Otomotif
·
16 Maret 2020 17:31

4 Tips Mudah agar Aki Kendaraan Tetap Baik, Tanpa Takut Tekor dan Soak

Konten ini diproduksi oleh
4 Tips Mudah agar Aki Kendaraan Tetap Baik, Tanpa Takut Tekor dan Soak (43331)
Ilustrasi Aki Mobil Foto: dok. Muhammad Ikbal/kumparan
Salah satu komponen terpenting pada kendaraan, ialah baterai atau kita lebih mengenal dengan istilah accu dalam bahasa inggris, dan aki mobil atau motor dalam bahasa sehari-hari.
ADVERTISEMENT
Mengapa aki menjadi penting? Karena dari sanalah sumber kelistrikan pada kendaraan saat pertama kali dihidupkan. Dengan adanya aki kita menjadi mudah, tak perlu sulit seperti zaman dahulu yang harus mengengkol untuk menghidupkan mobil.
Namun komponen yang satu ini, jika tidak dirawat dengan benar maka usia pemakaiannya akan menjadi singkat. Untuk itu, simak ulasan berikut ini agar menjaga usia aki lebih lama dan performanya tetap baik, tanpa takut tekor atau soak sebelum masa pakainya berakhir.

Lepas kabel aki saat mobil tidak digunakan

Saat mobil akan tidak digunakan dalam jangka waktu yang cukup panjang, maka ada baiknya untuk melepaskan kabel aki dari terminal penghubungnya. Hal ini bertujuan untuk menghindari aliran listrik yang terus menerus. Jika dibiarkan terus menerus maka akan berakibat pada aki mobil yang menjadi tekor atau soak.
ADVERTISEMENT

Panaskan mobil secara berkala

Tahukah Anda bahwa memanaskan mobil adalah salah satu cara terbaik dalam merawat kesehatan aki mobil Anda? Meski mobil tidak sedang akan dipakai, namun memanaskan mesin mobil setiap hari adalah hal yang wajib untuk dilakukan. Mobil yang tidak pernah dipanasi akan memberi dampak pada kondisi aki. Aki akan menjadi cepat tekor dan soak. Oleh karena itu, biasakan untuk memanaskan mesin mobil setiap hari setidaknya selama 5 hingga 10 menit.

Bersihkan aki secara berkala

Salah satu tips termudah dalam menjaga kondisi aki adalah dengan membersihkan aki secara berkala. Salah satu bagian yang perlu mendapatkan perhatian lebih adalah bagian terminal aki. Terminal aki biasanya tertutup oleh debu dan kotoran. Hal ini menyebabkan hantaran listrik dari aki ke komponen mobil menjadi terhambat. Cara termudah untuk membersihkan terminal aki adalah dengan membersihkannya dengan sikat kawat atau sikat plastik.
ADVERTISEMENT

Perhatikan beban penggunaan aki

Salah satu cara terbaik untuk merawat aki mobil adalah dengan memperhatikan beban penggunaan aki secara berkala. Pengecekan harus dilakukan secara rutin. Pengecekan ini berguna agar kondisi aki bisa diketahui secara tepat. Pengecekan beban penggunaan aki sendiri bisa dilakukan di bengkel resmi terdekat di kota Anda.
Dengan tips perawatan seperti diatas, akan menjaga usia pakai aki menjadi lebih lama dan menjaga komponen lainnya yang berkaitan dengan kelistrikan agar tetap aman.
(kur)