Jangan Kaget, Ini 5 Culture Shock Kuliah yang Akan Dirasakan Mahasiswa Baru

Berita Heboh
Membicarakan apa saja yang sedang ramai.
Konten dari Pengguna
6 September 2021 13:59 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Heboh tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi mahasiswa. Foto: Dok. Freepik
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi mahasiswa. Foto: Dok. Freepik
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Mahasiswa baru yang baru saja lulus dari sekolah dan akan masuk ke kehidupan perkuliahan, ada banyak yang perlu dipersiapkan, nih.
ADVERTISEMENT
Salah satu yang harus dipersiapkan adalah menghadapi culture shock di lingkungan baru.
Nah, berikut ada lima culture shock yang akan kamu temui saat masuk kuliah biar enggak kaget-kaget banget, seperti dilansir Info Masuk PTN.
Ilustrasi mahasiswa rambut gondrong. Foto: Shutter Stock

1. Enggak dapat buku kuliah

Nah, yang satu ini akan menjadi perbedaan saat kamu masih jadi murid SMA dan mahasiswa. Kalau dulu saat SMA, kamu akan dapat banyak buku yang sudah disediakan oleh sekolah. Biasanya buku yang didapat sesuai dengan mata pelajaran.
Tapi, saat kuliah nanti, kamu enggak akan diberikan buku oleh dosen. Biasanya, kamu akan disuruh untuk cari sendiri melalui toko buku atau bisa pinjam ke senior.

2. Ketika dosen berhalangan hadir, ada kuliah pengganti

Saat masih SMA, biasanya pas enggak ada guru jam pelajarannya akan jadi kosong. Kamu dan teman-teman kelas akan mengisi jam kosong tersebut dengan entah bermain, cabut ke kantin, atau mungkin nonton bareng di dalam kelas.
ADVERTISEMENT
Nah, sedangkan saat kuliah, ketika dosen kamu berhalangan hadir dia akan cancel jadwalnya di hari tersebut dan menggantikan jam kelasnya ke hari lain. Tapi, terkadang kuliah pengganti ini suka bentrok dengan jadwal mata kuliahmu yang lain.

3. Hampir setiap mata kuliah ada tugas kelompoknya, jadi harus berbaur sama mahasiwa lain

Saat kuliah nanti, kamu akan sering mendapatkan tugas kelompok dibandingkan individu. Makanya harus bisa saling berbaur dengan teman satu mata kuliah. Jadi, ketika ditunjuk sebagai satu kelompok, enggak awkward.

4. Saat ujian, lebih banyak esai daripada pilihan ganda

Mungkin saat melaksanakan ujian di SMA, kamu akan menemukan soal dengan bentuk jawaban pilihan ganda. Beda banget sama perkuliahan. Saat ujian nanti, kamu biasanya akan dihadapi dengan soal bentuk jawaban esai. Siap-siap bawa alat tulis lebih dan olahraga jari.
ADVERTISEMENT

5. Hampir setiap pertemuan ada presentasi

Saat SMA, kamu biasanya enggak terlalu sering melakukan presentasi tugas. Biasanya tugas-tugas hanya diberikan melalui soal-soal, lalu dikerjakan di buku tulis. Sedangkan, di saat kuliah, dosen akan memintamu untuk lebih aktif dengan mempresentasikan tugas atau materi yang akan dibahas.