kumparan
26 Nov 2018 13:13 WIB

7 Kerajaan Gaib di Indonesia yang Dipercaya Masih Eksis hingga Kini

Indonesia adalah gudangnya hal-hal aneh dan gaib yang penuh mitos serta kontroversi. Sejak dahulu kala, sebagian masyarakat Indonesia percaya tentang hal-hal tidak wajar tersebut, mulai dari benda-benda mistis, tempat-tempat mistis bahkan kerajaan gaib.
ADVERTISEMENT
Kerajaan gaib itu dipercaya ada di sejumlah titik di Indonesia. Di dalam kerajaan itu diyakini ada makhluk tak kasat mata yang memimpin dan memiliki kemampuan luar biasa. Beberapa orang di Indonesia mengaku pernah sampai ke wilayah kerajaan itu. Pengen tahu kerajaan gaib di Indonesia yang masih dipercaya itu ada di mana saja? Yuk simak selengkapnya.
1. Kerajaan Gaib Laut Selatan
Dari seluruh kerajaan gaib yang ada di Indonesia, Kerajaan Laut Selatan mungkin adalah yang paling ramai diperbincangkan oleh masyarakat. Mitos tentang keberadaan ratunya pun masih dipercaya oleh sebagian orang.
Ada banyak versi di masyarakat tentang sosok penguasa Laut Selatan di Pulau Jawa ini. Salah satunya adalah adanya keterkaitan antara Kerajaan Laut Selatan dengan Kerajaan Mataram, konon Ratu Laut Selatan itu adalah keturunan Prabu Siliwangi.
ADVERTISEMENT
Pada saat itu sang permaisuri tengah mengandung dua orang putri, yang satu dikenal dengan nama Nyi Roro Kidul sang penguasa Pantai Selatan Pulau Jawa, sedangkan yang lagi satu bernama Dewi Lanjar penguasa Utara Pantai Jawa.
2. Kerjaan Gaib Alas Purwo
Kerajaan gaib Alas Purwo dipercaya ada di hutan lindung yang berada di Banyuwangi, Jawa Timur. Sebagian masyarakat menganggap bahwa Kerajaan Alas Purwo adalah kerajaan gaib terbesar yang ada di Indonesia.
Kesan mistis yang ditimbulkan dari dalam hutan lindung tersebut membuat orang semakin percaya tentang kerajaan Alas Purwo. Belum lagi hingga kini masih banyak masyarakat yang melakukan bertapa atau bersemedi di Alas Purwo. Konon di zaman masuknya islam ke tanah air, Alas Purwo menjadi tempat bersembunyi para raja di sekitar Banyuwangi yang menolak untuk masuk islam.
ADVERTISEMENT
3. Kerajaan Gaib Gunung Merapi
Tak dapat dipungkiri lagi, Gunung Merapi sejak dulu dipercaya memiliki hal-hal mistis. Konon ada begitu banyak jin yang tinggal di gunung ini hingga membentuk suatu kerajaan.
Oleh masyarakat yang tinggal di sekitar Gunung Merapi, lokasi yang dipercaya sebagai tempat berkumpulnya para jin itu adalah di Pasar Bubrah. Lokasinya berada di dekat puncak gunung Merapi. Jika dilihat secara kasat mata maka yang terlihat hanyalah tumpukan bebatuan saja.
Namun, penduduk lereng Merapi percaya tempat tersebut merupakan tempat yang paling besar aura mistisnya. Kerajaan Gaib Gunung Merapi menurut kepercayaan setempat dipimpin oleh Eyang Merapi.
4. Kerajaan Gaib Pulo Mas
Kerajaan Gaib Pulo Mas terletak di Indramayu, masyarakat di sana percaya bahwa Pulo Mas adalah tempat berkumpulnya makhluk-makhluk gaib. Secara kasat mata, kerajaan ini hanya terlihat seperti rawa-rawa saja, namun jika seseorang mempunyai kemampuan penglihatan batin khusus, maka yang ia lihat di rawa-rawa tersebut adalah kerajaan yang sangat megah yang terbuat dari emas yang bersinar.
