Tentang KamiPedoman Media SiberKetentuan & Kebijakan PrivasiPanduan KomunitasPeringkat PenulisCara Menulis di kumparanInformasi Kerja SamaBantuanIklanKarir
2025 © PT Dynamo Media Network
Version 1.94.1
Konten dari Pengguna
Konsep BAGJA dalam Program Pendidikan Guru Penggerak (PGP) dan Penerapannya
3 Mei 2024 15:30 WIB
·
waktu baca 4 menitTulisan dari Berita Hari Ini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
ADVERTISEMENT
BAGJA adalah adaptasi dari konsep atau kerangka berpikir inkuiri apresiatif yang digunakan dalam manajemen perubahan. Konsep tersebut mulai diadaptasi pada program Kemdikbud bertajuk Pendidikan Guru Penggerak (PGP).
ADVERTISEMENT
Dikutip dari laman SIMPKB, BAGJA adalah singkatan dari Buat pertanyaan (devine), Ambil pelajaran (discover), Gali mimpi (dream), Jabarkan rencana (design), dan Atur eksekusi (deliver). Kelima aspek tersebut sangat dibutuhkan dalam proses pembelajaran .
Tidak hanya guru, konsep BAGJA juga harus dipahami murid, orang tua, pemangku kepentingan, dan unsur masyarakat. Dengan begitu, proses pembelajaran dapat berjalan selaras dengan nilai-nilai yang diinginkan oleh semua pihak.
Konsep BAGJA memungkinkan munculnya kolaborasi yang kompak antar semua elemen. Tentunya, kolaborasi tersebut berangkat dari kekuatan aset yang dimiliki agar output yang dihasilkan lebih kontekstual.
Konsep BAGJA dan Contoh Penerapannya
Konsep BAGJA yang diterapkan pada PGP bisa disusun berdasarkan prakarsa perubahannya. Masing-masing aspek bisa diwakili oleh pertanyaan dan tindakan/penyelidikan tertentu.
ADVERTISEMENT
Guru dapat merefleksikan apa saja yang dibutuhkannya dalam proses pembelajaran melalui metode BAGJA. Berikut contoh pertanyaan dan tindakannya yang bisa Anda pelajari.
BAGJA dengan Prakarsa Perubahan “Mengembangkan pembelajaran yang dapat meningkatkan kreativitas anak”
B-uat pertanyaan utama (define)
1. Perintah
2. Pertanyaan
3. Tindakan
A-mbil pelajaran (discover)
1. Perintah
ADVERTISEMENT
2. Pertanyaan
3. Tindakan
G-ali mimpi (dream)
1. Perintah
ADVERTISEMENT
2. Pertanyaan
3. Tindakan
J-abarkan rencana (design)
1. Perintah
ADVERTISEMENT
2. Pertanyaan
3. Tindakan
A-tur eksekusi (deliver)
1. Perintah
2. Pertanyaan
3. Tindakan
ADVERTISEMENT
(MSD)