7 Cara Memilih Alpukat yang Bagus dan Siap untuk Dikonsumsi

Berita Hari Ini
Menyajikan informasi terkini, terbaru, dan terupdate mulai dari politik, bisnis, selebriti, lifestyle, dan masih banyak lagi.
Konten dari Pengguna
4 April 2024 13:26 WIB
·
waktu baca 4 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Hari Ini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ada banyak manafaat buah alpukat untuk kesehatan tubuh. Foto: Pexels.com
zoom-in-whitePerbesar
Ada banyak manafaat buah alpukat untuk kesehatan tubuh. Foto: Pexels.com
ADVERTISEMENT
Alpukat memiliki banyak manfaat bagi kesehatan seperti menjaga kesehatan jantung, menjaga berat badan, meningkatkan fungsi organ, dan lain sebagainya. Sayangnya, sebagian orang masih banyak yang belum memahami cara memilih alpukat yang bagus.
ADVERTISEMENT
Ketika salah memilih, buah alpukat mungkin akan terasa pahit bahkan tidak bisa dikonsumsi lagi karena sudah membusuk. Padahal, jika mendapatkan buah dengan kematangan yang tepat, alpukat akan sangat lezat dikonsumsi.
Lebih lanjut, berikut tips yang dapat diikuti untuk memilih buah alpukat yang matang dengan sempurna serta berkualitas baik.

Cara Memilih Alpukat yang Bagus

Cara memilih alpukat yang bagus perlu diketahui untuk mendapatkan alpukat yang matang dan siap untuk dikonsumsi. Foto: Pexels.com
Sebelum membeli, kita perlu tahu ciri-ciri dari buah alpukat yang sudah matang. Menurut Ir. Rohlan Rogomulyo, M.P., dkk dalam buku Teknologi Tepat Guna, alpukat yang matang biasanya dicirikan dengan daging yang empuk, kulit yang berwarna gelap dan pekat, biji yang tidak melekat pada daging, serta tidak memiliki suara yang nyaring ketika diketuk.
Selain itu, terdapat beberapa cara yang dapat dicoba untuk memilih buah alpukat yang bagus. Dirangkum dari buku Panduan Praktis Memilih Sayur-mayur dan Buah-buahan karya Panuwun Budi, berikut tipsnya:
ADVERTISEMENT

1. Perhatikan Warna Kulit

Pilih alpukat dengan kulit berwarna gelap dan pekat, seperti warna hijau tua atau ungu. Jika kulit alpukat berwarna gelap, ini tandanya buat tersebut telah matang secara sempurna.
Selain itu, warna gelap pada kulit juga bisa menandakan bahwa alpukat tersebut kaya akan kandungan antioksidan yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

2. Cek Tekstur Buah

Selanjutnya, cek tekstur buah alpukat dengan menekannya secara lembut. Pilihlah buah dengan tekstur cukup lunak dan tidak keras.
Saat ditekan secara lembut, alpukat yang matang akan terasa empuk dibandingkan dengan yang masih mentah. Ini menunjukkan bahwa daging alpukat di dalamnya sudah siap untuk dikonsumsi.
Namun, perlu diingat bahwa tekstur lembut di sini bukan berarti terlalu lunak. Karena alpukat yang terlalu lunak mungkin sudah mulai membusuk di dalamnya.
ADVERTISEMENT

3. Mencabut Bagian Batang di Pangkal Alpukat

Langkah berikutnya adalah mencabut sedikit bagian batang pada pangkal buah alpukat dan memeriksa warnanya. Bagian alpukat yang terhubung dengan batang seringkali dapat memberikan petunjuk tentang kematangan buah tersebut.
Jika bagian pangkalnya berwarna hijau terang, itu menandakan bahwa alpukat masih segar dan matang. Di sisi lain, jika bagian bawah berwarna coklat atau hitam, ini mungkin menandakan bahwa alpukat tersebut sudah membusuk.

4. Periksa Beratnya

Salah satu cara memilih alpukat yang bagus adalah mengukur beratnya. Foto: Pexels.com
Berat alpukat juga dapat menjadi indikator kematangan dan kualitasnya. Pilih alpukat yang terasa berat untuk ukurannya.
Alpukat yang terasa lebih berat dibandingkan ukurannya menandakan bahwa buah tersebut memiliki kandungan daging yang lebih banyak dan tingkat kematangan yang pas.
Namun, ini tidak berarti kita harus memilih alpukat yang sangat besar, tetapi lebih mempertimbangkan rasio berat terhadap ukuran buah tersebut secara keseluruhan.
ADVERTISEMENT

5. Perhatikan Bentuknya

Selanjutnya, perhatikan bentuk alpukat. Pilih alpukat yang berbentuk bulat atau mirip seperti pir. Bentuk yang merata menunjukkan kematangan dan kesehatan alpukat.
Ini karena alpukat yang telah matang cenderung memiliki bentuk yang simetris dan seragam. Hindari alpukat yang terlalu lonjong atau terlalu kecil karena ini bisa menjadi tanda bahwa buah tersebut memiliki kualitas yang kurang bagus.

6. Cek Kondisi Biji

Alpukat yang sudah matang akan memiliki biji yang mudah untuk dikeluarkan. Namun, bagaimana cara mengecek kondisi biji alpukat tanpa membelahnya?
Cara yang sering dilakukan adalah dengan menggoyangkan buah alpukat beberapa kali kemudian mendengar suara biji di dalamnya. Jika ada pantulan atau gerakkan dari biji dalam buah, ini menandakan bahwa buah tersebut telah matang.

7. Hindari Buah yang Berbintik-bintik

Terakhir, periksa kulit alpukat untuk melihat apakah ada bintik-bintik hitam atau area yang terlihat membusuk. Kondisi ini menandakan bahwa buah tersebut tidak lagi segar dan mulai membusuk.
ADVERTISEMENT
Dengan memilih alpukat yang bebas dari bintik-bintik hitam atau area busuk, kita dapat memastikan bahwa buah alpukat yang dipilih memiliki kualitas yang bagus dan siap untuk dinikmati.
(SAI)