10 Hal yang Berisik dan Menganggu Pendengaran

Berita Terkini
Penulis kumparan
Konten dari Pengguna
13 Maret 2024 18:29 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Terkini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi sebutkan sesuatu yang berisik - Sumber: pexels.com/@sora-shimazaki/
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi sebutkan sesuatu yang berisik - Sumber: pexels.com/@sora-shimazaki/
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Sebutkan sesuatu yang berisik! Istilah berisik adalah kondisi atau keadaan yang mengandung kebisingan atau suara-suara yang mengganggu pendengaran, membuat tidak nyaman, dan tidak diinginkan.
ADVERTISEMENT
Suara berisik bisa berupa suara bising dari berbagai sumber. Seperti lalu lintas kendaraan, alat-alat elektronik, suara-suara alam, aktivitas manusia, atau sumber-sumber lainnya.

Sebutkan Sesuatu yang Berisik!

Ilustrasi sebutkan sesuatu yang berisik - Sumber: pexels.com/@danykurstudio/
Istilah berisik sering digunakan untuk menggambarkan lingkungan yang ramai atau tempat yang dipenuhi dengan suara-suara yang mengganggu ketenangan atau konsentrasi. Berisik juga bisa diartikan perilaku yang terlalu aktif, berisik, atau tidak terkontrol.
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), berisik termasuk kata sifat atau adjektiva yang memiliki arti:
Berdasarkan buku Buku Pintar Bimbel SD Kelas 4, 5, 6: IPA - Matematika - IPS - Bahasa Indonesia, Budi Lintang S.Pd.I, 2015, suara yang berisik dapat mengganggu pendengaran, bahkan dapat menyebabkan telinga menjadi sakit bagi sebagian orang.
ADVERTISEMENT
Intensitas suara berisik biasanya diukur dalam desibel (dB). Paparan terus-menerus terhadap suara berisik dengan intensitas yang tinggi dapat memiliki dampak negatif pada pendengaran dan kesehatan. Untuk menjawab pertanyaan sebutkan sesuatu yang berisik, inilah beberapa jawabannya:
Bukan hanya merusak pendengaran, paparan terus-menerus dari suara berisik juga dapat menyebabkan stres fisik dan mental. Ditambah juga dengan gangguan tidur, peningkatan tekanan darah, dan masalah kesehatan lainnya.
ADVERTISEMENT
Paparan suara berisik yang terlalu keras atau dalam jangka waktu yang lama juga dapat menyebabkan tinitus. Sensasi bunyi atau denging yang terus-menerus atau terjadi secara berulang juga dapat mengganggu pendengaran seseorang.
Itu tadi beberapa opsi jawaban untuk pertanyaan sebutkan sesuatu yang berisik. Kesimpulannya, suara berisik memang bisa datang dari berbagai sumber. Untuk melindungi kesehatan pendengaran, sebaiknya menghindari paparan suara berisik tersebut. (DNR)