Perbedaan Horoskop dan Zodiak beserta Karakteristiknya Masing-Masing

Berita Hari Ini
Menyajikan informasi terkini, terbaru, dan terupdate mulai dari politik, bisnis, selebriti, lifestyle, dan masih banyak lagi.
Konten dari Pengguna
22 November 2022 14:00 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Hari Ini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Zodiak. Foto: Shutter Stock
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Zodiak. Foto: Shutter Stock
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Beberapa orang kerap sulit memahami perbedaan horoskop dan zodiak. Keduanya sering dianggap sama, namun nyatanya memiliki arti yang berbeda.
ADVERTISEMENT
Mengutip buku Zodiak Anda Menurut Astrologi Arab susunan Irwan Winardi, horoskop adalah sebuah peta langit yang berisi bagan kelahiran seseorang. Sedangkan zodiak adalah lingkaran khayal di cakrawala yang terbagi menjadi 12 tanda perbintangan.
Diagram horoskop biasanya menginformasikan letak matahari, bulan, dan planet-planet yang dilihat pada waktu dan tempat tertentu. Tidak ada seorang pun yang memiliki bagan kelahiran atau horoskop yang sama persis. Namun, ia mungkin memiliki zodiak dan elemen yang mirip.
Di dalam horoskop, terdapat 12 gugus bintang yang dikenal dengan istilah zodiak. Agar lebih memahaminya, berikut penjelasan tentang perbedaan horoskop dan zodiak selengkapnya untuk Anda.

Perbedaan Horoskop dan Zodiak

Perbedaan horoskop dan zodiak bisa diketahui melalui definisi kedua istilah tersebut. Horoskop merupakan alat prediksi astrologi yang digunakan oleh para astrolog di seluruh dunia.
Ilustrasi Zodiak. Foto: Getty Images
Horoskop dianggap sebagai ilmu semu karena tidak ada teori substansial atau latar belakang yang kuat untuk mendukung subjek tersebut. Para astrolog mendefinisikan horoskop sebagai peta langit yang melambangkan keselarasan benda-benda planet.
ADVERTISEMENT
Mengutip situs Difference Between, horoskop dapat menggambarkan keselarasan matahari, bulan, bintang, planet, dan lain-lain. Di dalamnya terdapat pembahasan khusus mengenai 12 zodiak beserta elemen-elemennya.
Horoskop dan zodiak tidak bisa disamakan, namun keduanya saling melengkapi. Kedua alat prediksi ini dapat mengetahui karakter, sifat, nasib, kisah percintaan, serta kesuksesan yang akan dialami oleh seseorang.
Dirangkum dari buku Horoskop Tahun 2011 karangan Andra R. Muluk (2010), berikut karakteristik 12 zodiak selengkapnya yang menarik untuk Anda simak:
Ilustrasi zodiak Foto: AFP/Indranil Mukherjee
ADVERTISEMENT
(MSD)