3 Contoh Latihan untuk Meningkatkan Kelincahan Gerak Tubuh

Berita Terkini
Penulis kumparan
Konten dari Pengguna
4 Maret 2024 20:42 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Terkini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Contoh Latihan untuk Meningkatkan Kelincahan Gerak Tubuh. Foto hanya ilustrasi. Sumber foto: Unsplash/Jenny
zoom-in-whitePerbesar
Contoh Latihan untuk Meningkatkan Kelincahan Gerak Tubuh. Foto hanya ilustrasi. Sumber foto: Unsplash/Jenny
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Contoh latihan untuk meningkatkan kelincahan gerak tubuh secara general adalah lari zig-zag. Latihan ini dapat dilakukan di rumah tanpa perlu pergi ke gym.
ADVERTISEMENT
Kelincahan atau dalam bahasa Inggris disebut sebagai agility. Artinya merupakan kemampuan untuk mengubah arah dan posisi tubuh secara cepat tanpa kehilangan keseimbangan.

Contoh Latihan untuk Meningkatkan Kelincahan Gerak Tubuh yang Dapat Dilakukan di Rumah

Contoh Latihan untuk Meningkatkan Kelincahan Gerak Tubuh. Foto hanya ilustrasi. Sumber foto: Unsplash/Venti
Dikutip dari Kebugaran Jasmani, Sepriadi (2023: 58), kelincahan merupakan kemampuan dasar yang harus dimiliki setiap atlet. Dalam kehidupan sehari-hari, kelincahan dapat membantu meningkatkan kesehatan dan membuat tubuh berada dalam kondisi ideal.
Ada beberapa faktor yang mempengaruhi kelincahan. Mulai dari keseimbangan, koordinasi tubuh, kecepatan, kekuatan dan ketahanan. Terdapat beberapa bentuk latihan kebugaran untuk meningkatkan kelincahan.
Berikut beberapa contoh latihan untuk meningkatkan kelincahan gerak tubuh secara general.

1. Shuttle Run

Salah satu bentuk latihan kebugaran untuk meningkatkan kelincahan adalah lari bolak balik (shuttle run). Latihan ini dapat dilakukan sebanyak 6-8 kali secepat mungkin.
ADVERTISEMENT
Gerakan dari latihan ini juga dapat divariasikan. Misalnya, dengan memindahkan bola atau benda lainnya secepat mungkin. Banyaknya perpindahan bolak balik dan jarak disesuaikan kembali dengan usia dan tingkat intensitas latihan kebugaran itu sendiri.
Jarak antar titik awal dan titik akhir tidak boleh terlalu jauh. Biasanya jaraknya sekitar 1,5 meter. Jarak yang terlalu jauh bisa menyebabkan cepat lelah, sehingga latihan tersebut sudah tidak lagi bermanfaat untuk melatih kelincahan.

2. Lari Zig-Zag

Lari zig-zag merupakan bentuk latihan kebugaran untuk meningkatkan kelincahan dan melatih keseimbangan tubuh. Selain itu, lari zig-zag juga dapat melatih kekuatan otot kaki.
Koordinasi antara mata, kaki, dan juga otak dalam melakukan lari zig-zag ini sangat dibutuhkan. Berikut cara melakukan gerakan lari zig-zag.
ADVERTISEMENT

3. Squat Thrust

Squat thrusts diartikan sebagai latihan tubuh bagian bawah dengan cara jongkok. Selain meningkatkan kelincahan, latihan ini dapat memperkuat tubuh bagian bawah.
Berikut cara melakukan gerakan ini.
ADVERTISEMENT
Demikianlah beberapa contoh latihan untuk meningkatkan kelincahan gerak tubuh secara general di rumah. Semoga membantu! (Gin)