kumparan
search-gray
News20 Juni 2020 8:34

Sejarah 7 Kerajaan Islam di Indonesia Lengkap dengan Peninggalannya

Konten kiriman user
Sejarah 7 Kerajaan Islam di Indonesia Lengkap dengan Peninggalannya (74027)
Sejarah 7 Kerajaan Islam di Indonesia Lengkap dengan Peninggalannya Foto: Shutter Stock
Kerajaan Islam merupakan salah satu jejak sejarah yang membentuk kebudayaan Indonesia. Menjadi era kerajaan terakhir setelah Hindu Budha, kerajaan Islam diperkirakan baru masuk pertama kali ke Nusantara sejak akhir abad ke-6 Masehi.
ADVERTISEMENT
Kerajaan Islam yang ada di Nusantara turut mempengaruhi sejarah penyebaran Islam di negeri ini. Diketahui juga di era kerajaan inilah agama Islam memasuki masa kejayaannya di Indonesia.
Nah, untuk mengenal lebih dalam sejumlah Kerajaan Islam di Indonesia, mari simak ulasan singkat sejarahnya berikut ini.

Kerajaan Ternate

Kerajaan Ternate merupakan salah satu kerajaan Islam pertama atau tertua di Maluku. Kerajaan ini didirikan pada tahun 1257 – 1950. Kerajaan Ternate terletak di antara Sulawesi dan Papua.
Puncak kejayaannya Kerajaan Ternate terjadi sadi masa Sultan Baabullah yang berhasil mengusir Portugis dari tanah Maluku. Beberapa peninggalan kerajaan Ternate adalah masjid, bangunan kerajaan, dan benteng Tolukko.

Kerajaan Samudera Pasai

Kerajaan Samudera Pasai dikenal sebagai kerajaan Islam terbesar dan pertama di Indonesia. Kerajaan ini terletak di Aceh Utara, tepatnya di Kabupaten Lhokseumawe. Pendiri dan raja pertama kerajaan ini adalah Sultan Malik Al Saleh atau dikenal dengan Malikussaleh.
ADVERTISEMENT
Selama pemerintahannya, Samudra Pasai dikenal sebagai kerajaan terbesar karena kemajuan sektor perdagangannya. Beberapa peninggalan dari Samudera Pasai adalah mata uang kerajaan, Cakra Donya berbentuk lonceng, dan makam para sultan.
Sejarah 7 Kerajaan Islam di Indonesia Lengkap dengan Peninggalannya (74028)
Sejarah 7 Kerajaan Islam di Indonesia Lengkap dengan Peninggalannya Foto: ANTARA FOTO/Ampelsa

Kerajaan Demak

Kerajaan Demak adalah kerajaan Islam pertama di pulau Jawa. Kerajaan ini terletak di Jawa Tengah tepatnya di Demak. Kerajaan Demak didirikan oleh Raden Patah pada tahun 1478 Masehi. Kerajaan ini sangat berpengaruh besar dalam sejarah perkembangan Islam di Tanah Jawa.
Diketahui dua pemimpin Demak pasca Raden Patah, yakni Pangeran Sabrang Lor dan Sultan Trenggono, telah membuka jalan pengaruh Islam di tanah Jawa. Peninggalan kerajaan ini di antaranya adalah Soko Guru dan Dampar Kencana atau tempat khatib ketika berkhutbah.
ADVERTISEMENT

Kerajaan Cirebon

Kerajaan Islam Cirebon didirikan pada tahun 1445 di Cirebon, Jawa Barat. Pendiri kerajaan ini adalah Pangeran Walangsungsang yang merupakan anak Prabu Siliwangi.
Diketahui berdirinya kerajaan ini tak lepas dari pengaruh salah satu Wali Songo, yakni Sunan Gunung Djati. Peninggalan kerajaan Cirebon adalah Barong Kasepuhan, Patung Macan Putih, Makam Sunan Gunung Djati, dan bangunan kerajaan.

Kerajaan Islam Mataram

Kerajaan Islam Mataram berdiri pada tahun 1582 Masehi di Kotagede, Yogyakarta. Selama pemerintahannya, tercatat ada 6 raja yang pernah memimpin kerajaan ini.
Salah satunya adalah Raden Mas Rangsang (Sultan Agung) yang berhasil membawa Kerajaan Mataram ke puncak kejayaan. Peninggalan kerajaan ini di antaranya adalah Masjid Agung Gede Kauman dan Masjid Kotagede.
Sejarah 7 Kerajaan Islam di Indonesia Lengkap dengan Peninggalannya (74029)
Sejarah 7 Kerajaan Islam di Indonesia Lengkap dengan Peninggalannya Foto: Shutter Stock

Kerajaan Malaka

Pendiri kerajaan Malaka adalah Sultan Iskandar Syah. Dulunya ia dikenal sebagai adalah seorang pemeluk agama Hindu yang bernama Parameswara.
ADVERTISEMENT
Kerajaan Malaka didirikan pada tahun 1405 dan dikenal sebagai pintu penyebaran Islam ke tanah Aceh. Peninggalan kerajaan ini di antaranya adalah Masjid Raya Baiturrahman Aceh, Agung Deli, dan Johor Baru.

Kerajaan Islam Banjar

Kerajaan Islam Banjar didirkan oleh Raden Samudra pada tahun 1520 Masehi. Kerajaan ini tertelak di Banjarmasin, Kalimantan Selatan.
Salah satu peninggalan kerajaan Banjar yang masih ada hingga saat ini adalah Masjid Sultan Suriansyah. Masjid ini dibangun pada masa pemerintahan Sultan Suriansyah pada tahun 1526 – 1550.
(RDR)
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white