Cara Membuat Steam Replay 2022 untuk Mengetahui Aktivitas Gaming dalam Setahun

Menyajikan informasi terkini, terbaru dan terupdate mulai dari politik, bisnis, selebriti, lifestyle dan masih banyak lagi.
Konten dari Pengguna
28 Desember 2022 9:38
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Hari Ini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi bermain game. Foto: Dubai Airports
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi bermain game. Foto: Dubai Airports
Steam merupakan layanan distribusi digital video game yang diluncurkan oleh Valve. Platform ini menyediakan ribuan game PC gratis maupun berbayar yang dapat diunduh para gamer.
Selain berfungsi sebagai platform download game, Steam juga bisa menjadi ruang diskusi bagi para gamer. Biasanya, topik yang dibahas dalam diskusi masih seputar game yang mereka mainkan. Misalnya, bagaimana cara mengalahkan musuh, fitur terbaru game, dan sebagainya.
Menjelang akhir tahun, Steam meluncurkan Steam Replay 2022 untuk pertama kalinya. Ini merupakan fitur yang memiliki fungsi hampir sama dengan Spotify Wrapped.
Jika Spotify Wrapped merangkum lagu dan penyanyi yang didengarkan penggunanya, Steam Replay memungkinkan pengguna mengetahui aktivitas gaming mereka selama setahun ke belakang.
Ilustrasi game mobile. Foto: aslysun/Shutterstock
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi game mobile. Foto: aslysun/Shutterstock
Mulai dari total game yang dimainkan, game yang diunduh,hingga total durasi dan sesi bermain setiap game, terangkum dalam Steam Replay 2022. Pengguna juga bisa melihat total persentase aktivitas bermain yang dilakukan melalui Windows, Linux, atau Stream Deck.
Tak hanya itu, mengutip laman Dexerto, Steam Replay 2022 turut memberikan informasi yang lebih spesifik. Misalnya, jumlah pencapaian yang diperoleh pemain sepanjang tahun, rekor bermain terlama, hingga era game yang disukai pemain.
Data-data tersebut dibagikan dalam bentuk infografis dengan angka-angka statistik pemain. Berikut cara membuat Steam Replay 2022 bagi para gamers sebelum mengakhiri tahun 2022 ini.

Cara Membuat Steam Replay 2022

Ilustrasi cara membuat Steam Replay 2022. Foto: ASUS
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi cara membuat Steam Replay 2022. Foto: ASUS
Steam Replay 2022 dapat diakses melalui laman resmi Steam. Website tersebut dapat diakses melalui komputer, laptop, maupun HP. Agar tidak salah langkah, simak cara membuat Steam Replay 2022 di bawah ini.
Cara Membuat Steam Replay 2022
Berikut cara membuat Steam Replay 2022 yang bisa diikuti langkah-langkahnya:
1. Buka situs resmi Steam
Akses situs resmi Steam melalui tautan https://store.steampowered.com.
2. Login
Login menggunakan akun dan password yang telah terdaftar dan ingin dilihat kilas balik aktivitas game-nya. Anda juga bisa login melalui Steam Mobile dengan memindai QR code yang ditampilkan.
3. Verifikasi email
Setelah itu, Steam akan mengirimkan kode verifikasi ke email Anda. Masukkan kode tersebut untuk memverifikasi akun Anda.
4. Steam Replay 2022 ditampilkan
Setelah berhasil masuk, Steam akan menampilkan rangkuman aktivitas gaming Anda di sepanjang tahun 2022.
5. Bagikan ke media sosial
Klik tombol share untuk membagikan Steam Replay 2022 ke media sosial Anda. Terdapat tiga desain Steam Replay 2022 yang dapat dipilih untuk feed, story, hingga Twitter dan Facebook.
(ADS)