Tekstur MPASI 7 Bulan dan Daftar Rekomendasi Makanan yang Ideal

Berita Hari Ini
Menyajikan informasi terkini, terbaru, dan terupdate mulai dari politik, bisnis, selebriti, lifestyle, dan masih banyak lagi.
Konten dari Pengguna
2 April 2024 14:30 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Hari Ini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi anak yang diberikan MPASI sesuai usianya. Foto: alice-photo/Shutterstock
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi anak yang diberikan MPASI sesuai usianya. Foto: alice-photo/Shutterstock
ADVERTISEMENT
Selain memerhatikan bahan pembuatannya, orang tua juga harus memahami tekstur MPASI 7 bulan yang ideal. Tujuannya agar MPASI tersebut bisa dikonsumsi dengan baik dan tidak membuat si kecil tersedak.
ADVERTISEMENT
Merujuk pada laman Healthy Parents Healthy Children, bayi usia 6-12 bulan sudah bisa mengeksplorasi gerakan mulut untuk mengunyah dan menelan dengan aman. Orang tua sebaiknya mulai mengenalkan makanan dengan beragam tekstur dan rasa dalam periode usia tersebut.
Sebagai permulaan, berikan MPASI yang kaya akan zat besi seperti daging atau kacang-kacangan. Pada awalnya, si kecil mungkin akan menolaknya. Namun, tetaplah tawarkan makanan tersebut setiap hari tanpa paksaan agar mereka terbiasa.

Tekstur MPASI untuk Bayi Berusia 7 Bulan

Ilustrasi anak yang menjalani proses MPASI. Foto: Ivan Lonan/Shutterstock
Pada usia 7 bulan, tekstur makanan bayi sebaiknya berupa bubur yang kental dan lembut. Pastikan tidak ada gumpalan kecil pada bubur agar mudah dicerna.
Merujuk pada laman Newfoundland Labrador Canada, ada beberapa makanan selain bubur yang diklaim memiliki tekstur lembut, misalnya sereal bayi dan pisang matang. Tapi, makanan ini tetap harus dihaluskan atau dipotong-potong terlebih dahulu hingga menjadi sangat kecil.
ADVERTISEMENT
Jangan memberi si kecil makanan yang bertekstur keras atau kenyal untuk bayi 7 bulan karena dapat membuatnya tersedak. Ini juga menjadi catatan bagi orang tua agar selalu mendampingi si kecil saat mengonsumsi makanan demi mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

Daftar Makanan yang Cocok untuk Bayi 7 Bulan

Ilustrasi anak yang diberi MPASI foortifikasi. Foto: BonNontawat/shutterstock
Memberikan makanan yang bervariasi kepada si kecil berguna untuk memastikan mereka mendapat nutrisi dan energi yang cukup. Berikut ini beberapa jenis makanan yang cocok untuk bayi berusia 7-9 bulan menurut laman NHS UK.

1. Sayuran

Berikan sayuran beraneka macam rasa kepada bayi agar mereka belajar mengeksplorasi rasa. Namun, pastikan untuk menghaluskan sayuran hingga teksturnya lembut sebelum diberikan kepada si kecil. Berikut ini daftar sayuran yang direkomendasikan:
ADVERTISEMENT

2. Buah-buahan

Hancurkan atau haluskan buah-buahan hingga teksturnya sesuai untuk bayi Anda. Jika buahnya memiliki tekstur yang lebih keras, sebaiknya masak terlebih dahulu untuk melunakkannya. Buah-buahan yang disarankan yaitu:

3. Makanan Berprotein

Kelompok makanan berprotein yang cocok untuk bayi berusia 7 bulan adalah:

4. Makanan Bertepung

Kategori makanan ini perlu dimasak dan dihaluskan hingga teksturnya lembek terlebih dahulu. Rekomendasi makanan bertepung yang cocok untuk bayi adalah:
(DEL)