Jenis Sepatu Pria Berdasarkan Fungsi dan Kegunaannya

Berita Hari Ini
Menyajikan informasi terkini, terbaru dan terupdate mulai dari politik, bisnis, selebriti, lifestyle dan masih banyak lagi.
Konten dari Pengguna
28 Mei 2023 11:54 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Hari Ini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi sepatu sneakers. Foto: everst/Shutterstock
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi sepatu sneakers. Foto: everst/Shutterstock
ADVERTISEMENT
Sepatu merupakan salah satu elemen penting dalam gaya berpakaian pria. Selain menjadi alas kaki yang fungsional, sepatu juga bisa digunakan sebagai aksesori fesyen yang mencerminkan gaya dan kepribadian seseorang.
ADVERTISEMENT
Sepatu berfungsi sebagai alas kaki (footwear) yang terdiri dari bagian sol, hak, kap, tali, dan lidah. Pengelompokkan jenis-jenisnya bisa ditentukan berdasarkan manfaat, tipe, dan kegunaannya.
Misalnya sepatu dansa digunakan untuk menari, sepatu resmi digunakan untuk bekerja, sepatu olahraga digunakan untuk berlari, dan lain-lain. Selain itu, jenis sepatu pria juga dikelompokkan lagi menjadi beberapa jenis seperti boot, docmart, sneakers, dan lain sebagainya.
Semua itu memiliki fungsi dan kegunaan yang berbeda. Agar lebih memahaminya, simaklah penjelasan tentang jenis sepatu pria selengkapnya dalam artikel berikut ini.

Jenis Sepatu Pria

Ilustrasi sepatu untuk mendaki gunung. Foto: HTWE/Shutterstock
Dirangkum dari situs Fashion Beans dan Man of Many, berikut ini beberapa jenis sepatu pria yang bisa digunakan untuk berbagai acara dan situasi:

1. Sepatu formal

Sepatu formal seperti Oxford atau Derbies biasa digunakan untuk acara resmi ataupun pekerjaan yang memerlukan penampilan rapi. Sepatu ini dibuat dari bahan kulit berkualitas tinggi yang memiliki desain klasik. Warna-warna yang digunakan biasanya bernuansa netral seperti hitam dan cokelat tua.
ADVERTISEMENT

2. Sepatu loafers

Jika Anda mencari sepatu yang kasual, maka sepatu loafers bisa menjadi pilihan yang sempurna. Loafers adalah sepatu tanpa tali pengikat yang nyaman dan mudah dipakai.
Jenis sepatu ini terbuat dari bahan kulit atau suede dan memiliki desain minimalis dan sederhana. Loafers cocok dipadukan dengan pakaian kasual seperti celana chino atau jeans.

3. Sepatu boots

Sepatu boots mampu menciptakan penampilan yang maskulin dan tangguh. Ada berbagai jenis boots yang dapat dipilih, seperti chukka boots, chelsea boots, atau work boots.
Jenis sepatu ini biasanya terbuat dari bahan kulit atau suede dengan sol yang tahan lama.Tidak hanya cocok digunakan saat musim dingin, boots juga bisa digunakan untuk beraktivitas di luar ruangan.
Ilustrasi mengikat tali sepatu saat joging. Foto: Fanny Kusumawardhani/kumparan
ADVERTISEMENT

4. Sepatu sneakers

Sneakers tidak hanya nyaman dipakai, tetapi juga memberikan tampilan yang kasual dan santai. Sepatu sneakers hadir dalam berbagai desain, warna, dan merek yang berbeda.
Pilihlah sneakers yang memiliki desain sesuai dengan gaya Anda. Sepatu ini dapat dipadukan dengan celana jeans, celana olahraga, chino untuk digunakan sehari-hari.

5. Sepatu docmart

Sepatu Doc Martens adalah salah satu jenis sepatu yang populer di kalangan pria. Sepatu ini dipopulerkan oleh Dr. Klaus Maertens pada tahun 1960-an.
Awalnya, sepatu docmart diluncurkan sebagai simbol pemberontakan, kenyamanan, dan gaya yang unik. Jenis sepatu ini dikenal dengan desainnya yang tangguh dan tahan lama, serta sol karet yang khas dengan jahitan kuning yang kontras.
ADVERTISEMENT
(MSD)