kumparan
30 Oktober 2019 12:00

Sosok Paundra Paundrakarna, Calon Pasangan Gibran di Pilwakot Solosok

Paundrakarna.jpg
Sosok Paundrakarna Sukmaputra Jiwanegara. Dok (Instagram)
Nama cucu Proklamator RI Soekarno atau Bung Karno, Gusti Pangeran Haryo (GPH) Paundrakarna Sukmaputra Jiwanegara disebut oleh Partai Gerindra sebagai sosok muda yang berpeluang dalam Pilkada Solo 2020.
ADVERTISEMENT
Dikabarkan jika Paundra bisa saja disandingkan dengan putra sulung Jokowi, Gibran Rakabuming, di Pilwalkot Solo 2020. Karena hingga saat ini, Gibran memang masih mencari dukungan partai untuk maju di Pilwakot Solo.
Dilain pihak, Putra sulung Sukmawati Soekarnoputri bekerja sebagai seniman melalui rumah produksi tari Adicipta Pundrakarna Production yang dimilikinya. 
Lalu bagaimana sosok dari cucu dari Presiden pertama Indonesia ini?
1. Pernah Jadi Anggora DPRD Solo
Meskipun bukanlah nama besar di dunia politik nasional, Paundra ternyata pernah menduduki jabatan politik. Ia pernah duduk sebagai anggota DPRD Solo pada periode 2009-2014 namun pada akhirnya mengundurkan diri pada 2011. 
Paundra sendiri pernah ikut dalam PDIP, partai yang diketuai oleh sang bibi, Megawati Soekarnoputri. Hingga akhirnya ia lebih banyak berkarier di dunia seni. 
ADVERTISEMENT
2. Memiliki Latar Belakang Pendidikan Broadcasting
Paundra memang tidak memiliki latar belakang banyak di Ilmu Pemerintahan atau Politik. Tapi dia lebih banyak berkecimpung di dunia seni dan broadcasting. 
Setelah lulus SMA di Solo, ia melanjutkan kuliah desain grafis di Univeritas Trisakti pada 1994. Hanya satu tahun, lantas Puandra memutuskan keluar pada tahun 1995.
Memiliki ketertarikan kepada dunia hiburan, Puandra masuk di Akademi Komunikasi Indonesia di Yogyakarta. Puandra mengambil jurusan broadcasting dan dinyatakan lulus pada tahun 2000.
3. Banyak Berkarir di Dunia Hiburan
Kariernya di politik mungkin hanya berumur pendek, tapi kariernya di dunia hiburan bisa dibilang cemerlang. Paundra pernah berakting untuk sinetron Gita Cinta pada masa SMA-nya pada tahun 2003. Lalu pada 2016, Ia juga mengambil bagian peran sebagai Mario di film Rudy Habibie.
ADVERTISEMENT
Tak hanya dunia akting, Puandra pernah merilis album perdana pada tahun 2004 yang berisi 10 lagu. Satu di antara 10 lagu yang menjadi populer berjudul Galih dan Ratna.
Lagu ini menjadi soundtrack dalam sinetron Gita Cinta yang dibintanginya. Pada tahun 2015 Puandra bersama kerabat keraton Ade Andriani duet bersama untuk merecycle lagu 80-an berjudul Prahara Cinta.
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan