1991, spesimen ikan goby tidak ditemukan hingga diyakini telah punah. Anehnya, 20 tahun kemudian ditemukan 9 ikan Knipowitschia Goerneri di tempat yang sama.
ADVERTISEMENT

3. Chilli Rasbora

Chili rasbora atau Boraras Brigittae adalah ikan yang ditemukan di perairan Kalimantan. Dengan ukuran hanya sekitar setengah inci, mereka dikenal sebagai salah satu ikan akuarium tropis terkecil yang bisa dengan mudah dibeli.
Panjang dari ikan Chilli Rasbora adalah 0,5 inci (1,27 cm). Namun, panjang normalnya 0,7 hingga 1,38 inci (1,8 hingga 3,5 cm).
Chilli rasbora adalah ikan akuarium yang sangat populer karena warnanya yang merah cerah dengan garis-garis hitam di siripnya. Ikan ini cocok ditempatkan untuk aquarium nano.

4. Midget Dwarf Goby

Ikan jenis ini dapat ditemukan di laut lepas pada kedalaman 20-30 meter. Ikan dengan nama ilmiah Trimmatom nanus ini adalah ikan gobi dengan panjang sekitar 10 mm, berwarna orange kemerahan cerah yang indah, dan mata bulat serta sirip yang tampak berbulu.
ADVERTISEMENT
Ikan ini berasal dari Maladewa di Samudra Hindia. Meski telah ditemukan sejak tahun 1981, tidak banyak informasi yang tersedia tentang ikan ini.

5. Philippine Goby

Spesies ikan tidak berwarna dan hampir transparan ini dikenal sebagai Dwarf Pygmy Goby. Ukuran tubuh ikan ini yang sekitar 0,35 hingga 0,43 inci (0,89 cm hingga 1,09 cm) untuk ikan jantan dan 0,59 inci (1,5 cm) untuk ikan betina.
Bentuk tubuh ikan ini kurus dan memiliki kepala yang tumpul serta tembus pandang. Satu-satunya warna yang terlihat jelas adalah bintik-bintik gelap di tubuh dan pangkal siripnya. Sayangnya, spesies ikan yang ditemukan di Asia Tenggara ini terdaftar sebagai hewan yang terancam punah.

6. Stout Infantfish

Sebagian kalangan sepakat menyebut stout infantfish sebagai ikan terkecil di dunia. Ikan jantan dan betina dilaporkan memiliki ukuran yang sama. Namun, ada beberapa perbedaan informasi mengenai ukuran ikan jantan.
ADVERTISEMENT
Ada yang mencantumkan 6,5 mm sebagai ukuran maksimal ikan jantan, sementara sumber lain menyebut 7,5 mm. Untuk ikan betina hanya berukuran antara 8-9 mm. Stout infantfish berwarna kuning pucat dan kerap dijumpai di Great Barrier, Australia.
(ANS)
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·