Bacaan Doa Setelah Sholat Hajat yang Mustajab Lengkap dengan Artinya

Menyajikan informasi terkini, terbaru dan terupdate mulai dari politik, bisnis, selebriti, lifestyle dan masih banyak lagi.
Konten dari Pengguna
5 Januari 2022 14:03
·
waktu baca 4 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Berita Hari Ini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi sholat hajat. Foto: Freepik.
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi sholat hajat. Foto: Freepik.
ADVERTISEMENT
Sholat Hajat merupakan salah satu ibadah sunnah yang dianjurkan bagi orang yang sedang memiliki keinginan, kebutuhan, cita-cita atau permasalahan hidup. Sholat sunnah ini sifatnya lebih khusus dibandingkan dengan sholat lainnya.
ADVERTISEMENT
Sholat Hajat merupakan media komunikasi antara hamba dengan Tuhan-Nya, sebagai salah satu cara untuk mewujudkan keinginan. Seperti hadits yang dikutip dari buku Shalat Hajat karya Ghaida Halah Ikram, Rasulullah SAW bersabda:
“Barang siapa mempunyai hajat (kebutuhan) kepada Allah atau kepada salah seorang dari anak Adam, hendaklah dia berwudhu dan menyempurnakan wudunya, sholat dua rakaat, kemudian hendaklah dia mengucapkan pujian kepada Allah dan mengucapkan sholawat kepada Nabi, kemudian berdoa.” (HR. Al Tirmidzi dan Ibnu Majah)
Sholat Hajat bisa dikerjakan kapan saja. Tetapi, waktu terbaik untuk melaksanakan sholat sunnah ini adalah di sepertiga malam terakhir, sebagai bagian dari sholat malam.
Sholat hajat dapat dilakukan sebanyak 2-12 rakaat. Jumlah rakaat ini dapat disesuaikan dengan berat ringannya suatu hajat yang diminta. Apabila permintaannya berat, sebaiknya dilakukan sebanyak 12 rakaat.
ADVERTISEMENT
Dikutip dari buku Menjemput Berkah Lewat: Shalat Hajat terbitan Galang Press, saat melaksanakan sholat Hajat, disunnahkan membaca ayat kursi dan surat Al-Ikhlas setelah membaca surat Al Fatihah di setiap rakaatnya. Kemudian memanjatkan doa setelah sholat dan bersholawat kepada Rasulullah agar dipenuhi segala hajat.
Ada beberapa bacaan doa setelah sholat hajat yang mustajab yang bisa diamalkan. Apa saja? Simak selengkapnya di bawah ini.

