Ragam Kerajinan dari Cangkang Telur dan Cara Membuatnya

Menyajikan informasi terkini, terbaru dan terupdate mulai dari politik, bisnis, selebriti, lifestyle dan masih banyak lagi.
Konten dari Pengguna
23 November 2021 13:00
·
waktu baca 3 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Berita Hari Ini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ragam Kerajinan dari Cangkang Telur dan Cara Membuatnya (139311)
zoom-in-whitePerbesar
Telur. Foto: Freepik
ADVERTISEMENT
Cangkang telur merupakan limbah organik yang bisa terurai dengan sendirinya oleh bakteri tanah. Namun, tidak ada salahnya apabila cangkang telur juga dimanfaatkan sebagai bahan baku kerajinan.
ADVERTISEMENT
Selain bahannya mudah ditemukan, proses pembuatan kerajinan dari cangkang telur juga tergolong cukup sederhana seperti yang dikatakan oleh Guru Seni Budaya dan Prakarya Eva Dewi dalam situs Kementerian Agama Kalimantan Selatan.
“Pemanfaatan kulit telur adalah bahan yang mudah didapatkan dalam keseharian dan banyak ditemui di sekitar lingkungan siswa, siswa hanya perlu membuat sketsa gambar yang diinginkannya untuk kemudian pada sketsa tersebut ditempel kulit telur,” jelasnya.
Kepala MIN 15 HSU Siti Lamsinah, S.Ag, M.Pd.I juga mengatakan bahwa pemanfaatan limbah cangkang telur ini termasuk kreatifitas yang baik. Sebab, selain dapat mengurangi sampah, cangkang telur juga mempunyai nilai seni yang tinggi.
“Kulit telur dapat dibuat kreatifitas tinggi, siswa secara sederhana sudah mampu menghasilkan berbagai bentuk hiasan cantik dengan memanfaatkan limbah dari kulit telur, semoga siswa semakin terinspirasi untuk memanfaatkan limbah yang dianggap sampah menjadi kerajinan yang berguna dan bernilai tinggi,” harapnya.
ADVERTISEMENT
Lalu, apa saja kerajinan dari cangkang telur yang bernilai seni? Simak selengkapnya di bawah ini.

Kerajinan dari Kulit Telur

Ragam Kerajinan dari Cangkang Telur dan Cara Membuatnya (139312)
zoom-in-whitePerbesar
Telur. Foto: Freepik
Menukil dari buku Pahlawan Ekonomi Kreatif karya Yohanes Agatha Engel dan Heru Susanto, berikut adalah beberapa ragam kerajinan dari cangkang telur yang dapat Anda buat di rumah.
1. Kaligrafi
Siapa sangka, cangkang telur yang sudah menjadi sampah ternyata bisa dimanfaatkan sebagai media kaligrafi yang indah dan unik. Pembuatannya pun tidak terlalu sulit. Pertama, hancurkan terlebih dahulu cangkang telur yang sudah menjadi limbah.
Setelah itu, buat konsep kaligrafi yang Anda inginkan di atas kanvas. Lalu lukis kaligrafi dengan cat air. Jika sudah, tempelkan cangkang telur yang sudah dihancurkan tadi dengan lem kayu sesuai dengan kaligrafi yang Anda buat.
ADVERTISEMENT
2. Vas Bunga
Kerajinan dari cangkang telur selanjutnya adalah vas bunga. Namun, vas bunga yang dapat dibuat dari cangkang telur hanya memiliki ukuran sebesar telur tersebut. Jadi, vas bunga yang dihasilkan adalah vas bentuk mini.
Cara membuatnya adalah dengan menyiapkan alat dan bahan yang digunakan untuk membuat vas bunga terlebih dahulu, yaitu: gunting, lem, pulpen, cangkang telur, pipa, tanah, dan bunga plastik.
Selanjutnya, potong pipa dengan gunting menjadi seperti cincin. Untuk diamter pipa sendiri, usahakan tidak lebih besar dari cangkang telur. Lalu, rekatkan pipa yang sudah dipotong tadi pada ujung bagian bawah telur. Pipa ini berfungsi sebagai dudukan atau tumpuan.
Kemudian, isi bagian dalam cangkang telur dengan tanah. Terakhir, tancapkan batang bunga plastik pada tanah di dalam cangkang telur dan tata sesuai selera.
ADVERTISEMENT
3. Bola Lampu
Kerajinan ini membutuhkan cangkang telur yang masih utuh, tapi isi telur sudah dikeluarkan terlebih dahulu. Jadi, Anda perlu mengeluarkan isi telur tanpa merusak cangkangnya.
Pertama, rendam telur dalam air cuka untuk membuat cangkang telur menjadi lunak. Selanjutnya tusuk telur dengan jarum kemudian keluarkan isinya. Setelah itu, diamkan cangkang telur sampai kembali mengeras.
Apabila sudah terkumpul banyak cangkang telur kosong, susunlah dalam rangkaian tertentu agar menghasilkan bentuk yang bagus.
4. Bingkai Foto
Anda bisa memanfaatkan cangkang telur untuk menghias bingkai foto di rumah agar terlihat lebih menarik dan tidak monoton. Dalam pembuatannya, Anda harus menghancurkan cangkang telur terlebih dahulu.
Setelah itu, tempelkan cangkang telur dengan lem kayu ke sekeliling bingkai. Terakhir, warnai cangkang telur dengan cat air sesuai selera Anda.
ADVERTISEMENT
5. Boneka
Untuk membuat boneka dari cangkang telur, Anda harus mempunyai kemampuan melukis yang baik. Bahan yang diperlukan pun hanya cangkang telur serta alat lukis saja. Jika sudah menyiapkan bahan, Anda bisa langsung membuat berbagai bentuk karakter boneka semenarik dan sekreatif mungkin.
(NDA)