Konten dari Pengguna

Pengertian Comfort Food dan Contohnya

Berita Hari Ini
Menyajikan informasi terkini, terbaru, dan terupdate mulai dari politik, bisnis, selebriti, lifestyle, dan masih banyak lagi.
18 Oktober 2023 9:12 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Hari Ini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi comfort food. Foto: Unsplash.
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi comfort food. Foto: Unsplash.
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Sebagian orang mungkin sudah tidak asing lagi dengan istilh comfort food. Comfort food adalah jenis makanan yang sering dicari saat bepergian jauh dari rumah.
ADVERTISEMENT
Secara bahasa, comfort food dapat diartikan sebagai makanan yang menenangkan. Bagi banyak orang, istilah ‘makanan yang menenangkan’ mengacu pada masakan rumah yang rasanya familiar.
Untuk mengetahui arti comfort food secara lebih mendalam, simak ulasan berikut.

Pengertian Comfort Food

Ilustrasi comfort food. Foto: Unsplash.
Istilah comfort food pertama kali digunakan dalam sebuah artikel di Palm Beach Post pada 1966. Palm Beach menggambarkan comfort food sebagai makanan yang memberikan kenyamanan psikologis kepada seseorang. Atau dalam arti lain, makanan yang membangkitkan kesenangan dan menjadi pelipur lara saat sedih.
Dikutip dari Jurnal Internasional Gastronomi dan Ilmu Pangan, berdasarkan survei yang dilakukan di Illionis, Amerika Serikat, comfort food dikonsumsi ketika seseorang sedang dalam suasana hati yang gembira (86%) atau ketika mereka ingin memberi penghargaan pada diri sendiri (74%). Hanya 39% dari mereka memilih untuk mengonsumsi comfort food saat sedang sedih atau merasa kesepian.
ADVERTISEMENT
Di berbagai negara, comfort food juga bisa diartikan sebagai makanan yang membawa nostalgia dari masa kecil. Misalnya, sup ayam yang dibuatkan ibu saat flu atau cokelat kukis buatan nenek.
Karena sifatnya yang personal, comfort food sangat bervariasi tergantung budaya dan darimana seseorang berasal. Namun umumnya makanan ini identik dengan makanan berkalori tinggi atau makanan yang mengandung banyak gula, seperti permen kapas, es krim, pai apel, hingga pizza.

Comfort Food di Indonesia

Ilustrasi comfort food. Foto: Unsplash.
Setiap orang memiliki hidangan tertentu yang selalu diidamkan saat mereka berada dalam kondisi-kondisi tertentu. Adapun jenis makanan yang diidamkan berbeda-beda tergantung pengalaman, negara asal, dan budaya.
Comfort food orang Indonesia biasanya berupa makanan yang digoreng atau berkuah pedas. Berikut beberapa contoh comfort food di Indonesia.
ADVERTISEMENT

1. Mie dan nasi

Mie dan nasi menjadi sumber karbohidrat yang paling disukai orang Indonesia. Berbagai olahan nasi dan mie, seperti nasi goreng, mi goreng, mi ayam, nasi uduk, atau nasi kuning menjadi makanan yang selalu dicari saat jauh dari tanah air.

2. Bakso

Makanan berkuah ini juga akan langsung terlintas di kepala jika seseorang mendengar kata comfort food. Bakso adalah makanan yang disukai banyak orang karena rasanya yang kenyal serta kuah yang gurih. Makanan ini juga bisa dimakan di segala situasi, seperti acara pernikahan, ulang tahun, hingga perayaan kelulusan.

3. Soto

Selain bakso, makanan berkuah lain yang juga menjadi comfort food orang Indonesia adalah soto. Soto ada bermacam-macam jenisnya, mulai dari Soto Betawi yang menggunakan kuah santan dan daging sapi hingga Soto Lamongan yang berbahan dasar ayam dan berkuah bening.
ADVERTISEMENT
(GLW)