News
·
6 Januari 2021 17:03

Cara Melatih Artikulasi Saat Berbicara di Depan Publik

Konten ini diproduksi oleh Berita Hari Ini
Cara Melatih Artikulasi Saat Berbicara di Depan Publik (60518)
Ilustrasi pengucapan artikulasi saat berbicara. Foto: pixabay
Suara atau vokal menjadi unsur paling penting bagi seorang saat ingin berbicara di depan publik. Banyak unsur penting dalam teknik vokal yang diperlukan seorang public speaker, salah satunya adalah artikulasi.
ADVERTISEMENT
Artikulasi adalah pengucapan kata dengan benar dan jelas sehingga telinga audiens dapat mengerti kata-kata yang kita ucapkan. Dengan artikulasi yang baik, pesan yang hendak kita sampaikan kepada audiens akan tersampaikan dengan baik pula.

Faktor yang Memengaruhi Artikulasi

  1. Sikap
Sikap dan posisi badan yang benar akan memengaruhi produksi suara dan artikulasi. Adapun posisi badan yang benar di antaranya adalah kepala yang tegak, pandangan lurus, tulang punggung lurus, dada sedikit membusung, dan kaki yang tegak. Selain itu, rileks adalah kunci utama dalam hal ini.
  1. Posisi Mulut
Pastikan posisi mulut tepat dan tidak dalam kondisi yang dipaksakan. Ini menjadi penting karena udara harus bisa keluar dan masuk ke rongga mulut untuk menghasilkan suara yang baik pada pendengaran audiens.
ADVERTISEMENT
  1. Latihan Vokal
Latihan vokal bisa membantu kita untuk mengucapkan artikulasi dengan baik. Latihan dapat dilakukan supaya huruf-huruf yang diucapkan terdengar dengan baik di telinga audiens.
Cara Melatih Artikulasi Saat Berbicara di Depan Publik (60519)
Ilustrasi pengucapan artikulasi saat berbicara. Foto: pixabay

Cara Melatih Artikulasi

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk melatih artikulasi. Agar lebih memahaminya, simak penjelasan berikut.
  1. Latihan Mengucapkan Huruf Vokal dan Konsonan
Cara ini cukup sederhana, tapi akan sangat membantu dalam memperbaiki artikulasi ketika berbicara. Baik huruf konsonan maupun vokal, keduanya harus diucapkan dengan artikulasi yang jelas.
Kamu harus bisa membedakan beberapa huruf yang pengucapannya hampir sama. Misalnya pengucapan huruf konsonan f, v, dan p. Kata fantasi harus dilafalkan dengan fantasi bukan pantasi.
Selain konsonan, huruf vokal pun harus diperhatikan dalam pengucapannya. Misalnya pengucapan kata Indonesia harus diucapkan Indonesia bukan Endonesia.
ADVERTISEMENT
  1. Berbicara dengan Suara Keras
Berbicara dengan suara keras akan memperbaiki artikulasi kita. Kita bisa memulainya dari membaca sebuah teks terlebih dulu.
Bacalah teks tersebut dengan suara keras dan tempo yang normal. Perhatikan penggalan kata dan intonasi bacaan sesuai dengan tanda baca yang ada.
  1. Latihan Mengucapkan Serangkaian Kata yang Sukar
Kata-kata sukar bisa diartikan sebagai kata yang memiliki kemiripan pengucapan yang akan membelit lidah jika diucapkan dengan tempo di atas normal. Kata-kata ini bisa membantu dalam memperbaiki artikulasi ketika berbicara.
Sebaiknya serangkaian kata ini diucapkan dengan tempo normal atau cepat. Ucapkan serangkaian kata ini dengan suara yang keras. Adapun kata-kata sukar yang bisa Anda coba ucapkan adalah sebagai berikut:
ADVERTISEMENT
  • Satu biru dua biru tiga biru empat biru
  • Kepala diurut kelapa diparut
  • Ular melingkar di atas pagar
(MSD)

sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white