News
·
17 Oktober 2020 6:44

Keberagaman Ras Di Indonesia: Ciri dan Persebarannya

Konten ini diproduksi oleh Berita Hari Ini
Keberagaman Ras Di Indonesia: Ciri dan Persebarannya (147860)
Contoh Ras Melayu di Indonesia. Foto: Wikipedia
Selain memiliki wilayah yang luas, Indonesia juga kaya akan keberagaman budaya, agama, suku dan ras. Keberagaman ras biasanya dikenali lewat ciri-ciri fisik.
ADVERTISEMENT
Melansir dari Britannica, istilah ras sejatinya mengacu pada sekelompok orang yang memiliki kesamaan berupa ciri fisik yang tampaks, seperti warna kulit, bentuk mata, tekstur rambut, dan ciri wajah.
Umumnya, ras manusia dapat dikategorikan menjadi beberapa jenis, yaitu ras Negroid, Mongoloid, Kaukasoid, Australoid, dan Khoisan. Sementara itu, ras Indonesia terdiri dari empat jenis, salah satunya adalah Malayan-Mongoloid.
Berikut adalah ciri dan persebaran keberagaman ras di Indonesia.
Keberagaman Ras Di Indonesia: Ciri dan Persebarannya (147861)
Ras Melanosoid (Foto: Dok. Istimewa)

Malayan-Mongoloid

Ras Malayan-Mongoloid dapat dikenali dengan beberapa ciri seperti kulit sawo matang, muka yang bulat, dan bertubuh sedang atau tidak terlalu tinggi.
Ras ini terbagi menjadi dua, yaitu Proto Melayu dan Deutro Melayu. Jenis ras ini tersebar di berbagai wilayah Indonesia, mulai dari Sumatra, Jawa, Bali, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan hingga Sulawesi.
ADVERTISEMENT

Melanosoid

Ras Melanesoid kebanyakan tersebar di wilayah Papua, Maluku, dan Nusa Tenggara Timur. Ras ini identik dengan karakteristik kulit hitam, muka oval, dan badan yang tinggi.

Kaukasoid

Ras Kaukasoid memiliki ciri seperti kulit putih atau kuning, badan tinggi, dan wajah berbentuk hati atau oval. Ras ini umumnya adalah orang-orang India, Timur Tengah, Australia, Eropa, dan Amerika yang datang ke Indonesia.

Asiatic Mongoloid

Ras Asiatic Mongoloid adalah keturunan Tionghoa, Korea, dan Jepang yang tersebar di Indonesia. Ras ini biasanya memiliki kulit kuning langsat, bentuk wajah oval, dan tubuh yang tidak terlalu tinggi.
(GTT)
sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white