7 Manfaat Air Rebusan Kunyit bagi Kesehatan Tubuh dan Cara Membuatnya

Menyajikan informasi terkini, terbaru dan terupdate mulai dari politik, bisnis, selebriti, lifestyle dan masih banyak lagi.
Konten dari Pengguna
25 Mei 2022 10:02
·
waktu baca 3 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Berita Hari Ini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
7 Manfaat Air Rebusan Kunyit bagi Kesehatan Tubuh dan Cara Membuatnya (2584)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Manfaat Air Rebusan Kunyit. Foto: unsplash.com
ADVERTISEMENT
Kunyit adalah salah satu rempah-rempah yang mudah untuk ditanam dan sangat populer di Tanah Air. Kunyit termasuk dalam tanaman obat keluarga (TOGA)
ADVERTISEMENT
Rempah satu ini kerap dimanfaatkan sebagai bahan baku membuat jamu tradisional. Selain itu, kunyit juga dimanfaatkan sebagai bumbu masak dan menjadi pewarna alami untuk menu masakan.
Menukil dari buku 56 Makanan Ajaib dan Manfaatnya untuk Kesehatan dan Kecantikan oleh Yusuf CK Arianto, kunyit kaya akan vitamin C dan protein. Tidak sedikit orang khususnya kaum perempuan gemar mengonsumsi air rebusan kunyit.
Air rebusan kunyit mengandung kurkumin, fosfor, minyak atsiri, zat besi, dan kalsium yang berguna untuk tubuh. Berikut manfaat air rebusan kunyit untuk kesehatan tubuh. Simak ulasan selengkapnya.
7 Manfaat Air Rebusan Kunyit bagi Kesehatan Tubuh dan Cara Membuatnya (2585)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Manfaat Air Rebusan Kunyit. Foto: shutterstock.com

Manfaat Air Rebusan Kunyit dan Cara Membuatnya

Merangkum dari buku Khasiat dan Manfaat Kunyit oleh Ahmad Said dan laman Medical News Today, berikut manfaat air rebusan kunyit beserta cara membuatnya.
ADVERTISEMENT

1. Mencegah diabetes

Air rebusan kunyit mengandung kurkumin yang dapat mencegah diabetes. Kurkumin mampu menunda seseorang pradiabetes menjadi diabetes tipe 2.
Cara membuat ramuan herbalnya, siapkan kunyit sebesar ibu jari, lalu parut dan rebus hingga mendidih. Setelah itu, saring air rebusan kunyit dan siap untuk diminum.

2. Obat batuk

Air rebusan kunyit bisa menjadi obat batuk tradisional karena memiliki sifat anti radang dan anti bakteri. Membuatnya cukup mudah, parut kunyit dan jahe sebesar kelingking.
Setelah itu, seduh parutan jahe dan kunyit lalu tambahkan gula batu dan air jeruk nipis. Anda bisa meminumnya dua kali sehari.

3. Radang tenggorokan

Air rebusan kunyit bermanfaat sebagai obat herbal untuk radang tenggorokan. Cara membuatnya, seduh parutan kunyit dan garam dengan air hangat. Anda bisa juga bisa menambahkan perasan air jeruk nipis. Setelah itu, gunakan seduhan kunyit dan garam untuk berkumur.
ADVERTISEMENT

4. Sembelit

7 Manfaat Air Rebusan Kunyit bagi Kesehatan Tubuh dan Cara Membuatnya (2586)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Manfaat Air Rebusan Kunyit. Foto: pexels.com
Sembelit dapat disembuhkan dengan air rebusan kunyit. Cukup sediakan kunyit sebesar satu ibu jari. Lalu, lumatkan dan rebus kunyit dengan air
Masak bahan tersebut selama lima menit. Setelah mendidih, saring dan dinginkan air rebusan tersebut. Setelah hangat, minum ramuan herbal tersebut sekaligus.

5. Demam

Sejak zaman dahulu, air rebusan kunyit dipercaya sebagai obat herbal untuk menurunkan demam. Cara membuat ramuan tersebut cukup mudah.
Parut kunyit dan tambahkan sedikit air panas dan peras. Lalu, tambahkan air kunyit dengan madu dan kuning telur ayam kampung. Minum ramuan herbal tersebut secara sekaligus.

6. Asam lambung

Bagi penderita asam lambung, air rebusan kunyit efektif sebagai obat herbal untuk menyembuhkannya. Cara membuatnya, keringkan kunyit dan tumbuk sampai halus. Setelah itu, seduh bubuk kunyit dengan air hangat lalu minum.
ADVERTISEMENT

7. Haid tidak lancar

Air rebusan kunyit efektif melancarkan haid. Untuk mendapatkan manfaatnya, siapkan 2 rimpang kunyit, setengah sendok teh ketumbar, biji pala, dan setengah genggam daun sri gading.
Tumbuk semua bahan sampai halus lalu rebus dengan 1 liter air hingga mendidih. Setelah air rebusan hangat, saring dan minum satu gelas per hari secara rutin.
(EAR)
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020