Cara Memperkenalkan Diri dalam Bahasa Inggris yang Sederhana dan Mudah

Menyajikan informasi terkini, terbaru dan terupdate mulai dari politik, bisnis, selebriti, lifestyle dan masih banyak lagi.
Konten dari Pengguna
21 Juli 2022 8:31 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Hari Ini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi melakukan perkenalan diri. Foto: Unsplash
ADVERTISEMENT
Salah satu materi pelajaran bahasa Inggris yang umumnya sudah dipelajari sejak sekolah dasar adalah perkenalan diri. Memperkenalkan diri dalam bahasa Inggris dapat dilakukan ketika bertemu dengan orang yang baru dikenal atau berbicara di hadapan banyak orang.
ADVERTISEMENT
Sebenarnya, susunan atau format cara memperkenalkan diri dalam bahasa Inggris tidak jauh berbeda dengan bahasa Indonesia. Namun, orang yang baru pertama kali melakukannya mungkin akan mengalami kesulitan.
Bagaimana cara memperkenalkan diri dalam bahasa Inggris yang sederhana dan mudah?

Cara Memperkenalkan Diri dalam Bahasa Inggris

Dalam bahasa Inggris, perkenalan diri disebut sebagai introduction. Dikutip dari Modul Pembelajaran Bahasa Inggris untuk SMP Kelas VII oleh Nike Aditya dan Tenia Kurniawati (2020: 54), perkenalan diri harus memperhatikan beberapa hal, di antaranya:
ADVERTISEMENT
Dalam perkenalan diri, kalimat pembuka adalah hal yang pertama kali diucapkan. Kalimat pembuka berupa sapaan dapat menunjukkan sopan santun saat memperkenalkan diri.
Ilustrasi kalimat pembuka saat perkenalan diri. Foto: Unsplash

Kalimat Pembuka

Berikut contoh kalimat pembuka untuk memperkenalkan diri dalam bahasa Inggris:

Maksud dan Tujuan

Setelah kalimat pembuka, selanjutnya adalah mengutarakan maksud dan tujuan dalam memperkenalkan diri. Berikut contoh kalimat menyampaikan maksud dan tujuan untuk memperkenalkan diri dalam bahasa Inggris:
ADVERTISEMENT

Nama Lengkap atau Panggilan

Setelah itu, lanjutkan dengan menyebutkan nama lengkap atau nama panggilan. Berikut contoh kalimat menyebutkan nama saat perkenalan diri dalam bahasa Inggris:

Kalimat Lengkap

Selanjutnya adalah menyusun serangkaian kalimat tersebut menjadi sebuah perkenalan diri yang utuh. Berikut contoh perkenalan diri dengan beberapa kalimat yang sudah disebutkan sebelumnya:
Hi friends, let me introduce myself. My name is Tania Kurnia. You can call me Tania.
Artinya: Hai teman-teman, mari saya memperkenalkan diri. Nama saya adalah Tania Kurnia. Kalian bisa memanggil saya Tania.
ADVERTISEMENT
Berikut contoh perkenalan diri lainnya dalam bahasa Inggris:
Good morning. I would like to introduce myself. My full name is Christian Ronaldo. Most people call me Tian.
Artinya: Selamat pagi. Saya akan memperkenalkan diri. Nama lengkap saya adalah Christian Ronaldo. Kebanyakan orang memanggil saya Tian.
(SFR)