Cara Mengikuti Simulasi Tes SNBT 2024

Berita Hari Ini
Menyajikan informasi terkini, terbaru, dan terupdate mulai dari politik, bisnis, selebriti, lifestyle, dan masih banyak lagi.
Konten dari Pengguna
8 Januari 2024 11:08 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Hari Ini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi simulasi tes SNBT 2024. Foto: Unsplash.
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi simulasi tes SNBT 2024. Foto: Unsplash.
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Simulasi tes SNBT 2024 dapat digunakan siswa untuk mempersiapkan diri dalam mengikuti Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB). SNBT merupakan jalur masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) berdasarkan tes tulis.
ADVERTISEMENT
Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) diselenggarakan secara luring dengan berbasis komputer. SNBT akan dilakukan dalam dua gelombang mulai 30 April hingga 20 Mei 2024.
SNBT gelombang 1 dilaksanakan pada 30 April 2024 dan 2–7 Mei 2024, sedangkan SNBT gelombang 2 dilaksanakan pada 14–20 Mei 2024. Agar lolos seleksi, siswa perlu banyak berlatih soal dan melakukan pendalaman materi.
Selain itu, siswa juga bisa mengikuti simulasi tes SNBT 2024 yang disediakan oleh Balai Pengelolaan Pengujian Pendidikan (BPPP) Kemdikbud agar terbiasa dengan sistem tes yang akan dihadapi.

SNBT 2024

Ilustrasi simulasi tes SNBT 2024. Foto: Unsplash.
SNBT yang dahulu bernama Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) merupakan tes tertulis yang menguji kemampuan calon mahasiswa secara akademis.
Dikutip dari laman resmi SNPMB, materi tes SNBT terdiri dari tiga materi yakni Tes Potensi Skolastik (TPS), Literasi Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris, serta Penalaran Matematika.
ADVERTISEMENT
TPS bertujuan untuk mengukur kemampuan kognitif yang dianggap penting untuk keberhasilan peserta di perguruan tinggi. Soal-soal yang diujikan dalam TPS mencakup Kemampuan Penalaran Umum, Kemampuan Kuantitatif, Pengetahuan dan Pemahaman Umum, serta Kemampuan Memahami Bacaan dan Menulis.
Materi literasi Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris bertujuan untuk memahami, menggunakan, mengevaluasi, merefleksikan berbagai jenis teks untuk menyelesaikan masalah.
Sementara penalaran matematika dirancang untuk mengetahui kemampuan berpikir calon mahasiswa dalam menggunakan konsep, prosedur, fakta, dan alat matematika guna menyelesaikan masalah sehari-hari.
Jumlah soal SNBT 2024 berjumlah 145 soal dan harus diselesaikan dalam waktu 195 menit. Adapun model soal yang disajikan pada SNBT terdiri dari pilihan ganda, pilihan majemuk kompleks yang ditampilkan dalam bentuk tabel dan memuat dua pilihan jawaban, serta soal isian.
ADVERTISEMENT

Cara Ikut Simulasi Tes SNBT 2024

Ilustrasi simulasi tes SNBT 2024. Foto: Pexels.
Simulasi tes SNBT 2024 bisa diikuti oleh setiap siswa maupun alumni secara gratis. Soal uji coba dapat diakses melalui laman Tes BPPP Kemdikbud.
Berikut ini tata cara ikut simulasi tes SNBT 2024 yang diselenggarakan BPPP Kemdikbudristek.
ADVERTISEMENT
(GLW)