kumparan
search-gray
News25 Januari 2020 21:10

Aksi Mulia Polisi Pakaikan Celana ke Orang dengan Gangguan Jiwa

Konten kiriman user
udo(1).png
Seorang polisi di Pekalongan, Iptu Turkhan memakaikan celana ke orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) yang telanjang. Foto: Instagram @pekalonganinfo
Seorang polisi di Pekalongan menjadi perbincangan hangat setelah aksi mulianya viral di media sosial. Polisi yang diketahui bernama Iptu Turkhan itu terekam tengah memakaikan celana kepada orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) saat tengah melaksanakan giat PH pagi.
ADVERTISEMENT
Dalam sebuah video yang diunggah oleh akun Instagram @pekalonganinfo, kejadian itu dijelaskan terjadi di daerah Pakis Putih, Kedungwuni, Pekalongan, Jawa Tengah. Saat itu, Iptu Turkhan tengah menjalankan PH pagi, Kamis (23/1), sekitar pukul 07.00 WIB.
Di saat tengah menjalankan tugas tersebut, tiba-tiba melintas seorang pria yang diduga merupakan ODGJ. Pria tersebut berjalan tanpa selembar kain pun yang menutupi tubuhnya, alias telanjang bulat.
"Anggota Polres Pekalongan, Iptu Turkhan yang sedang melaksanakan giat PH pagi mendapati orang dengan gangguan jiwa tidak mengenakan pakaian (telanjang)," tulis akun tersebut.
udo1(1).png
Seorang polisi di Pekalongan, Iptu Turkhan memakaikan celana ke orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) yang telanjang. Foto: Instagram @pekalonganinfo
Melihat hal tersebut, hati Iptu Turkhan pun tersentuh. Ia lalu berusaha menghentikan pria tersebut. Setelah mengambil sebuah celana pendek berwarna hitam-biru, Iptu Turkhan kemudian memakaikan celana tersebut kepada pria ODGJ itu dengan telaten dan tanpa perasaan risih.
ADVERTISEMENT
"hal tersebut dilakukan karena didorong rasa iba dan kemanusiaan agar orang gila tersebut tidak kedinginan atau kepanasan karena hanya berjalan disepanjang jalan di wilayah Kedungwuni," lanjutnya.
Beberapa pengendara yang melintas pun terlihat menyakikan apa yang dilakukan Iptu Turkhan. Pria ODGJ itu kemudian langsung pergi setelah Iptu Turkhan memakaikan celana kepadanya sehingga tidak lagi telanjang bulat.
Sontak, video tersebut pun viral. Banyak warganet merasa salut dan mengapresiasi aksi mulia dan luar biasa yang dilakukan Iptu Turkhan.
"Mantap, Pak, luar biasa," tulis @mkhbtnnsaa.
"Memanusiakan manusia. Good job pak polisi," lanjut @anwarul_bisri.
"Semoga yang lain ikuti contoh baiknya," tambah @qessyqessy68.
(zhd)
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white