Bacaan Doa Setelah Sholat Hajat yang Mustajab

Ilustrasi bacaan doa setelah sholat hajat yang mustajab. Foto: Freepik.
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi bacaan doa setelah sholat hajat yang mustajab. Foto: Freepik.
Dikutip dari buku 300 doa dan Dzikir Pilihan oleh Hafiah Lc, dkk., berikut urutan bacaan doa setelah sholat hajat yang mustajab yang bisa diamalkan:
  • Membaca istighfar 100 kali atau sekurang-kurangnya 33 kali
ADVERTISEMENT
اَسْتَغْفِرُ اللهَ الْعَظِيْمَ
Astaghfirullahal adzim
Artinya: Aku memohon ampun kepada Allah Yang Maha Agung.
  • Membaca Sholawat Nabi
اللَّهُمَّ صَلِّ صَلاَةً كَامِلَةً وَسَلِّمْ سَلاَمًا تَامًّا عَلىَ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ الَّذِيْ تُنْحَلُ بِهَ الْعُقَدُ وَتَنْفَرِجُ بِهِ الْكُرَبُ وَتُقْضَى بِهِ الْحَوَائِجُ اللَّهُمَّ صَلِّ صَلاَةً كَامِلَةً وَسَلِّمْ سَلاَمًا تَامًّا عَلىَ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ الَّذِيْ تُنْحَلُ بِهَ الْعُقَدُ وَتَنْفَرِجُ بِهِ الْكُرَبُ وَتُقْضَى بِهِ الْحَوَائِجُ
“Alloohumma sholi sholaatan kaamilatan wasallim salaaman taamman ‘alaa sayyidina muhammadinil ladzii tanhallu bihil ‘uqodu wa tanfariju bihil kurobu wa tuqdhoo bihil hawaa-iju
Wa tunaalu bihir-roghoo-ibu wa husnul khowaatimi wa yustasqol ghomaamu bi wajhihil kariimi wa ‘alaa aalihii wa shohbihi fii kulli lamhatin wa nafasin bi ‘adadi kulli ma’luumin laka.”
Artiya: “Wahai Allah, limpahkanlah rahmat dan salam yang sempurna kepada junjungan kami Nabi Muhammad saw. Semoga terurai dengan berkahnya segala macam buhulan dilepaskan dari segala kesusahan, tunaikan segala macam hajat, dan tercapai segala macam keinginan serta husnul khatimah. Dicurahkan air hujan (rahmat) dengan berkah pribadinya yang mulia. Semoga rahmat dan salam yang sempurna itu juga tetap tercurah kepada para keluarga dan sahabat beliau, setiap kedipan mata dan hembusan nafas, sebanyak bilangan yang diketahui oleh Engkau.
ADVERTISEMENT
  • Membaca doa hajat:
اَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ الْحَلِيْمُ الْكَرِيْمُ سُبْحَانَ اللهِ رَبُّ الْعَرْشِ الْعَظِيْمِ .اَلْحَمْدُ ِللهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ. اَسْأَلُكَ مُوْجِبَاتِ رَحْمَتِكَ وَعَزَائِمَ مَغْفِرَتِكَ وَالْعِصْمَةَ مِنْ كُلِّ ذَنْبٍ وَّالْغَنِيْمَةَ مِنْ كُلِّ بِرٍّ وَّالسَّلاَمَةَ مِنْ كُلِّ إِثْمٍ لَاتَدَعْ لِيْ ذَنْبًا إِلاَّ غَفَرْتَهُ وَلاَ هَمًّا إِلاَّ فَرَّجْتَهُ وَلاَ حَاجَةً هِيَ لَكَ رِضًا إِلاَّ قَضَيْتَهَا يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ
Laa ilaaha illalllahul haliimul karim. Subhaanallahi rabbil arsyil adzim. Alhamdulillahi rabbil alaamin. As luka muujibaati rahmaatika, wa azaa’imi maghfiratika, wal ghaniimati min kulli birr, wassalaamatin min kulli itsm. Laa tadaaa lii dzamban illaa gharaftah, walaa hamman illa farrajtha, walaa hajaatan hiya laka ridhan illa qadhaaitahaa ya arhamar-raahimin.
Artinya: Tiada tuhan selain Allah Yang Mahahalim, Yang maha Bijaksana, lagi Maha Mulia. Mahasuci Allah Tuhan Arsy yang Agung. Segala puji bagi Allah Tuhan Semesta alam.
ADVERTISEMENT
Aku memohon kepada-Mu kepastian rahmat-Mu, perolehan dari tiap-tiap kebaikan dan keselamatan dari dosa, jangan Engkau biarkan diriku berdosa melainkan Engkau ampuni, tidak ada kesusahan melainkan ngkau bukakan jalan keluar dan tiada sesuatu yang diridhoi oleh-Mu melainkan Engkau luluskan ya Allah Yang Maharahim dari semua yang Rahim.
  • Kemudian bersujud dan membaca doa Nabi Yunus 10 kali dilanjutkan memohon hajat:
لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ سُبْحَانَكَ إِنِّي كُنْتُ مِنَ الظَّالِمِينَ
La ilaha illa anta subhanaka inni kuntu minadzolimin
Artinya: Bahwa tidak ada Tuhan selain Engkau. Maha Suci Engkau, sesungguhnya aku adalah termasuk orang-orang yang zalim.
Memanjatkan keinginan bisa dilakukan dengan bahasa sendiri yang mudah dipahami. Anda juga bisa membaca doa-doa yang sudah dihafalkan sesuai dengan kebutuhan atau hajat secara khusus.
ADVERTISEMENT
Sholat Hajat bisa dilakukan satu hingga tujuh malam berturut-turut, tergantung pada kepentingan dan kebutuhannya. Selama memiliki niat yang ikhlas dan benar-benar mengharapkan pertolongan dari Allah, InsyaAllah keinginan akan segera tercapai.
(IPT)
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·