kumparan
KONTEN PENGGUNA
10 Desember 2019 14:39

Krisis Udara Bersih, Banyak Bar yang Jual Oksigen Murni di India

oxy bar independent2.jpg
Bar penjual udara bersih di New Delhi, India (Foto: Independent)
Pernah terbayang jika suatu saat polusi udara kian meningkat hingga akhirnya kita harus membeli oksigen untuk mendapat udara bersih?
ADVERTISEMENT
Di New Delhi, India, beberapa bar oksigen mulai didirikan, salah satunya Oxy Pure. Menawarkan oksigen bersih dengan beragam aroma yang mereleksasi seharga 499 Rupee atau sekitar Rp98.000.
Sejauh ini sudah ada enam aroma yang bisa dipilih: lavender, serai, kayu putih, kayu manis, permen, dan pappermint. Meski punya beragam aroma, udara yang dijual merupakan oksigen murni. Kadar kemurniannya sampai 99 persen.
Setiap pelanggan bisa merasakan sensasi menghirup udara bersih selama 15 menit untuk setiap 499 Rupee yang dikeluarkan. Pembeli diberikan kanula hidung yang tersambung ke tabung oksigen. Kanula itu kemudian dipasangkan di lubang hidung untuk dihirup langsung.
oxy bar independent.jpg
Bar penjual udara bersih di New Delhi, India (Foto: Independent)
Walau mahal, peminat oksigen di bar itu cenderung banyak. Itu karena polusi di India yang kian memburuk tiap harinya. Para pejabat di India bahkan menyatakan darurat kesehatan awal November ini.
ADVERTISEMENT
Masyarakat yang menderita masalah pernapasan juga terus bertambah. Membuat beberapa sekolah dasar ditutup pada pertengahan November lalu demi mengurangi korban dari anak-anak. Indeks kualitas udara di New Delhi sendiri mencapai 642 dan sudah dianggap berbahaya.
Mahal Tapi Tetap Dicari
Dikutip dari Independent, satu per satu bar oksigen di India mulai berdiri. Sekalipun harganya dianggap terlalu mahal, masyarakat seakan tak punya pilihan.
oxy bar.jpg
Bar penjual udara bersih di New Delhi, India (Foto: Independent)
Masalah kesehatan akibat polusi udara, seperti hidung berair, tenggorokan bengkak, dan mata perih akhirnya membuat mereka merelakan uang untuk membeli udara bersih.
Seperti Lisa Dwivedi, salah satu pelanggan asal Ukraina yang tinggal di New Delhi, "Saya tidak tahu apakah ini karena tersugesti atau tidak, tapi saya merasa senang karena akhirnya bisa menghirup oksigen murni, walaupun hanya 15 menit,"
ADVERTISEMENT
Pemilik Oxy Pure, Ajay Johnson, juga berkata kalau para pelanggannya rata-rata datang untuk mendetoks tubuh dari parahnya polusi udara di India.
"Menghirup oksigen membantu tubuh mendetoksifikasi radikal bebas akibat polusi udara," ujar Ajay Johnson, pemilik Oxy Pure.
Bukan hanya itu, menghirup oksigen murni berkadar 99 persen juga dinilai bisa mengobati sakit kepala, sinus, memperbaiki pola tidur, menormalkan sistem pencernaan, dan bahkan meredakan depresi.
"Orang yang baru pertama kali mencoba ini akan merasa lebih rileks dan fresh, manfaatnya akan makin terasa kalau rutin menghirup udara segar. Terutama di tengah buruknya kualitas udara India," kata Bonny Irengbam, asisten penjualan senior Oxy Pure sekaligus orang pertama yang mencoba udara bersih ini.
(NS)
ADVERTISEMENT
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan