Pengertian Mahar dalam Islam Lengkap dengan Jenis dan Hukumnya

Menyajikan informasi terkini, terbaru dan terupdate mulai dari politik, bisnis, selebriti, lifestyle dan masih banyak lagi.
Konten dari Pengguna
1 September 2021 12:16
·
waktu baca 3 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Berita Hari Ini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi mahar pernikahan.  Foto: Instagram/@aurelie.hermansyah
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi mahar pernikahan. Foto: Instagram/@aurelie.hermansyah
ADVERTISEMENT
Dalam Islam, pernikahan merupakan ibadah yang mulia dan suci. Ketentuannya harus dipenuhi oleh kedua mempelai agar menjadi sah dan bernilai pahala di sisi Allah SWT.
ADVERTISEMENT
Para ulama setidaknya menetapkan tiga unsur hukum dalam suatu pernikahan, salah satunya adalah wajib nikah. Jika tidak ditunaikan pernikahannya tetap sah, namun bisa mendatangkan dosa. Yang termasuk wajib nikah adalah pemberian mahar oleh laki-laki kepada perempuan.
Mengutip buku Serial Hadist Nikah 4 Mahar oleh Firman Arifandi, mahar adalah harta yang diberikan oleh suami kepada istri sebagai imbalan dan penghargaan atas kesediaannya untuk dihalalkan dan dinikahi. Agar lebih memahaminya, berikut penjelasan tentang mahar dalam Islam lengkap dengan jenis dan hukumnya.

Mahar dalam Islam

Secara bahasa, mahar berasal dari kata al-mahru yang artinya pemberian untuk seorang wanita karena suatu akad. Dalam ilmu fiqih, isitilah mahar memiliki makna yang lebih luas, yaitu pemberian yang menjadi sebab terjadinya hubungan seksual atau hilangnya keperawanan seorang perempuan dalam perkawinan.
Ilustrasi mahar.  Foto: Daniel Leal-Olivas / AFP
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi mahar. Foto: Daniel Leal-Olivas / AFP
Mengutip buku Fiqih Mahar karya Isnan Ansory, hukum pemberian mahar adalah wajib, sebagaimana sabda Rasulullah dalam hadist berikut yang artinya:
ADVERTISEMENT
Dari Aisyah radhiyallahu 'anha Rasulullah SAW bersabda: "Wanita manapun yang menikah tanpa seizin walinya maka nikahnya adalah batal, nikahnya adalah batal, nikahnya adalah batal. Jika dia telah digauli maka dia berhak mendapatkan mahar, karena suami telah menghalalkan kemaluannya. Jika terjadi pertengkaran di antara mereka, maka penguasalah yang menjadi wali atas orang yang tidak punya wali." (HR. Tirmizi)
Bentuk mahar sangat beragam, bisa berupa uang tunai, perhiasan emas, seperangkat alat sholat, kitab suci Alquran, rumah, sawah, kebun dan lain-lain. Semuanya disesuaikan dengan kesanggupan dari pihak laki-laki dan keridhoan dari pihak perempuan.
Ilustrasi pernikahan. Foto: thinkstock
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi pernikahan. Foto: thinkstock
Mengutip buku Hukum Keluarga Islam di Indonesia oleh Dr. Mardani, mahar dapat dibedakan menjadi beberapa jenis bergantung pada kualifikasi dan klasifikasinya. Dari sisi kualifikasi, mahar dibagi menjadi dua yaitu:
ADVERTISEMENT
  1. Mahar yang berasal dari benda-benda yang konkret seperti dinar, dirham atau emas.
  2. Mahar dalam bentuk atau jasa seperti mengajarkan membaca Al- Qur'an, bernyanyi, dan sebagainya.
Kemudian jika dilihat dari segi klasifikasi, mahar dapat dibagi menjadi dua yaitu:
  1. Mahar musamma, yaitu mahar yang besarnya disepakati kedua belah pihak dan dibayarkan secara tunai atau ditangguhkan atas persetujuan calon istri.
  2. Mahar mitsil, yaitu mahar yang jumlahnya tidak disebutkan secara eksplisit pada waktu akad. Biasanya mahar jenis ini mengikut kepada mahar yang pernah diberikan kepada keluarga istri seperti adik atau kakaknya yang telah terlebih dahulu menikah.
Dalam hukum Islam tidak ditetapkan jumlah mahar tetapi di- dasarkan kepada kemampuan masing-masing orang atau berdasar- kan pada keadaan atau tradisi keluarga. Dengan ketentuan bahwa jumlah mahar merupakan kesepakatan kedua belah pihak yang akan melakukan akad nikah. Dalam syariat Islam hanya ditetapkan bahwa maskawin harus berbentuk dan bermanfaat, tanpa melihat jumlahnya.
ADVERTISEMENT
(MSD)
Apa yang dimaksud dengan mahar?
chevron-down
Apa hukum mahar dalam Islam?
chevron-down
Apa yang dimaksud dengan mahar musamma?
chevron-down
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Galaxy Z Fold4 I Z Flip4 5G