Woman
·
23 Juni 2020 18:20

7 Tips Merawat Kulit Wajah Selain dengan Skincare

Konten ini diproduksi oleh Berita Hari Ini
7 Tips Merawat Kulit Wajah Selain dengan Skincare (383624)
Ilustrasi membersihkan wajah. Foto: shutterstock.
Banyak sekali tips merawat kulit wajah yang bisa kita ikuti. Tentunya sebagian besar memerlukan banyak produk skincare yang bermerek dan merogoh kocek dalam.
ADVERTISEMENT
Namun, tahukah kamu kalau merawat kulit tidak harus menggunakan banyak produk skincare? Ada cara-cara mudah lainnya yang dapat kamu lakukan untuk menjaga kulit wajahmu agar tetap bersih dan sehat.
Berikut tips yang bisa kamu lakukan untuk memelihara kesehatan kulit wajah dengan mudah dan murah.
1. Jangan Sering Menyentuh Wajah
Menyentuh wajah dengan tangan sebaiknya dihindari. Tangan kerap menyentuh berbagai benda yang kita tidak tahu kadar kebersihannya.
Jika merasa perlu menyentuh wajah, pastikan kamu mencuci tangan terlebih dahulu. Sebab, kuman di tangan dapat berpindah ke wajah dan menyebabkan tumbuhnya jerawat.
2. Jangan Begadang
Coba cek lagi jam tidurmu, apakah kamu sering begadang? Ya, begadang dapat membuat kulitmu menjadi kusam. Meskipun rajin menggunakan skincare, tetap saja kamu perlu memperhatikan kebiasaanmu, terutama tidur cukup. Selain tak baik bagi kulit, begadang juga tidak bagus untuk kesehatan tubuhmu.
ADVERTISEMENT
3. Jangan Lupa Sunscreen
Jangan lupa untuk selalu menggunakan proteksi, yakni sunscreen alias tabir surya saat keluar rumah. Sebab, sinar UV matahari dapat menyebabkan munculnya flek kemerahan atau flek hitam pada kulit.
4. Pastikan Terdehidrasi
Rutinitas penggunaan makeup dapat membuat kulit sulit bernapas. Maka dari itu, kamu harus memastikan bahwa kulitmu selalu terdehidrasi. Perbanyak cairan dengan minum air putih supaya kelembapan kulit tetap terjaga.
5. Hindari Makanan Tidak Sehat
Ada banyak jenis makanan tidak sehat, seperti alkohol, gula, aneka junk food, dan sebagainya. Makanan tidak sehat dapat membuat wajahmu tampak kusam dan berjerawat. Untuk mengatasinya, kamu harus perbanyak makan sayur dan buah-buahan.
6. Ganti Sarung Bantal Secara Rutin
Sarung bantal adalah salah satu benda yang paling sering menempel dengan kulit wajah. Kuman pada sarung bantal yang kotor dapat membuat wajahmu ikut kotor dan mengakibatkan tumbuhnya jerawat. Oleh karena itu, cobalah mengganti sarung bantal sebanyak tiga hari sekali.
ADVERTISEMENT
7. Pakai Skincare Dasar
Tidak perlu menggunakan banyak skincare. Namun, pastikan kamu tidak melupakan skincare dasar yang wajib digunakan, seperti facial wash dan sunscreen. Jangan lupa juga untuk menggunakannya secara rutin agar wajahmu tetap sehat terawat.
(AYA)

sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white