Ikan yang Bagus untuk MPASI dengan Kadar Merkuri Rendah

Berita Hari Ini
Menyajikan informasi terkini, terbaru, dan terupdate mulai dari politik, bisnis, selebriti, lifestyle, dan masih banyak lagi.
Konten dari Pengguna
4 April 2024 13:41 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Hari Ini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi anak yang diberi MPASI ikan.  Foto: BonNontawat/shutterstock
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi anak yang diberi MPASI ikan. Foto: BonNontawat/shutterstock
ADVERTISEMENT
Bayi yang sudah menginjak usia 6 bulan ke atas sudah diperbolehkan untuk mengonsumsi makanan solid termasuk ikan sebagai makanan pendamping ASI (MPASI). Ikan yang bagus untuk MPASI haruslah yang kaya nutrisi penting, seperti protein, zat besi, vitamin D, dan asam lemak omega-3.
ADVERTISEMENT
Perlu dicatat, orangtua tidak boleh memberikan ikan kepada si kecil dalam bentuk utuh. Ini karena bayi belum dapat mengunyah dengan benar seperti orang dewasa, sehingga tekstur ikan yang keras berpotensi membuat mereka tersedak apabila tidak dihaluskan terlebih dahulu.
Pemberian ikan pertama kali pada si kecil juga disarankan dalam porsi sedikit dan tidak didampingi dengan makanan lain. Tujuannya untuk melihat apakah bayi memiliki reaksi alergi pada ikan tersebut atau tidak. Jika muncul ruam pada kulit, kesulitan bernapas, muntah, hingga diare, artinya ikan itu tidak cocok untuk si kecil.

Ikan yang Bagus untuk MPASI

Ikan yang Bagus untuk MPASI. Foto: Anna Jurkovska/Shutterstock
Sebenarnya bayi sudah mendapatkan hampir semua nutrisi yang diperlukan melalui ASI. Namun, air susu tidak selalu bisa mencukupi kebutuhan vitamin D dan zat besi bayi. Oleh karena itu, dibutuhkan MPASI agar nutrisi si kecil senantiasa tercukupi.
ADVERTISEMENT
Mengutip laman Healthline, vitamin D dan zat besi kerap ditemukan pada ikan. Inilah mengapa penting untuk mengenalkan ikan kepada bayi usia 6 bulan ke atas agar pertumbuhan dan perkembangan tubuhnya berlangsung maksimal.
American Academy of Pediatrics merekomendasikan 1-2 porsi ikan setiap minggunya untuk bayi dan anak-anak. Ikan tersebut haruslah mengandung kadar merkuri yang rendah, agar tidak membuat bayi keracunan.
Berikut ini daftar ikan yang bagus untuk bayi menurut Environmental Protection Agency (EPA) karena kandungan merkurinya di bawah 0,23 gram:
ADVERTISEMENT

Ikan yang Tidak Direkomendasikan untuk Bayi

Ikan yang Tidak Direkomendasikan untuk Bayi. Foto: Getty Images
Ada beberapa jenis ikan yang kadar merkurinya cukup tinggi sehingga tidak disarankan untuk ibu hamil dan anak. Biasanya ikan yang ukurannya besar mengandung merkuri yang tinggi karena memangsa ikan yang lebih kecil. Jadi, mereka mengumpulkan merkuri dari ikan-ikan kecil itu.
Mengutip New Ways Nutrition, berikut ini daftar ikan dengan kadar merkuri lebih dari 24 gram yang tidak aman untuk ibu hamil dan bayi:
ADVERTISEMENT
(DEL)