Kuliah D3 Berapa Tahun? Apa perbedaannya dengan D4 dan S1?

Berita Hari Ini
Menyajikan informasi terkini, terbaru, dan terupdate mulai dari politik, bisnis, selebriti, lifestyle, dan masih banyak lagi.
Konten dari Pengguna
23 Maret 2023 18:03 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Hari Ini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Mahasiswa, D3 berapa tahun, foto: Pixabay
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Mahasiswa, D3 berapa tahun, foto: Pixabay
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
D3, D4, dan S1 adalah jenjang pendidikan setelah lulus SMA atau SMK, perbedaaan dari ketiga jenjang pendidikan ini tampak dari lamanya masa studi yang diambil. Lalu untuk kuliah S1, D4, dan D3 berapa tahun maksimal studi yang diambil?
ADVERTISEMENT
Selain itu, ketiga jenjang pendidikan di atas juga memiliki perbedaan dalam tingkat kedalaman dan keluasan materi pembelajaran. Oleh karena itu, bagi siswa SMA atau SMK yang akan melanjutkan pendidikan tinggi harus mengetahui terlebih dahulu mengenai perbedaan dari ketiga jenjang di atas.

Kuliah S1, D4, dan D3 Berapa Tahun?

Ilustrasi, D3 berapa tahun, foto: pixabay
Untuk membahas mengenai masa studi S1, D4, dan D3 berapa tahun akan mengacu pada Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2020 Tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi.
Pada peraturan tersebut disebutkan bahwa masa studi maksimal jenjang S1 dan D4 adalah 7 tahun dengan beban belajar mahasiswa paling sedikit sebanyak 144 Satuan Kredit Semester (SKS). Kemudian, untuk jenjang D3 maksimal masa studi yang dapat diambil adalah 5 tahun dengan beban belajar mahasiswa paling sedikit 108 SKS.
ADVERTISEMENT

Perbedaan Gelar S1, D4, dan D3

Setiap jenjang pendidikan memiliki gelar yang berbeda. Bagi lulusan S1 akan mendapatkan gelar Sarjana (S), kemudian untuk lulusan D4 akan mendapatkan gelar Sarjana Terapan (STr), lalu untuk lulusan D3 akan mendapatkan gelar Ahli Madya (AMd).

Perbedaan Sistem Pembelajaran

Pada sistem pembelajaran D4 dan S1 mahasiswa akan lebih banyak dikenalkan pada teori. Sehingga diharapkan lulusan program D4 dan S1 dapat menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan dan keterampilan tertentu secara mendalam.
Kemudian untuk jenjang pendidikan D3 sistem pembelajaran mahasiswa akan lebih banyak dikenalkan kepada praktik dibandingkan dengan teori. Hal ini bertujuan agar lulusan D3 dapat langsung terjun pada dunia profesi.
ADVERTISEMENT

Peluang Kerja S1, D4, dan D3

Mengutip dari buku 101 Jurus Sukses Mendapat Kerja karya Koes Haryanto peluang kerja untuk lulusan S1, D4, dan D3 sama-sama besar. Penyedia lapangan pekerjaan masih membutuhkan pekerja yang memiliki latar belakang S1, D4, dan D3. Hal ini dikarenakan masing-masing jenjang memiliki keahlian yang berbeda.
(PHR)