Cara Kerja MLFF, Sistem Pembayaran Tol Tanpa Harus Berhenti

Berita Hari Ini
Menyajikan informasi terkini, terbaru dan terupdate mulai dari politik, bisnis, selebriti, lifestyle dan masih banyak lagi.
Konten dari Pengguna
4 Desember 2023 19:01 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Hari Ini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
MLFF adalah salah satu teknologi terkini yang memudahkan pembayaran di jalan tol. Foto: Unsplash.com
zoom-in-whitePerbesar
MLFF adalah salah satu teknologi terkini yang memudahkan pembayaran di jalan tol. Foto: Unsplash.com
ADVERTISEMENT
MLFF adalah salah satu teknologi terkini yang memudahkan pembayaran di jalan tol. Lantas, seperti apa cara kerja MLFF?
ADVERTISEMENT
MLFF adalah kepanjangan dari Managed Lanes with Flexible Fares. Ini merupakan sebuah sistem yang mempermudah pengguna jalan tol melakukan pembayaran non tunai tanpa harus menunjukkan kartunya.
Untuk memahami cara kerja MLFF, simak penjelasan seputar MLFF, mulai dari pengertian, fungsi, dan cara kerjanya di bawah ini.

Apa Itu MLFF?

MLFF adalah singkatan dari Managed Lanes with Flexible Fares Foto: Unsplash.com
Mengutip dari laman resmi Badan Pengatur Jalan Tol, MLFF adalah singkatan dari Managed Lanes with Flexible Fares. Ini adalah sistem pembayaran tol yang memungkinkan pengguna melakukan pembayaran non-tunai tanpa perlu menyentuh kartu.
Sistem ini secara otomatis menentukan tarif berdasarkan prinsip permintaan dan penawaran, dan pengguna dapat melakukan pembayaran menggunakan sistem pembayaran terintegrasi. Sistem MLFF dirancang untuk meningkatkan kelancaran lalu lintas dan menyediakan metode pembayaran tol yang lebih nyaman.
ADVERTISEMENT

Fungsi Sistem MLFF

Fungsi MLFF (Managed Lanes with Flexible Fares) adalah sistem pembayaran tol yang memungkinkan pengguna untuk melakukan pembayaran nontunai tanpa perlu menap kartu. Foto: Pexels.com
Fungsi MLFF (Managed Lanes with Flexible Fares) adalah sistem pembayaran tol yang memungkinkan pengguna untuk melakukan pembayaran non tunai tanpa perlu menempelkan kartu. Berikut beberapa fungsi umumnya:
ADVERTISEMENT

Cara Kerja MLFF

Sistem Pembayaran Tol MLFF (Managed Lanes with Flexible Fares) adalah sebuah teknologi tol elektronik yang memungkinkan pengguna jalan tol. Foto: Pexels.com
Sistem Pembayaran Tol MLFF (Managed Lanes with Flexible Fares) adalah sebuah teknologi tol elektronik yang memungkinkan pengguna jalan tol untuk melakukan pembayaran non tunai tanpa perlu menunjukkan kartu. Secara umum, berikut cara kerja MLFF:

1. Identifikasi Jalur MLFF

Jalur yang akan dikelola dengan sistem MLFF harus diidentifikasi secara jelas dan dipisahkan dari jalur biasa. Hal ini melibatkan pengawasan dan penegakan hukum untuk memastikan kepatuhan pengguna jalan.

2. Penentuan Tarif Otomatis

Penentuan tarif di sistem MLFF didasarkan pada prinsip demand and supply (permintaan dan penawaran). Sistem ini menggunakan teknologi untuk menentukan tarif secara otomatis.

3. Sistem Pembayaran Otomatis

Sistem MLFF menggunakan pembayaran otomatis yang terintegrasi dengan kendaraan dan kartu. Saat memasuki jalur MLFF, kartu pembayaran akan dibaca oleh sistem, dan tarif yang sesuai akan dikurangkan dari saldo kartu tersebut.
ADVERTISEMENT
Itulah cara kerja MLFF. Selain itu, jalur MLFF dilengkapi dengan peralatan khusus seperti sensor lalu lintas, kamera pengawas, dan sistem pembayaran otomatis untuk meningkatkan keamanan.
Teknologi ini juga memungkinkan melakukan transaksi melalui aplikasi di smartphone dan dibaca melalui satelit, sehingga alat pembaca tidak perlu di setiap tempat karena memakai satelit
Sistem MLFF dianggap memiliki berbagai keunggulan, antara lain instalasi yang mudah, waktu tempuh lebih cepat, dan konsumsi bahan bakar lebih hemat.
(SAI)