ADVERTISEMENT
Legenda kerajaan gaib Pulomas bermula dari seorang raja yang bernama Wiralodra. Saat sedang membabat hutan ingin mendirikan sebuah kerajaan, Raja Wiralodra dihalangi oleh Raja Gaib Werdinata sang penguasa hutan tersebut. Pertempuran yang sengit pun terjadi hingga 11 bulan lamanya. Berkat penengah dari raja gaib lainnya, Raja Kalacungkring, akhirnya kedua raja tersebut pun berdamai dengan syarat Wiralodra harus menikahi putri dari Raja Werdinata.
Hingga kini masyarakat setempat masih percaya dengan legenda tersebut, sehingga menjadikannya lebih berhati-hati jika melewati tempat ini.
5. Kerajaan Gaib Uwentira
Tidak cuma di pulau Jawa, di pulau Sulawesi pun terdapat mitos kerajaan gaib yang cukup terkenal. Kerajaan gaib tersebut bernama kerajaan Uwentira. Tempat yang jika dilihat mata normal adalah sebuah kebun kopi ini terkesan begitu angker dan banyak menyimpan aura mistis.
ADVERTISEMENT
Keberadaan dari kerajaan gaib Uwentira sendiri terletak di perbatasan antara Kota Palu dan Kabupaten Parigi Moutong. Jika berkunjung ke tempat ini, maka teman akan melihat sebuah tugu yang berwarna kuning, tugu tersebutlah yang dipercaya oleh masyarakat setempat sebagai gerbang menuju kerajaan gaib Uwentira.
6. Kerajaan Gaib Negeri Paloh
Di pulau Kalimantan pun terdapat mitos tentang kerajaan gaib. Kerajaan gaib tersebut bernama Negeri Paloh. Mitos Kerajaan Gaib Negeri Paloh merupakan kisah yang berasal dari daerah Paloh, Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat.
Di kawasan hutan pedalaman di daerah Paloh dipercaya terdapat sebuah kerajaan gaib yang sangat besar. Makhluk astral penghuni kerajaan gaib ini pun sering menculik penduduk sekitar. Karena sering menunjukkan diri kepada manusia, kemunculan dari makhluk astral Negeri Paloh ini sudah dianggap sebagai hal yang biasa bagi warga setempat.
ADVERTISEMENT
7. Kerajaan Gaib Padang 12
Selain Kerajaan Gaib Negeri Paloh, di Kalimantan Barat, tepatnya di Kabupaten Ketapang, terdapat satu kerajaan gaib lagi yang dipercaya oleh masyarakat, kerajaan gaib ini bernama Padang 12.
Padang 12 sendiri merupakan sebuah daerah yang diselimuti pasir dengan luas 12 km persegi. Sama dengan kerajaan-kerajaan gaib lainnya, tempat ini pun begitu kental aura mistisnya. Masyarakat sekitar percaya kerajaan gaib ini dihuni oleh orang Limun, makhluk sebangsa jin muslim tapi ada juga yang menyebut jika mereka adalah keturunan langsung dari malaikat Marut dan Harut.
Konon salah satu kisah tentang bertemunya orang Limun dan masyarakat sekitar terjadi pada seorang bidan yang bertugas di sekitar daerah tersebut. Pada suatu malam sang bidan diketok oleh suami istri untuk membantu istrinya yang akan melahirkan. Tanpa banyak bertanya dia pun membantu ibu tersebut dalam proses persalinan.
ADVERTISEMENT
Setelah selesai, suami istri yang tidak mempunyai uang tersebut membayar sang bidan dengan menggunakan kunyit saja. Sang bidan pun dengan ikhlas menerima pemberian tersebut. Ajaib, keesokan harinya saat terbangun, sang bidan terkejut melihat kunyit pemberian suami istri yang dibantunya melahirkan itu berubah menjadi sebongkah emas.
Pendudukan setempat percaya, orang-orang beruntung yang bisa bertemu dengan orang Limun adalah orang yang memiliki hati suci dan baik.
*Foto diambil dari berbagai sumber
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan