Pengertian Karya Tulis Ilmiah Lengkap dengan Manfaat dan Jenis-jenisnya

Berita Hari Ini
Menyajikan informasi terkini, terbaru dan terupdate mulai dari politik, bisnis, selebriti, lifestyle dan masih banyak lagi.
Konten dari Pengguna
18 Februari 2021 13:18 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Hari Ini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi karya tulis ilmiah. Foto: Pixabay
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi karya tulis ilmiah. Foto: Pixabay
ADVERTISEMENT
Pelajar atau mahasiswa pasti sudah tidak asing lagi dengan karya tulis ilmiah. Karya tulis ilmiah atau yang biasa disingkat dengan KTI memang identik dengan kegiatan pembelajaran di sekolah hingga tingkat universitas khususnya mahasiswa tingkat akhir. Mereka diharuskan untuk menyusun karya tulis ilmiah sebagai syarat mencapai gelar sarjana.
ADVERTISEMENT
Karya tulis ilmiah adalah karya tulis yang disajikan secara ilmiah. Karakteristik keilmiahan sebuah karya tulis terdapat pada isi, penyajian, dan bahasa yang digunakan. Isi karya tulis ilmiah bersifat keilmuan, rasional, objektif, dan tidak memihak serta spesifik pada sebuah topik secara mendalam.
Karya tulis ilmiah tidak boleh ditulis dengan asal-asalan sebab penulis harus mempertanggungjawabkan kebenaran isinya. Penulis harus memerhatikan setiap hal mulai dari susunan hingga bahasa yang digunakan agar tidak menimbulkan kesalahpahaman.
Lalu, apa manfaat karya tulis ilmiah? Simak ulasan lengkapnya di bawah ini berikut dengan jenis-jenis karya tulis ilmiah.

Fungsi Karya Tulis Ilmiah

Dikutip dari Modul 1 Hakikat dan Karakteristik Karya Ilmiah oleh Prof. Dr. I G. A. K. Wardani, M.Sc.Ed., karya tulis ilmiah memiliki beberapa fungsi, yaitu:
ADVERTISEMENT

Jenis-Jenis Karya Tulis Ilmiah

Ilustrasi makalah sebagai salah satu jenis karya tulis ilmiah. Foto: Pixabay
Berdasarkan Buku Ajar Karya tulis Ilmiah dan Bahasa Indonesia karangan Sarmadan dan La Alu (2015: 178), karya tulis ilmiah terbagi menjadi beberapa jenis, di antaranya:
ADVERTISEMENT
(ADS)