Nabi yang Menerima Kitab dan Suhuf, Ini Jawabannya

Berita Hari Ini
Menyajikan informasi terkini, terbaru dan terupdate mulai dari politik, bisnis, selebriti, lifestyle dan masih banyak lagi.
Konten dari Pengguna
29 November 2023 15:00 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Hari Ini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Nabi yang menerima kitab dan suhuf adalah salah satu pengetahuan yang perlu diketahui oleh umat Islam. Foto: Pexels.com
zoom-in-whitePerbesar
Nabi yang menerima kitab dan suhuf adalah salah satu pengetahuan yang perlu diketahui oleh umat Islam. Foto: Pexels.com
ADVERTISEMENT
Nabi yang menerima kitab dan suhuf adalah salah satu pengetahuan yang dipelajari saat memahami materi kitab-kitab umat Islam.
ADVERTISEMENT
Berdasarkan sejarah umat Islam, ada berbagai kitab yang diwahyukan kepada nabi dan rasul. Kitab ini adalh petunjuk yang digunakan untuk membimbing manusia ke jalan yang benar.
Selain itu, beberapa nabi dan rasul juga menerima suhuf. Suhuf sendiri merupakan wahyu Allah yang disampaikan dalam bentuk lembaran terpisah dan tidak dibukukan.
Di antara banyaknya nabi dan rasul, ada seorang nabi yang tidak hanya menerima kitab, tetapi juga suhuf. Jadi, nabi yang mendapatkan kitab dan suhuf adalah sebagai berikut.

Apa itu Kitab dan Suhuf?

Kitab dan suhuf adalah ajaran Islam untuk merujuk kepada wahyu. Foto: Unsplash/GR Stocks
Kitab dan suhuf merupakan istilah yang digunakan dalam ajaran Islam untuk merujuk kepada wahyu yang diterima oleh para nabi dan rasul.
Menurut ajaran Islam, kitab adalah kumpulan wahyu Allah yang disampaikan oleh para rasul untuk diajarkan kepada manusia sebagai petunjuk dan pedoman hidup.
ADVERTISEMENT
Di samping itu, menurut Muhammad Asroruddin Al Jumhuri dalam buku Belajar Aqidah Akhlak, suhuf adalah firman Allah kepada nabi dan rasul yang masih berupa lembaran atau berupa tulisan-tulisan yang tercecer di atas daun atau pelepah kurma atau masih tertulis di atas kulit unta.
Berdasarkan penjelasan ini, dapat disimpulkan bahwa kitab adalah wahyu Allah yang dibukukan, sedangkan suhuf hanya berupa lembaran.
Kumpulan suhuf itulah yang dinamakan kitab, sehingga kitab bentuknya lebih besar dari suhuf. Maka dari itu, banyak yang menganggap bahwa suhuf sendiri sama artinya dengan kitab.

Perbedaan Kitab dan Suhuf

Meskipun keduanya merupakan wahyu yang diturunkan oleh Allah SWT, terdapat beberapa perbedaan antara kitab dan suhuf. Foto: Pexels.com
Meskipun keduanya merupakan wahyu yang diturunkan oleh Allah SWT, terdapat beberapa perbedaan antara kitab dan suhuf, yakni:
ADVERTISEMENT
Dengan demikian, kitab dan suhuf memiliki perbedaan dalam wujud, isi, fungsi, dan kelengkapan, namun keduanya merupakan wahyu yang diturunkan oleh Allah SWT kepada para nabi dan rasul sebagai pedoman hidup manusia.

Nabi yang Menerima Kitab dan Suhuf adalah

Ada beberapa nabi yang menerima kitab dan suhuf. Foto: Unsplash/GR Stocks
Mengutip dari buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti untuk SMP/MTs Kelas VIII oleh Tim Ganesha Operation, ada beberapa nabi yang menerima kitab ataupun suhuf.
ADVERTISEMENT
Dalam sejarah Islam, disebutkan bahwa nabi yang menerima kitab adalah Nabi Daud AS (Zabur), Nabi Musa (Taurat), Nabi Isa AS (Injil), dan Nabi Muhammad SAW (Al-Quran).
Selain itu, terdapat pula beberapa nabi dan rasul yang menerima suhuf, yakni Nabi Adam AS (10 suhuf), Nabi Idris AS (30 suhuf), Nabi Ibrahim AS (10 suhuf), dan Nabi Musa AS (10 suhuf).
Berdasarkan penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa nabi yang menerima kitab dan rasul adalah Nabi Musa AS. Nabi Musa AS menerima kitab Taurat dan suhuf sebanyak 10 suhuf.
(SAI)