Pencarian populer
USER STORY

Viral Warganet Unggah Foto Anjing Berkeliaran di Masjidil Haram

Viral warganet unggah foto anjing berkeliaran di Masjidil Haram. Foto: Facebook/Jondri Efendi
Kejadian masuknya anjing ke dalam masjid sempat ramai jadi perbincangan beberapa waktu lalu. Perempuan bernama Suzethe Margaret yang masih memakai sepatu masuk ke Masjid Al-Munawaroh di Sentul City sambil membawa anjing.
ADVERTISEMENT
Suzethe saat itu menanyakan keberadaan suaminya karena menduga sang suami akan menikah lagi di masjid tersebut. Setelah video kejadian itu viral, Suzethe ditahan Polres Bogor dan ditetapkan sebagai tersangka atas dugaan penistaan agama.
Setelah kejadian tersebut, viral kembali foto-foto anjing yang disebut berkeliaran di masjid. Foto-foto itu diunggah oleh akun Facebook Jondri Efendi pada Selasa (2/7). Dalam keterangannya, Jondri Efendi mengatakan anjing itu berkeliaran di Masjidil Haram.
"Hewan ini masuk di tempat suci Masjidil Haram yang sempat saya dokumentasi, dan pada saat itu saya langsung lapor sama askar masjid (kalau di kita polisi), dan askar bilang no problem. Foto ini saya yang memotret sendiri di musim haji 2017 bersama istri saya," tulis Jondri Efendi dalam keterangan foto.
ADVERTISEMENT
Tidak hanya di Facebook, Jondri Efendi juga mengunggah salah satu foto ke akun Twitter-nya @jondriefendi261. Foto tersebut pun viral, hingga tulisan ini dibuat, unggahan Jondri di Facebook telah dibagikan lebih dari empat ribu kali dan mendapat lebih dari seribu like.
Warganet memberikan reaksi yang beragam pada unggahan tersebut. Banyak yang membandingkan foto unggahan Jondri Efendi dengan kejadian di Masjid di Sentul City. Tidak sedikit warganet yang mencurigai foto unggahan Jondri Efendi itu merupakan hasil suntingan.
"Foto ini saya pertanggungjawabkan sampai ke akhirat nanti sobat," cuit Jondri Efendi dalam akun Twitter-nya saat merespons kecurigaan warganet.
Meski begitu, warganet masih mencurigai kebenaran unggahan Jondri Efendi. Apalagi dalam ajaran Islam, air liur anjing adalah najis yang harus dicuci 7 kali dengan pasir secara bergantian. Sementara itu, Masjidil Haram di Makkah, Arab Saudi, adalah tempat paling suci bagi umat Islam.
ADVERTISEMENT
"Buat yang bikin post, itu kejadian tanggal berapa dan jam berapa? Kalau enggak bisa jawab berarti hoax dan tunggu balasan dari Allah Swt," tulis Avep Nugraha Adawiyah.
"Jangan melakukan generalisasi pak haji, itu anjing yang tidak diikat lehernya, tidak ditarik masuk oleh pemiliknya, kalau kemarin kasusnya dibawa oleh pemiliknya, tentu di sini yang salah pemiliknya bukan anjingnya pak," tambah Arif.
"Yakin itu Masjidil Haram?? Dan yakin kalau musim haji?? Setahu saya kalau musim haji itu rame, jangan buat status yang enggak bener inget dosa bang," ujar Rio Edowardo.
(rin)
Baca lebih banyak informasi mengenai berita artis/berita heboh/info bola/dan lifehack lebih nyaman di aplikasi kumparan.
Download aplikasi Android di sini.
Download aplikasi iOS di sini.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan dan Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.86