Titik Refleksi Tangan dan Manfaatnya untuk Kesehatan

Menyajikan informasi terkini, terbaru dan terupdate mulai dari politik, bisnis, selebriti, lifestyle dan masih banyak lagi.
Konten dari Pengguna
8 Maret 2023 16:53
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Hari Ini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Titik refleksi tangan, foto: Pixabay
zoom-in-whitePerbesar
Titik refleksi tangan, foto: Pixabay
Dalam tubuh manusia, terdapat banyak lokasi saraf yang menjadi titik refleksi tangan, kaki, dan anggota tubuh lainnya. Biasanya, titik refleksi tersebut dapat dijadikan sebagai cara alternatif jika ada salah satu bagian tubuh yang sakit.
Tangan merupakan salah satu anggota tubuh dengan banyak titik refleksi. Tangan juga mempunyai hubungan yang erat dengan organ tubuh lainnya.
Itu mengapa pijat refleksi tangan akan mengurangi rasa sakit yang dirasakan oleh bagian tubuh lain. Telapak tangan juga dapat memberikan gambaran mengenai kondisi kesehatan tubuh manusia.

Titik Refleksi Tangan dan Manfaatnya

Titik refleksi tangan, foto: Pixabay
zoom-in-whitePerbesar
Titik refleksi tangan, foto: Pixabay
Mengutip buku Pijat Refleksi dan Aneka Ramuan Tradisional karya Tri Atmojo, melakukan pijatan pada titik refleksi tangan akan membantu mengurangi rasa sakit pada tubuh dan membuat badan terasa lebih rileks.
Itu karena pada telapak tangan manusia terdapat banyak jaringan saraf yang berhubungan dengan organ tubuh lain. Sehingga, telapak tangan menjadi daerah pijat yang lebih sensitif dibandingkan dengan anggota badan lain.
Pada tubuh manusia, ada 12 jalur saraf yang masing-masing berhubungan dengan organ tubuh, enam di antaranya terdapat pada telapak tangan. Keenam titik ini yang kemudian disebut sebagai titik refleksi tangan.
Agar lebih jelas, berikut penjelasan titik refleksi tangan dan manfaatnya untuk kesehatan.

1. Titik Sau Sang (Jalur Paru-paru)

Titik Sau Sang berada di sisi luar pergelangan atas ibu jari. Jalur ini sangat berhubungan dengan paru-paru.
Apabila titik ini dipijat dan terasa sakit, itu adalah indikasi adanya penyakit flu, asma, atau infeksi bronkitis. Memijat titik Sau Sang akan membantu mengurangi efek dari penyakit tersebut.

2. Titik Sang Yang (Jalur Usus Besar)

Titik Sang Yang berada pada bawah kuku jari telunjuk. Apabila titik ini terasa sakit saat dipijat, itu berarti sistem pencernaan tubuh sedang terganggu. Memijat titik ini secara perlahan pada titik ini akan membantu mengurangi kembung.

3. Titik Chong Zhong (Jalur Pembungkus Jantung)

Titik Chong Zhong terletak di bawah kuku jari tengah. Ini adalah jalur yang berhubungan dengan aktivitas jantung, peredaran darah, dan usus kecil.
Apabila titik ini ditekan dan terasa sakit, artinya orang tersebut menderita diare karena merasa gelisah. Untuk mengurangi rasa sakit di perut, pijat titik Chong Zhong dengan sedikit menekan.

4. Titik Kwan Zhong (Jalur Hormon)

Titik Kwan Zhong terletak di bawah kuku jari manis. Titik ini berfungsi untuk mengatur hormon dan sistem limfa. Apabila titik ini terasa sakit saat dipijat, itu pertanda kondisi tubuh dalam keadaan panas atau dingin.

5. Titik Sau Zhong (Jalur Jantung)

Titik Sau Zhong berada di bawah kuku jari kelingking sebelah dalam. Titik ini membantu mengatur fungsi jantung dan peredaran darah.
Apabila terjadi penyumbatan pada jalur jantung karena stres, pijatlah titik ini membantu melancarkan kembali peredarah darahnya.

6. Titik Sau Zhe (jalur Usus Kecil)

Titik Sau Zhe letaknya di bawah kuku jari keliling sebelah lua. Jalur ini berhubungan dengan usus kecil. Titik ini juga dapat membantu mengurangi rasa sakit akibat sembelit.
Apa itu titik refleksi?
chevron-down
Apa manfaat pijat refleksi?
chevron-down
Anggota badan mana saja yang bisa dipijat?
chevron-down
(PHR)
editor-avatar-0