News
·
10 Oktober 2019 14:02

5 Tempat Curhat Tentang Kesehatan Mental Secara Online

Konten ini diproduksi oleh Berita Heboh
5 Tempat Curhat Tentang Kesehatan Mental Secara Online (215727)
Ilustrasi (Foto: Pixabay)
Hari ini, 10 Oktober adalah hari peringatan kesehatan mental dunia. Tahun 2019, peringatan ini sedang difokuskan pada pencegahan bunuh diri. Sebab, menurut WHO, setiap 40 detik setidaknya ada satu nyawa yang melayang dikarenakan bunuh diri.
ADVERTISEMENT
Dewasa ini, banyak orang yang mulai peduli tentang isu kesehatan mental. Laman media sosial mulai diramaikan dengan pembahasan tentang pentingnya isu ini. Bahkan, film 'Joker' yang kemarin booming pun tak luput dari bahan diskusi sebab berlatar belakang tentang isu kesehatan mental.
Salah satu aksi nyata untuk menularkan kepedulian terhadap isu ini adalah mulai banyaknya sarana konsultasi online yang bisa dimanfaatkan orang-orang yang concern terhadap kesehatan mentalnya atau temannya. Beberapa bisa diakses secara gratis, sedang yang lain harga konsultasinya cukup terjangkau.
Berikut 5 tempat untuk curhat online dengan psikolog yang bisa kamu akses dengan mudah lewat gawaimu.
  1. Ibunda
Beberapa hari lalu, form untuk mencari tahu tingkat kebutuhan seseorang agar bertemu psikolog yang diterbitkan Ibunda sempat viral di Twitter. Warganet beramai-ramai mengaksesnya guna mengetahui berapa score yang ia peroleh.
ADVERTISEMENT
Form itu sebetulnya hanya salah satu medium yang digunakan Ibunda untuk menyebarluaskan kesadaran warganet perihal isu kesehatan mental. Selain itu, kamu bisa mengakses website-nya (Ibunda.id) atau akun resmi Line-nya untuk curhat online jika ada hal yang mengganggu pikiranmu.
  1. Riliv
Cara konsultasi online dengan psikolog di Riliv gimana sih? Caranya tinggal unduh aplikasi Riliv di gawaimu, kemudian pilih paket untuk konsultasi online-nya deh.
Selain konsuling, kamu bisa coba belajar meditasi dengan aplikasi itu. Dengan bantuan Riliv, kamu bisa mulai meditasi untuk menenangkan pikiran dari stress dan hal-hal yang mengganggu.
  1. Psikologimu
Di aplikasi ini, kamu bisa menemui banyak psikolog di bidangnya masing-masing. Jadi kalau kamu mau curhat soal kerjaan, kejiwaan, asmara, tumbuh kembang, sosial, keluarga, sampai pendidikan bisa banget nih.
ADVERTISEMENT
Cukup unduh aplikasi Psikologimu di Play Store atau App Store. Kemudian, buat akun, dan pilih deh topik apa yang akan kamu bahas. Setelah itu, akan ada banyak pilihan psikolog yang bisa kamu ajak curhat.
  1. Pijar Psikologi
Selain bisa berkonsultasi gratis secara online dengan rekan psikolog di Pijar Psikologi, kamu juga bisa membaca artikel tentang kesehatan mental lainnya.
Dikarenakan gratis, sayangnya Pijar Psikologi membatasi jumlah konsultasi yang diterimanya tiap minggu. Hanya ada 20 sesi saja yang dibuka. Tanggapan atas curhatmu nantinya akan dikirim ke alamat surelmu dan curhatanmu akan dirahasiakan oleh mereka.
  1. Alpas.id
Kalau kamu ngerasa sedang butuh teman curhat, coba add @curhatalpas di Line. Di sana kamu bisa nyurahin segala keluh kesah kamu lewat pesan. Nantinya, tim konseler di Alpas akan membalas curhatanmu itu.
ADVERTISEMENT
Tapi, sebelum mulai curhat, pastiin dulu ya topik curhatanmu sesuai dengan jadwal konseling yang dibuka. Misalnya, kalau kamu mau curhat soal kekhawatiran kesehatan mental kamu dan karier kamu bisa konsul pada hari Jumat jam 09.00-13.00.
(NS)