News
·
3 Juli 2019 19:32

5 Tragedi Hilangnya Pendaki Gunung di Indonesia

Konten ini diproduksi oleh Berita Heboh
5 Tragedi Hilangnya Pendaki Gunung di Indonesia (388957)
searchPerbesar
Gunung Lawu (Foto: Naufal Abdurrasyid/kumparan)
Kegiatan mendaki gunung merupakan salah satu kegiatan terbuka di alam yang cukup banyak digemari. Namun demikian, kegiatan ini cukup berisiko. Mulai dari tersesat, ancaman binatang buas, hingga jatuh ke dalam jurang.
ADVERTISEMENT
Bukan sekali atau dua kali cerita orang yang hilang di gunung saat melakukan pendakian. Ada yang bernasib baik bisa ditemukan tim SAR dengan keadaan selamat, bahkan ada juga yang belum ditemukan hingga kini.
Berikut 5 tragedi hilangnya pendaki gunung yang Berita Heboh rangkum dari berbagai sumber.
  1. Alvi Kurniawan menghilang setelah beradu cepat naik puncak Gunung Lawu
5 Tragedi Hilangnya Pendaki Gunung di Indonesia (388958)
searchPerbesar
Alvi Kurniawan, pendaki gunung Lawu yang sempat hilang. (Foto: Dok. BPBD Jawa Tengah)
Alvi Kurniawan, pemuda asal Magelang, Jawa Tengah, dinyatakan hilang di Gunung Lawu, Magetan, Jawa Timur. Ia menghilang setelah beradu cepat naik ke puncak Lawu dengan seorang pendaki perempuan asal Wonosobo, Jawa Tengah, pada 1 Januari 2019.
Hingga hampir tiga minggu lamanya, tim Basarnas dan BPBD terus melakukan pencarian. Bahkan, Polsek Karanganyar pun telah menerjunkan anjing pelacak untuk melanjutkan pencarian. Namun, hingga kini hasilnya masih nihil.
ADVERTISEMENT
  1. Faiqus Syamsi ditemukan sudah menjadi kerangka setelah empat bulan hilang di Gunung Arjuno
5 Tragedi Hilangnya Pendaki Gunung di Indonesia (388959)
searchPerbesar
Tim Rescuer Basarnas Surabaya saat temukan kerangka di Gunung Arjuno Pasuruan. (Foto: Dok. Istimewa)
Setelah empat bulan dinyatakan hilang sejak 18 Desember 2018, jasad Faiqus Syamsi ditemukan pada 5 April 2019. Jasad siswa SMKN 5 Surabaya itu dievakuasi ke pos pendakian dalam kondisi sudah menjadi kerangka.
Mulanya, jasad itu ditemukan secara tidak sengaja ditemukan oleh sejumlah pendaki asal SMA 15 Surabaya, tepat di atas Lembah Kijang, di tebing puncak Gunung Arjuno. Kerangka tersebut kemudian dibawa ke Rumah Sakit Bhayangkara, Porong, guna dilakukan pemeriksaan autopsi.
  1. Roy, pendaki Gunung Arjuno yang ditemukan dalam keadaan linglung
5 Tragedi Hilangnya Pendaki Gunung di Indonesia (388960)
searchPerbesar
Tim SAR yang melakukan pencarian pendaki hilang di Gunung Arjuno. (Foto: WartaBromo)
Tim SAR yang sedang melakukan pencarian terhadap pendaki asal Surabaya bernama Faiqus Syamsi, justru tanpa sengaja menemukan pendaki lain yang sedang linglung. Pendaki itu bernama Roy. Ia ditemukan di Hutan Lali Jiwo, Gunung Arjuno, pada 8 Januari 2019. Padahal saat itu, jalur pendakian sedang ditutup.
ADVERTISEMENT
Tim mengalami kesulitan komunikasi lantaran Roy berbicara melantur dan tidak nyambung. Tidak hanya itu, tim juga sempat kesulitan membawa Roy turun ke basecamp lantaran dirinya tidak mau dan berusaha menghindar. Hingga akhirnya, pendaki tersebut berhasil dibawa turun dan dijemput keluarganya setelah kabar penemuan itu beredar di media sosial.
  1. Indra Wijaya Arta Kesuma ditemukan selamat usai bertahan hidup makan rumput selama seminggu lebih
5 Tragedi Hilangnya Pendaki Gunung di Indonesia (388961)
searchPerbesar
Indra Wijaya Arta Kesuma, pendaki Gunung Muro yang ditemukan selamat setelah sepekan hilang. (Foto: tangkapan layar YouTube/Yosua Redfield)
Pendaki lainnya yang ditemukan selamat adalah Indra Wijaya Arta Kesuma. Indra dilaporkan hilang pada akhir Mei lalu setelah melakukan pendakian di Gunung Muro, Kalimantan Tengah. Sebelumnya, ia sempat tergelincir dan kehilangan arah saat turun dari puncak, lantaran hari sudah gelap.
Tiga hari lamanya, Indra mencari jalan pulang. Kemudian, ia menemukan pondok di tepian sungai. Indra pun tinggal di sana selama lebih-kurang seminggu. Hingga akhirnya salah seorang warga menemukan dan menyelamatkannya. Saat ditemukan, Indra dalam kondisi sangat lemah dan kurus.
ADVERTISEMENT
  1. Thoriq Rizkiy Maulidan, pendaki Gunung Piramid yang hilang dan belum ditemukan hingga kini
5 Tragedi Hilangnya Pendaki Gunung di Indonesia (388962)
searchPerbesar
Thoriq Rizkiy Maulidan, pendaki Gunung Piramid, Bondowoso yang hilang. (Foto: Instagram @mbahmijan)
Kabar terbaru pendaki gunung yang hilang datang dari siswa SMP bernama Thoriq Rizkiy Maulidan. Sebelum dinyatakan hilang, Thoriq melakukan pendakian bersama empat temannya di Gunung Piramid, Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur, Minggu (23/6).
Di tengah perjalanan ke puncak, satu temannya memutuskan turun lantaran kelelahan. Thoriq pun melanjutkan pendakian ke puncak bersama dua temannya. Nahas, saat kedua temannya turun, Thoriq tidak ikut serta. Kedua temannya itu mengatakan bahwa Thoriq telah hilang.
Tim SAR dibantu relawan terus mencari keberadaan Thoriq. Namun, hingga kini pencarian itu belum membuahkan hasil.
(zhd)
Baca lebih banyak informasi mengenai berita artis/berita heboh/info bola/dan lifehack lebih nyaman di aplikasi kumparan.
ADVERTISEMENT
Download aplikasi Android di sini.
Download aplikasi iOS di sini.