Konten dari Pengguna

Pengertian Green Vehicle atau Kendaraan Ramah Lingkungan beserta Jenis-jenisnya

Berita Hari Ini
Menyajikan informasi terkini, terbaru, dan terupdate mulai dari politik, bisnis, selebriti, lifestyle, dan masih banyak lagi.
8 Juli 2024 15:00 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Hari Ini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi baterai kendaraan listrik. Foto: Shutterstock
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi baterai kendaraan listrik. Foto: Shutterstock
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Penggunaan green vehicle atau kendaraan ramah lingkungan semakin digencarkan untuk mencegah pemanasan global. Salah satu cara pemerintah Indonesia adalah mempercepat program kendaraan listrik melalui Perpres No. 55 Tahun 2019.
ADVERTISEMENT
Program tersebut selaras dengan peraturan yang disahkan oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Mereka telah memberlakukan pembatasan emisi gas buang kendaraan bermotor di seluruh negara aggotanya.
Sebagaimana dijelaskan dalam buku Green Techology Innovation susunan Hotnida Nainggolan, dkk., para peneliti telah membuktikan bahwa gas buang transportasi merupakan penyebab utama polusi udara perkotaan. Alhasil, bisnis di industri otomotif dan sejumlah instansi pun semakin berlomba-lomba untuk mengembangkan kendaraan yang ramah lingkungan.
Mobil hybrid dan mobil listrik menjadi contoh nyata dari penerapan regulasi tersebut. Kira-kira, apa saja jenis green vehicle lainnya yang umum digunakan saat ini? Yuk, simak contohnya dalam artikel berikut ini

Contoh Green Vehicle yang Ramah Lingkungan

Ilustrasi pengisian daya pada mobil listrik. Foto: Owlie Productions/Shutterstock
Pengguaan green vehicle memang terbukti efektif megurangi dampak emisi karbon. Sebab, kendaraan tersebut tidak melepaskan gas buang CO2 secara langsung ke lapisan atmosfer.
ADVERTISEMENT
Atas dasar tersebut, pemerintah Indonesia pun menerbitkan Perpres No. 61 Tahun 2011 tentang Rencana Aksi Nasional Penurunan Emisi Gas Rumah Kaca dalam bidang energi dan transportasi. Program subsidi kendaraan listrik pun digencarkan untuk meningkatkan minat masyarakat terhadap kendaraan ramah lingkungan.
Hingga kini, sudah banyak kendaraan listrik yang umum digunakan, yaitu Hybrid Electric Vehicle (HEV), Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV), Battery Electric Vehicle (BEV), Fuel Cell Electric Vehicle (FCEV), dan Electric Bus and Truck.
Tidak hanya kendaraan listrik, ada juga jenis green vehicle lain yang bisa dijadikan sebagai alternatif pengurangan emisi karbon. Dirangkum dari buku Green Technology: Panduan Teknologi Ramah Lingkungan karya Gede Surya Mahendra, dkk., berikut daftar lengkapnya:
Ilustrasi motor listrik Suzuki e-Burgman. Foto: Greatbiker

1. Kendaraan berbahan bakar alternatif

Ada banyak bahan bakar alternatif yang bisa digunakan untuk kendaraan ramah lingkungan, yakni:
ADVERTISEMENT
PT PGN Tbk menampilkan produk GasKu yakni bahan bakar gas (BBG) untuk kendaraan yang ramah lingkungan dalam gelaran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024, Kamis (15/2/2024). Foto: PGN

2. Kendaraan Otonom (autonomous vehicle)

Kendaraan otonom adalah kendaraan yang mampu beroperasi secara mandiri tanpa campur tangan manusia secara manual. Jadi, kendaraan tersebut dapat bergerak munuju tujuan yang telah ditentukan.
ADVERTISEMENT
Saat beroperasi, kendaraan ini mampu mendeteksi kondisi lingkungan dan pergerakan objek di sekitarnya. Bahkan, kendaraan ini juga mampu membuat jalur sendiri ke tujuannya dan menghindari setiap rintangan statis atau dinamis yang ada di sekitar.
(MSD)