kumparan
19 Feb 2019 9:30 WIB

4 Julukan Binatang yang Ada di Dunia Startup Selain Unicorn

Gambar startup unicorn Indonesia - Foto: medium
"Yang bapak masuk unicorn? unicorn? yang apa itu online-online itu?" tanya balik Prabowo pada debat capres tahap kedua, ketika Jokowi melontarkan pertanyaan tentang infrastruktur apa yang akan Prabowo bangun untuk mendukung unicorn Indonesia.
ADVERTISEMENT
Pertanyaan dari Prabowo itu lantas membuat netizen bereaksi. Salah satunya lewat tagar #UnicornItuApa yang viral dan menjadi ladang meme yang mengundang tawa.
Unicorn yang Jokowi maksud ialah startup digital yang memiliki nilai valuasi perusahaan lebih dari US$ 1 miliar dolar.
Di Indonesia sendiri ada 4 startup unicorn yang kerap Jokowo bangga-banggakan, yakni Gojek, Tokopedia, Bukalapak, dan Traveloka.
Namun, selain unicorn, ternyata ada lho istilah lain yang terkenal di kalangan para pelaku startup. Istilah ini juga menggunakan nama hewan sebagai julukannya, dan berkaitan erat dengan nilai perusahaan yang dihasilkan suatu startup.
Pipit
Sumber foto: Pixabay
Iya, pipit si burung pipit. Ini merupakan julukan untuk startup yang berukuran kecil, dan punya kinerja keuangan serta valuasi yang buruk.
ADVERTISEMENT
Crockroach (Kecoa)
Sumber foto: Pixabay
Pasti kenal kan sama binatang ini? Kecoa digunakan sebagai julukan bagi startup yang punya kinerja keuangan bagus, tapi masih merintis untuk menghasilkan valuasi yang bagus.
Unicorn
Sumber foto: Pixabay
Julukan unicorn diberikan kepada startup besar yang sudah punya valuasi mencapai US$1 miliar. Dibilang sebagai unicorn, karena perusahaan startup yang bisa mencapai nilai valuasi sebesar ini masih tergolong langka. Sama langkanya dengan si unicorn lucu yang kerap digemari banyak orang.
Kendati demikian, sayangnya startup unicorn masih memiliki kondisi keuangan yang belum terlalu apik.
Eagle
Sumber foto: Pixabay
Sama seperti ciri burung elang yang kuat dan tangguh, startup eagle dianggap sebagai pemimpin di dunia bisnis digital ini. Itu lantaran startup ini sudah punya nilai valuasi yang besar juga telah mendapatkan keuntungan yang cukup menggiurkan.
ADVERTISEMENT
Amazon, Alibaba, dan Tencent merupakan perusahaan startup yang telah dilabeli eagle dan menjadi raja di dunia perbisnisan ini.
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan