News
·
14 Juli 2021 13:46
·
waktu baca 1 menit

Arti dan Cara Penulisan Innalillahi yang Benar

Konten ini diproduksi oleh Berita Hari Ini
Arti dan Cara Penulisan Innalillahi yang Benar (88233)
searchPerbesar
Ilustrasi mengucapkan innalillahi. Foto: Pinterest
Innalillahi termasuk salah satu kata yang kerap diucapkan umat Muslim. Kata ini diucapkan seorang Muslim saat mendengar kabar duka dari teman, keluarga, maupun kerabat dekat lainnya.
ADVERTISEMENT
Innalillahi memang erat kaitannya dengan kabar kematian atau meninggal seseorang. Namun, sejatinya kata ini tak hanya diucapkan pada momen-momen tersebut, tetapi juga saat tengah mengalami musibah lainnya. Hal ini dijelaskan dalam surat Al Baqarah ayat 155-156 yang artinya:
Dan Kami pasti akan menguji kamu dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa, dan buah-buahan. Dan sampaikanlah kabar gembira kepada orang-orang yang sabar, (yaitu) orang-orang yang apabila ditimpa musibah, mereka berkata "Inna lillahi wa inna ilaihi raji‘un" (sesungguhnya kami milik Allah dan kepada-Nyalah kami kembali).
Lantas, apa arti Innalillahi sebenarnya? Bagaimana penulisan Innalillahi yang benar? Untuk mengetahuinya, simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Penulisan Innalillahi yang Benar

Arti dan Cara Penulisan Innalillahi yang Benar (88234)
searchPerbesar
Ilustrasi penulisan innalillahi yang benar. Foto: iStock
Meski sering diucapkan, masih banyak orang yang belum memahami bagaimana cara penulisan Innalillahi yang benar. Tak sedikit pula yang keliru ataupun tertukar dengan kata selanjutnya, yakni Wa inna ilaihi rajiun.
ADVERTISEMENT
Contoh penulisan yang kerap ditemukan adalah Innailaihi wa inna lillahi rajiun atau Innalillahi wa inna lillahi rajiun. Padahal, kata Innalillahi perlu ditulis dengan benar agar arti dan makna yang terkandung di baliknya dapat tersampaikan dengan baik.
Nah, jika menilik kalimat yang tercantum pada surat Al Baqarah ayat 156, penulisan Innalillahi yang lengkap dan benar adalah Inna lillahi wa inna ilaihi raji'un, yang artinya 'Sesungguhnya kami milik Allah dan kepada-Nyalah kami kembali'.

Arti Innalillahi

Kata Innalillahi memiliki arti 'Sesungguhnya kami adalah milik Allah'. Maksudnya, setiap Muslim menyerahkan semuanya kepada Allah karena Dia adalah pemilik manusia, Allah yang memberikan musibah, dan Dia juga yang mampu menghilangkan musibah tersebut.
Mengutip buku Shihab & Shihab Edisi Ramadhan oleh M. Quraish Shihab dan Najwa Shihab (2019), kalimat tersebut berlaku untuk segala sesuatu yang menjadi milik Allah.
ADVERTISEMENT
Bisa dalam bentuk barang, harta benda, ataupun manusia. Semuanya milik Allah dan hanya titipan Allah kepada hamba-Nya, sehingga suatu saat pasti akan diminta kembali.
Karena itu, ucapan Innalillahi sebenarnya juga merupakan ungkapan bahwa hati tidak menggerutu atau mengeluh akan kepergian, kehilangan, dan ketiadaan sesuatu itu di hadapan kita.
Sementara itu, kalimat selanjutnya yakni Wa inna ilaihi rajiun memiliki arti “Dan sesungguhnya kepada-Nyalah kami kembali.” Artinya, sudah menjadi kewajiban setiap hamba bahwa musibah apapun yang menimpa, serahkan semuanya kepada Allah SWT.
Ucapan tersebut juga menjadi bukti keyakinan seseorang bahwa tidak ada yang abadi di dunia ini, karena semuanya akan kembali ke pemiliknya, yaitu Allah SWT.
Dengan mengucapkan Innalillahi atau lengkapnya innalillahi wa inna ilaihi rajiun, artinya seseorang telah ikhlas mengembalikan titipan-Nya kembali ke pangkuan Allah SWT.
ADVERTISEMENT
(ADS)